Tips Terbaik Persiapan Menghadapi Ujian Nasional

Persiapan Menghadapi Ujian Nasional – Ujian nasional merupakan ujian yang paling ditakuti siswa, oleh sebab itu tidak sedikit para siswa mencoba untuk mencari cara menghadapi UN tersebut, yang salah satu nya merupakan doa menghadapi ujian nasional. Penting nya peranan dalam mempersiapkan ujian nasional tersebut, karena dengan persiapan yang matang maka siswa dapat menghadapi segala sesuatu yang akan terjadi pada saat mengerjakan ujian nasional tersebut.

Ujian nasional atau sering disebut juga dengan un merupakan ujian untuk mengetahui sejauh mana siswa dari tingkat SD, SMP hingga SMA dalam mendapatkan ilmu saat belajar di sekolah, Ujian nasional merupakan ujian yang wajib diikuti oleh siswa sebagai salah satu syarat kelulusan siswa pada pendidikan yang ia tempuh selama sekolah pada tingkat tertentu, oleh karena itu penting nya peranan dalam persiapan menghadapi ujian nasional tersebut.

Persiapan Menghadapi Ujian Nasional
Persiapan Menghadapi Ujian Nasional

Memang ujian nasional sejak tahun 2010 ke atas tidak lah susah seperti ujian nasional saat jaman dibawah tahun 2011 hal tersebut dikarenakan setiap tahun selalu terjadi perubahan sistem pendidikan yang diatur oleh pemerintah pusat, hal tersebut dapat kita lihat saat jaman 2011 kebawah ujian nasional merupakan ujian penentu kelulusan seorang siswa, bila nila ujian nasional tidak memenuhi standar maka sudah jelas siswa tersebut harus mengulang tahun berikutnya bila tidak lulus ujian perbaikan, tetapi saat ujian nasional pada tahun 2010 keatas sudah tidak lagi sebagai penentu kelulusan siswa lantaran nilai ujian nasional di gabungkan dengan nilai sekolah lain nya, tetapi tetap saja nilai ujian nasional masih dominan di dalam nya.

Banyak para siswa takut saat mengikuti ujian nasional tersebut lantaran ujian nasional merupakan sebagai ujian yang dianggap susah oleh kebanyakan siswa hal tersebut terlihat banyak nya nilai try out ujian nasional yang tidak sesuai dengan harapan atau dapat dikatakan di bawah rata rata, belum lagi standar nilai yang di tetapkan pemerintah cukup lah tinggi. Asumsi negatif atau penilaian negatif terhadap ujian nasional akan membuat semakin frustasi dalam menghadapi nya, hasil nya pasti jauh dari kenyataan atau harapan selama ini. Oleh karena itu jauh sebelum nya anda perlu persiapan menghadapi ujian nasional jauh jauh hari, agar hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan.

Persiapan Menghadapi Ujian Nasional

Sebaiknya buang lah asumsi negatif anda terhadap ujian nasional tersebut karena dapat merusak mental dan pikiran anda untuk sukses dalam menghadapi ujian nasional, yakin lah bahwa ujian nasional merupakan salah satu rintangan yang harus anda lalui untuk menemui ujian pada jenjang yang lebih tinggi. Kali ini temakita akan membantu teman teman untuk menghadapi ujian nasional yaitu dengan trik jitu menghadapi ujian nasional, berikut cara menghadapi un :

  1. Jaga Kesehatan

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah kesehatan, karena kesehatan ini merupakan faktor penting dalam melalui berbagai rintangan yang mengadang di hadapan kita. Berfikir mudah nya seperti ini, bagaimana kita bisa belajar dengan baik terlebih lagi bagaimana kita mengerjakan ujian nasional sedangkan kondisi tubuh sedang sakit, sebab itu lah penting nya yang nama nya menjaga kesehatan saat menghadapi ujian nasional.

Seperti yang kita ketahui bersama kesehatan merupakan hal yang mahal, coba bayangkan tinggi nya harga sewa dokter tersebut untuk menganalisa penyakit seseorang belum lagi biaya  rumah sakit bila mondok didalam nya tentu yang paling mahal dari semua itu adalah obat obatan yang dikonsumsi. Oleh sebab itu anda harus memperhatikan kesehatan yaitu dengan cara olah raga teratur seperti lari pagi dan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan protein dan vitamin lain nya, ingat makan sehat tersebut harus lah berimbang.

  1. Ikuti Bimbingan Belajar Di Sekolah

Bila badan sehat, maka secara tidak langsung hidup kita penuh dengan gairah atau pun semangat dalam mengikuti setiap program bimbingan belajar yang di laksanakan oleh sekolahan. Setiap sekolah baik swasta maupun negeri selalu memberikan bimbingan belajar kepada siswa nya, hal tersebut berguna untuk meningkatkan kualitas serta memberikan persiapan menghadapi ujian nasional tersebut kepada para siswa nya.

Terkadang sebagian siswa mengeluhkan jadwal yang padat program bimbingan belajar sekolah untuk mempersiapkan ujian nasional justru membuat malas dalam menjalani nya, tapi mulai saat ini tanamkan dalam hati bila tidak segera bekerja keras maka kapan lagi kita dapat mendapatkan hasil yang memuaskan sehingga membuat orang tua kita bahagia, masa depan pun akan kita raih.

  1. Berlatih Dengan Banyak Soal

Saat menghadapi ujian nasional sama saja anda harus menghadapi berbagai jenis soal di dalam nya. Kunci dari sukses ujian nasional adalah dimana anda dapat memahami  dan mengerjakan berbagai jenis soal yang telah di berikan, oleh karena itu penting nya latihan banyak soal untuk memperbanyak persiapan menghadapi ujian nasional tersebut. Berita baik nya adalah dimana setiap ujian nasional selalu memberikan soal yang jenis nya sama istilah nya “Ya itu itu saja”, namun variabel atau angka nya yang di buat berbeda beda sebagai pembeda soal tiap tahun nya.

Dikarenakan soal nya rata rata selalu sama dan itu itu saja maka jalan satu satu nya anda harus banyak berlatih bentuk soal, seperti yang telah di jelaskan diatas, pada dasar nya yang berbeda adalah susunan kalimat nya, namun konsep nya tetap lah sama setiap soal tersebut, jadi bila kamu sudah memahami atau menguasai satu konsep soal ujian nasional maka anda akan mudah dalam mengerjakan berbagai soal yang sejenis.

  1. Belajar Kelompok Dan Ciptakan Suasana Belajar Menyenangkan

Tidak banyak orang yang suka belajar sendirian, sebagian besar siswa suka dengan belajar kelompok dengan teman sekelas nya. Apabila anda merupakan salah satu orang yang suka dengan belajar kelompok maka buat lah kelompok kecil untuk belajar bersama. Banyak manfaat dari belajar kelompok yaitu bisa saling berbagi ilmu, saling menutupi kelemahan kawan dengan informasi yang dimiliki setiap anggota belajar, bahkan tidak jarang tuan rumah memberikan sedikit hidangan makan ringan untuk anggota kelompok belajar nya.

Belajar lah berdasarkan mood atau keinginan dengan begitu anda kan belajar akan lebih mudah masuk atau mudah untuk di pahami, tapi yang jadi masalah adalah kapan mood itu tiba, kalau tunggu mood ya tidak akan bisa jalan belajar tersebut, maka jalan satu satu nya adalah dengan memberikan motivasi kepada diri sendiri untuk niat belajar yang besar demi menggapai impian yang di inginkan semua kembali lagi dengan motivasi dari diri sendiri.

  1. Berdoa Dan Beribadah

Doa merupakan salah satu kegiatan yang disarankan dalam setiap mengerjakan sesuatu baik dari hal yang terkecil hingga hal yang besar semua perlu disertai dengan doa. Penting nya pernah doa tersebut setiap langkah kita agar dipermudah dan diberikan ridho oleh Tuhan kepada hamba nya. Seperti pepatah mengatakan “Orang berusaha tanpa berdoa itu sombong, namun orang berdoa tanpa berusaha nama nya malas”. Dari istilah tersebut kita dapat menarik kesimpulan, kita harus lah perbanyak usaha dan berdoa agar saling beriringan dan seimbang. Sekedar Informasi saja beribadah jangan mengharapkan sesuatu secara berlebih seperti ingin lulus ujian nasional atau pun ingin diterima universitas yang di inginkan, berdoa dan beribadah harus karena Tuhan, bukan nya sebagai hamba memang di wajibkan untuk beribadah.

Kesimpulan

Persiapan menghadapi ujian nasional perlu di lakukan secara dini, agar tidak terlambat dalam mengambil sikap atau pun dadakan dalam bersikap menghadapi ujian nasional tersebut, sebelum terlambat maka pupuk lah dari dalam diri untuk memberikan motivasi lebih agar sukses di dunia dan di akhirat. Sekian artikel ini tentang tips menghadapi un, semoga bermanfaat untuk anda dan semoga anda dapat sukses menghadapi ujian nasional tersebut dengan mudah dan memuaskan, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *