Tips Tes Psikotes Kerja, Serta Pembahasan Contoh Soal Psikotes Kerja

Setiap Perusahaan membutuhkan calon pegawai dengan standar yang sudah di tentukan sesuai dengan bidang yang butuhkan. Tes psikotes kerja memiliki kegunaan untuk melihat sejauh mana kepribadian serta kemampuan calon karyawan. Lantaran setiap perusahaan ingin mendapatkan karyawan berkualitas, dengan begitu dapat membantu perusahaan berkembang dan mencapai target yang sudah ditentukan. Penting bagi para pelamar kerja memahami tips test psikotes kerja, serta pembahasan contoh soal psikotes kerja.

Tes psikotes saat ini beragam model soal, keragaman model soal psikotes kerja di sesuaikan dengan kebutuhan dan posisi lamaran. Tingkat kesulitan soal dapat mempengaruhi tingkat kelulusan calon karyawan, oleh sebab itu memiliki pengalaman mengerjakan tes psikotes merupakan hal wajib bagi pelamar kerja.

Tes Psikotes Kerja
Tes Psikotes Kerja

Pada umum nya proses seleksi penerima karyawan, tiap tiap perusahaan memiliki kebijakan berbeda, tetapi di Indonesia, seleksi penerimaan calon pegawai, di bagi 3 jenis seleksi yaitu:

  1. Seleksi Psikotes atau seleksi tertulis
  2. Seleksi Wawancara
  3. Seleksi Kesehatan

Sebelum test psikotes pelamar, melakukan pendaftaran yaitu melalui tahap seleksi berkas. Pada tahap ini, lamaran pekerjaan yang anda kirim kepada HRD, dicek terlebih dahulu seperti kelengkapan surat lamaran pekerjaan, curriculum vite, sertifikat, ijazah, pas foto dan berkas berkas pendukung lainnya.

Setelah melalui tahap test seleksi administrasi, apabila dinyatakan lolos administrasi maka tahap selanjutnya memasuki test psikotes. Test psikotes ini cukup rumit lantaran membutuhkan ketahanan pikiran, ketelitian dan logika berfikir yang bagus. Dengan tingkat kesulitan seperti itulah, banyak peserta ujian gagal dalam mengerjakan test psikotes, berikut temakita akan memberikan tips menyelesaikan tes psikotes kerja dan contoh soal psikotes kerja :

  1. Test Logika Aritmatika

Mengerjakan soal psikotes model aritmatika, diberikan waktu yang sangat singkat. Mengerjakan soal psikotes aritmatika terdiri dari 20 soal dan di beri waktu untuk mengerjakan soal hanya 10 menit. Secara kalkulasi 1 soal harus dikerjakan dalam waktu 30 detik.

Mungkin tidak masalah bagi orang yang terbiasa mengerjakan soal psikotes kerja atau orang genius, namun bagaimana kalau orang yang memiliki logika berfikir pas-pas an, tips nya adalah dengan mencari soal yang mudah terlebih dahulu untuk di kerjakan. Pada umumnya soal susah akan di taruh didepan, hal ini untuk memancing peserta ujian menghabiskan waktu, lantaran tertantang dalam mengerjakan soal sulit terlebih dahulu.

  1. Test Verbal

Test verbal ini seperti mencari bentuk pola bangun 2 Dimensi, tetapi saat ini perusahaan meningkatkan level test verbal dengan bangun 3 dimensi. Test verbal tidak menuntut peserta dalam berfikir keras, hanya saja wajib teliti dan berhati-hati dalam menentukan jawaban.

Semua soal verbal memiliki bentuk bangun datar yang hampir mirip. Maksud dari test ini adalah untuk memahami situasi dari kecenderungan seseorang terhadap sebuah pola-pola atau kondisi. Orang yang teliti, akan menggambarkan sikap mereka yang tenang dan cermat dalam mengambil keputusan.

  1. Test Analog Verbal

Test Analog Verbal hampir mirip dengan test verbal. Perbedaan antara test verbal dengan test Analog verbal, apabila test verbal berorientasi dengan bentuk bangun 2 dimensi atau 3 dimensi untuk mencari pola suatu gambar bangun datar. sedangkan test Analog verbal mencari dari persamaan atau lawan kata berupa sinonim atau antonim.

Test Analog verbal, diberikan 40 soal dengan waktu pekerjaan yang telah di tentukan. Dalam test analog verbal berguna melihat kecenderungan peserta ujian pada sebuah kondisi dan bagaimana mengetahui sebab akibat dari masalah.

  1. Test Pauli

Test pauli mengutamakan kecepatan dan ketepatan berhitung deret angka. Cara mengerjakan soal psikotes model pauli, hasil kalkulasi ambil angka terakhir, misal 8+5 = 13 maka ambil angka terakhir yaitu 3 lalu tulis diantara tulisan angka 8 dan 5 pada lembar soal.

Test Pauli akan melihat ketahanan calon karyawan saat ditempa beban berat pekerjaan. Test pauli tergolong ujian yang sulit lantaran jumlah angka pada soal puluhan hingga ratusan angka yang di urut secara vertikal. Ada aturan pada tes pauli, diantaranya :

  1. Hindari pemakaian pensil mekanik, dalam test pauli ini akan mudah mengalami kelelahan. Penggunaan pensil mekanik akan mudah patah tidak jarang pada akhir nya membuat kertas soal sobek.
  2. Saat test pauli anda tidak dapat melihat jawaban orang lain, lantaran waktu yang diberikan terlalu pendek dan pengawas selalu mengawasi gerak-gerik peserta ujian.
  3. Pikiran Jangan sampai kosong, tetap fokus dan kerjakan test puali ini sebisa anda. Ketahanan pikiran adalah kunci keberhasilan test pauli.

tes psikotes,tes psikotes kerja,tes psikotes online,tes psikotes kepribadian,tes psikotes gambar

  1. Tes Menggambar

Test menggambar di bagi 2 bagian yaitu test menggambar pohon dan test menggambar orang. Test menggambar ini tidak mengharuskan para peserta ujian, untuk membuat gambar bagus. Hal yang terpenting dalam test menggambar adalah kelengkapan dan detail gambar sebagai penilaian nya.

tes psikotes,tes psikotes kerja,tes psikotes online,tes psikotes kepribadian,tes psikotes gambar

  1. Test menggambar yang pertama adalah menggambar Pohon, dalam menggambar pohon tidak perlu bagus. Cukup gambar pohon secara detail seperti akar, batang pohon, daun, dahan dan buah. Sebaiknya direkomendasikan menggambar pohon mangga dan pohon rambutan, karena ke dua pohon tersebut mudah digambar dan peluang lolos tes cukup besar.
  2. Tes menggambar selanjut nya adalah menggambar orang. Menggambar orang boleh berupa gambar idola, tokoh masyarakat atau teman dekat. Pilih diantara orang tersebut yang menurut anda adalah penggemar beratnya. Dalam test menggambar usahakan menggambar secara detail termasuk objek pendukung sekitar seperti pohon, rumah atau mobil. Setelah menggambar ceritakan hasil gambar anda secara gamblang singkat dan padat, beri nama siapa orang tersebut dan sedang apa dia.

Sebenarnya soal test psikotes kerja masih banyak jenisnya. Hal terpenting apa pun ujian psikotes, anda harus rajin berlatih dan dekat kan diri pada Tuhan. Yang terakhir percaya bahwa anda akan di terima perusahaan tersebut. Sekian artikel tentang tips tes psikotes kerja, mungkin memberikan wawasan seputar contoh soal test psikotes kerja.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *