Trik Dan Tips Sukses Bisnis Mie Ayam Bakso Laris Pembeli

Bisnis Mie Ayam – Kalau berbicara mie ayam maka semua orang tahu bahwa itu merupakan salah satu makan favorit orang Indonesia. Tinggi nya permintaan membuat peluang bisnis mie ayam menjadi sebuah peluang yang menjanjikan. Bisnis mie ayam biasanya selalu di iringi dengan bisnis mie ayam bakso, seperti keduanya tidak bisa terpisahkan. Bisnis mie ayam memberikan kemudahan para pedagang nya, selain penjualan mie ayam yang praktis keuntungan yang diberikan dari berjualan mie ayam lumayan tinggi.

Bisnis Mie Ayam
Ilustrasi : Bisnis Mie Ayam

Usaha bisnis mie ayam dan bakso saat ini sangat lah populer dikalangan masyarakat, hal tersebut terlihat banyak nya pedagang mie ayam dari pinggiran kota sampai dengan di restoran restoran mewah di tengah kota. Hal ini para pedagang sudah mengetahui bahwa masyarakat Indonesia sangat menyukai salah satu masakan kuliner ini. Banyak para pedagang mie ayam yang telah sukses mendapatkan jutaan rupiah.

Semua orang saat ini sudah mengetahui bahwa bisnis yang tidak pernah ada habis nya atau abadi tak akan pernah lekang oleh waktu adalah bisnis kuliner yang salah satu nya adalah bisnis jualan mie ayam. Bisnis mie ayam ini memiliki pangsa pasar yang jelas dikarenakan kebanyakan orang Indonesia menyukai mie ayam tersebut.

Tetapi usaha mie ayam bakso ini sendiri bersifat lokal, maksud nya adalah bisnis ini mungkin dapat sukses di suatu daerah saja, belum tentu sukses di tempat atau di daerah lain nya, hal ini dipengaruhi oleh faktor selera setiap pasar, oleh karena itu anda harus mengetahui cara untuk promosi produk yang efisien sehingga produk anda laku keras di pasaran.

Begitu besarnya anomali peminat mie ayam bakso ini membuat peluang bisnis mie ayam bakso ini memiliki banyak pesaing yang sejenis, meski persaingan bisnis mie ayam bakso relatif tinggi, tak lantas para pedagang mie ayam bakso tersebut patah semangat bahkan justru semakin banyak nya pedagang mie ayam bakso tersebut. Sebenarnya justru masih ada peluang untuk pendatang baru dalam usaha mie ayam bakso tersebut.

Tetapi dengan tinggi nya intensitas persaingan di usaha mie ayam bakso tersebut, anda tidak bisa santai untuk bersaing dengan para pedagang mie ayam lain nya tanpa mempersiapkan hal hal pendukung untuk kesuksesan usaha mie ayam anda. Ketika anda telah masuk dunia dagang kuliner satu ini tanpa persiapan atau strategi yang baik maka bukan hal tidak mungkin bila hasil akhir nya tidak sesuai dengan harapan yang telah direncanakan.

Perlu anda ketahui strategi juga tidak selama nya benar, tentu anda pernah melihat sendiri bukan banyak para pedagang mie ayam bakso hanya menggunakan modal gerobak dapat meraih keuntungan yang besar hingga jutaan rupiah setiap bulan nya, malah usaha mie ayam bakso yang bernuansa mewah dengan memakan modal yang besar tidak mampu untuk mengimbangi laba yang telah didapatkan oleh pedagang mie ayam bakso gerobak. Semua kembali lagi dengan kejelian anda dalam melihat kondisi pasar, pemasaran, produk  yang berkualitas dan semua kembali lagi kepada Tuhan yang memberikan rejeki kepada umat nya, hamba Tuhan hanya bisa tawakal(Manfaat Perilaku Tawakal).

Bisnis Mie Ayam

Untuk mengatasi persaingan yang padat pada bisnis mie ayam dan bakso ini anda tetap membuat beberapa rencana atau strategi begitu pula mulai sejak dini anda harus melakukan kalkulasi atau analisa usaha bakso tersebut, berikut lebih jelasnya oleh temakita:

Strategi Bisnis Mie Ayam Dan Bakso

  1. Citra Rasa

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah produk mie ayam bakso yang akan anda jual tersebut. Kalau sudah berbicara tentang citra rasa sangat berhubungan erat yang nama nya sebuah resep. Dimana resep makan mie ayam tersebut adalah komponen penting dalam menciptakan citra rasa yang enak, tidak cukup saja enak anda harus mengerti kebiasaan dan kesukaan citra rasa yang disukai target pasar anda.

Selain citra rasa yang enak, yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah jumlah porsi dari mie ayam tersebut. Biasanya porsi sangat berpengaruh besar terhadap konsumen, karena berhubung negara Indonesia sebagian besar masyarakat nya menyukai kuliner yang memiliki jumlah porsi yang besar maka, sediakan mie ayam tersebut dengan porsi yang banyak bila perlu porsi jumbo.

  1. Lokasi Tempat Usaha

Pilih lah lokasi usaha mie ayam bakso anda ditempat yang ramai akan pengunjung, tentu percuma bukan anda memiliki produk yang enak dan menyediakan porsi yang banyak tetapi tempat berjualan anda tidak memiliki potensi keramaian. Oleh karena itu pilih lah lokasi lokasi yang dirasa cukup strategis dalam berjualan mie ayam tersebut.

Ada beberapa tempat yang di yakini  ramai akan pengunjung seperti sekolahan, universitas, berjualan didepan perusahaan dan lain sebagainya. Cari tempat yang sekiranya memiliki potensi pangsa pasar yang sesuai dengan produk anda, dengan begitu produk mie ayam anda akan laris pembeli. Bila perlu lakukan sistem jemput bola, misal  anda berjualan dengan menggunakan gerobak dalam melakukan pemasaran, sehingga anda sendiri yang mencari konsumen itu sendiri.

  1. Keistimewaan

Tips selanjutnya adalah mencari keistimewaan dari produk mie ayam bakso anda, lebih baik sejak dini andan mencari apa yang menjadi keistimewaan mie ayam bakso anda bila dibandingkan dengan pesaing pesaing anda. Jangan menjual mie ayam dengan citra rasa yang sama, hal tersebut akan membuat para calon pembeli merasa malas untuk membeli produk yang anda miliki, biarpun mereka ternyata membeli maka sesuatu saat mereka tidak akan datang lagi ke usaha anda.

Oleh sebab itu sebaiknya cari keistimewaan atau cari lah pembeda produk mie ayam yang anda miliki dengan produk mie ayam saingan anda. Misal anda menjual mie ayam bayam atau mie ayam wortel, mie ayam yang menggunakan kuah kacang, mie ayam bakso yang dimana bakso nya didalam terdapat telur puyuh, dan banyak lainnya. Pandai pandai lah dalam melakukan inovasi agar para konsumen tertarik terhadap produk mie ayam anda.

Kalkulasi Proyek Keuntungan Mie Ayam Bakso

pada pembahasan diatas kita sudah menjelaskan berbagai tips dan trik dalam bisnis mie ayam tersebut, sekarang kita akan membahas berapa sih penghasilan yang didapatkan dari berjualan mie ayam tersebut pada umum nya. Anggap saja dalam sehari anda telah berhasil menjual 300 mangkuk mie ayam dan bakso maka omzet yang anda dapatkan dalam sebulan adalah :

  • Harga mie ayam 7.000, 1 hari penjualan 300 mangkuk. 300 * 10.000 = 3.000.000
  • Bila kita melakukan asumsi dalam satu mangkuk mie ayam keuntungan yang kita dapat sebanyak 50%.
  • 50% * 3.000.000 = 1.500.000 perhari
  • 1.500.000 * 30 = 45.000.000

Analisa diatas merupakan analisa kotor, dimana terkadang bisa lebih dan juga bisa kurang mungkin lebih banyak kurang nya. Ingat omzet tersebut merupakan penghasilan kotor yang didapatkan dari penjualan berang pada masa tertentu, sedangkan profit merupakan pendapatan bersih dari sebuah penjualan.

Kesimpulan

Perlu diingat dalam berbisnis memang memerlukan kesabaran dan ketekunan dimana anda tidak boleh menyerah apa pun alasan nya, tetap lah berusaha maka Tuhan akan memberikan kemudahan kepada hamba nya. Sekian artikel Trik Dan Tips Sukses Bisnis Mie Ayam Bakso semoga bermanfaat untuk anda, Terimakasih

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *