Tips Sukses Usaha Cafe Sederhana Modal Kecil

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Usaha Cafe Sederhana – Seperti nya sudah cukup lama, kurang lebih satu minggu admin temakita tidak membahas peluang bisnis, terakhir kali membahas peluang bisnis tentang investasi jangka panjang yang menguntungkan. Memang dunia bisnis itu seperti terlihat selalu berkembang secara cepat mengikuti perkembangan jaman saat ini. Berbagai peluang bisa dapat di maksimal kan untuk mendapatkan rupiah dalam jumlah besar.

Kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang tidak dapat di tinggalkan, apa pun alasannya. Semua orang pasti membutuhkan kebutuhan pokok tersebut, berbagai kebutuhan pokok yang harus di penuhi manusia antara lain sandang, pangan dan papan. Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah pangan, pangan merupakan sebuah makan dan minuman yang dikonsumsi oleh manusia untuk mendapatkan energi dalam menjalankan segala aktivitas sehari-hari. Tanpa adanya kebutuhan pangan maka manusia tersebut tidak dapat hidup.

usaha cafe, usaha cafe kopi, usaha cafe sederhana, usaha cafe mini, peluang usaha cafe usaha cafe ice cream, usaha cafe pinggir jalan, usaha cafe modal kecil, omset usaha cafe modal usaha cafe coffee, modal usaha cafe hotspot, modal usaha cafe lesehan, modal untuk usaha cafe,
Ilustrasi : usaha cafe sederhana konsep minimalis

Begitu pentingnya kebutuhan pangan tersebut, sehingga manusia harus mendapatkannya setiap hari. Oleh karena itu, dapat kita lihat sebuah peluang bisnis yang dapat menghasilkan banyak uang dari kebutuhan pangan tersebut diantaranya adalah rumah makan, warung dan cafe. Cafe merupakan tempat makan dan minum sama halnya restaurant yang membedakannya adalah cafe lebih mengedepankan kenyamanan pada tempatnya tetapi kalau membahas menu masakan restaurant lebih lengkap dibandingkan cafe.

Biasanya restaurant tempat nya lebih formal dibandingkan dengan cafe oleh karena itu banyak yang menggunakan restaurant sebagai tempat rapat kerja yang nyaman sedangkan cafe lebih dipilih anak muda karena menyediakan tempat yang santai dengan harga yang relatif murah. Cafe sering ditemukan di sudut-sudut kota, terutama di kota besar bertebaran yang namanya cafe tersebut.

Anda ingin mencoba mendirikan usaha cafe di pinggir jalan tetapi memiliki kendala keuangan karena modal yang dimiliki tidak lah besar. Tak perlu khawatir segala sesuatu masalah pasti ada jalan keluarnya untuk mendapatkan apa yang anda inginkan, berikut adalah modal usaha cafe dan peluang usaha cafe modal kecil oleh temakita :

Modal Usaha Cafe Lesehan – Lahan Lokasi Cafe

Usaha cafe tentu memerlukan yang namanya lokasi cafe tersebut untuk berdiri. Bila anda memiliki lahan yang strategis di pinggir jalan mungkin tidak masalah dengan hal tersebut, patut nya anda harus bersyukur, karena tidak perlu anda membeli lahan atau pun membangun tempat cafe tersebut. Namun kalau anda tidak memiliki lahan yang strategis maka ada baiknya anda untuk menyewa lahan yang berada di sudut kota lebih baik lagi bila di pinggir jalan besar dekat mall atau pusat perbelanjaan kota.

Bila sudah memiliki lahan baik itu menyewa atau lahan milik sendiri saatnya anda tentukan, cafe anda ingin dibuat suasana lesehan atau cafe yang lebih formal dengan beberapa kursi di setiap meja nya. Para remaja biasanya lebih suka dengan cafe yang lesehan karena terkesan santai saat berkumpul dengan teman-temannya. Sediakan beberapa bantalan atau matras pada setiap meja sebagai pengganti kursi sehingga pelanggan anda merasa nyaman dan betah berlama-lama di cafe anda.

Usaha Cafe Kopi – Menu Cafe

Rencana anda ingin membuka cafe yang sederhana bermula kecil-kecilan yang penting nyaman atau langsung membuka cafe besar nan mewah? Bila pilihan yang anda jatuhkan adalah dengan membuka cafe yang sederhana maka ada baiknya bila anda membuka cafe tersebut dengan menu yang sederhana dan tidak perlu banyak dalam menyediakan menu tersebut, yang terpenting adalah kualitas rasa yang diberikan ketimbang kuantitas dari menu cafe tersebut. Supaya menu lebih inovasi maka ada baiknya bila anda menyediakan menu makan yang di kombinasi kan dengan makan tradisional seperti menu “Pisang Goreng Coklat atau pisang goreng ES Krim”.

Paling tidak anda sediakan beberapa menu minuman yang membuat pelanggan anda betah berlama-lama di cafe anda, salah satu menu tersebut adalah kopi. Kopi merupakan minuman yang disukai oleh orang seluruh dunia, khususnya kaum pria. Dengan menyediakan kopi akan membuat pelanggan anda terus melek sehingga melakukan aktivitas begadang di cafe anda. Tidak perlu khawatir bila pelanggan tersebut berlama-lama di cafe, selain terlihat cafe anda ramai pengunjung, dengan pelanggan yang berlama-lama akan selalu memesan makan pada cafe anda. Baiknya cari menu kopi yang variasi dan khas pada cafe anda, kalau di kota Yogyakarta ada yang namanya cafe kopi JOSS, kopi joss merupakan kopi yang dimasak dengan campuran arang didalamnya.

Modal Usaha Cafe Hotspot – Fasilitas

Bila baru membuka usaha cafe sederhana tidak perlu memberikan fasilitas yang terlalu mewah pada cafe anda, cukup sediakan fasilitas umum yang mendukung kenyamanan pelanggan anda di cafe. Bila ingin lebih ramai pengunjung untuk para kalangan remaja, maka sebaiknya sediakan fasilitas hotspot murah atau bahkan hotspot gratis.

Jangan khawatir dengan menyediakan wifi gratis dengan perkiraan cafe justru mengalami kerugian, sekarang begini biasanya harga layanan internet di telkom dalam satu bulan kisaran 200.000 sampai dengan 300.000 saat promo, biasanya telkom menyediakan promo 1 tahun kepada pelanggan jasa internet nya. Karena berhubung yang anda sediakan cafe hotspot gratis internet maka bagi lah bandwidth kepada setiap user nya. bandwidth sendiri merupakan lebar pita pada akses internet, jadi semakin besar lebar pita tersebut maka akses internet oleh user pun semakin cepat. Untuk membagi bandwidth internet gunakan alat mikrotik atau router merek lainnya.

usaha cafe, usaha cafe kopi, usaha cafe sederhana, usaha cafe mini, peluang usaha cafe usaha cafe ice cream, usaha cafe pinggir jalan, usaha cafe modal kecil, omset usaha cafe modal usaha cafe coffee, modal usaha cafe hotspot, modal usaha cafe lesehan, modal untuk usaha cafe,
Ilustrasi : usaha cafe sederhana konsep lesehan jepang

Usaha Cafe Sederhana – Minimal Kan Gaji Karyawan

Supaya terlihat profesional usaha cafe anda maka sediakan minimal 3 karyawan untuk cafe sederhana, satu bagian masak dan dua lagi sebagai pelayan toko. Untuk Pelayan toko pilih lah 2 wanita yang menarik yang masih muda, kira-kira baru lulus sekolah dan untuk koki sebaiknya juru masak yang sudah memiliki pengalaman di bidang kuliner.

Buat lah aturan kerja para karyawan, jam kerja karyawan pelayan cafe kisaran 12 Jam kerja atau berlakukan sistem shift dan sekedar informasi gaji pelayan cafe dalam kisaran kurang sedikit dari upah minum karyawan setiap daerah, misal UMR(Upah Minimum Regional) suatu daerah sebesar 1.200.000 maka gaji lah karyawan anda di angka 800.000 sampai dengan 1.00.000 per-bulan nya. Bila istri atau anda sendiri tidak terlalu sibuk maka ada baiknya mengambil bagian dalam pekerjaan di cafe anda sendiri, dengan begitu dapat meminimalkan modal yang dikeluarkan.

Usaha Cafe Mini – Gratis Biaya Marketing

Banyak sekali cara memperdayakan biaya marketing secara gratis yaitu dapat menggunakan sosial media, forum, aplikasi chatting dan berlakukan sistem promo kepada pelanggan untuk mempromosikan cafe anda, seperti gratis es teh dan sebagainya, tentu ketentuan berlaku didalam nya. Anda ingin cafe anda terlihat berkualitas dan profesional maka buat lah website berjenis company profile untuk mempromosikan produk ada kepada seluruh dunia. Untuk informasi detail seputar cara promosi produk yang efektif secara online dan offline klik link tersebut.

Beberapa tips diatas dapat anda lakukan supaya cafe anda akan laris dengan pengunjung jika anda ingin Sukses Usaha Cafe Sederhana Modal Kecil, Memberikan pelayanan yang ramah dan prima, merupakan salah satu cara untuk membuat usaha anda semakin laris dan ramai pelanggan. Mungkin cukup sekian informasi yang dapat temakita berikan kepada anda, semoga bermanfaat dan sukses selalu cafe yang anda buka, terimakasih telah berkunjung di artikel Usaha Cafe Sederhana Modal Kecil.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *