Tips Interview Kerja Dan Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Biasanya pertengahan tahun sampai akhir tahun hampir seluruh perusahaan di Indonesia bahkan CPNS mengadakan penerimaan karyawan baru. Karyawan yang dibutuhkan perusahaan biasanya adalah karyawan yang berkualitas dan sesuai ke butuhkan perusahaan. Penting bagi anda untuk memahami tips interview kerja, supaya dengan mudah dalam menjawab segala pertanyaan interview kerja oleh perusahaan.

Lulusan yang baru lulus pendidikan, pasti berbondong-bondong untuk mengejar pekerjaan impian. Kebanyakan dari mereka belum siap dan paham tips  interview kerja, pertanyaan interview kerja merupakan salah satu test dalam pekerjaan. Rata-rata yang dicari lulusan baru adalah perusahaan yang besar seperti BUMN dan CPNS dikarenakan selain bergengsi perusahaan tersebut dapat memberikan gaji yang besar.

Perusahaan besar seperti BUMN hingga PNS merupakan pekerjaan primadona masyarakat, tetapi harus anda tahu seleksi pada perusahaan tersebut melalui beberapa tahap yaitu TPA(Test Potensi Akademik) dan Interview bahkan tidak sedikit terdapat tes kesehatan.

Setiap perusahaan memiliki berbeda-beda tahap seleksi, ada yang proses seleksi dengan Test Online terlebih dahulu baru TPA dan Interview  atau TPA sekali dan Interview 2 kali. Perusahaan selalu berharap mendapatkan pegawai yang kompeten dalam bidang yang dibutuhkan dan memiliki sikap yang baik pula. Kali ini akan membahas Tips interview kerja:

Tips Interview Kerja
Tips Interview Kerja
  1. Percaya Diri Pada Diri Anda

Cara mudah dalam menjawab pertanyaan interview kerja yang pertama adalah memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Percaya diri merupakan modal awal sukses dalam melakukan interview kerja, terlebih perusahaan yang membutuhkan karyawan pada bidang customer service, teler hingga marketing yang membutuhkan kepercayaan diri tinggi, untuk menawarkan produk atau pun harus bertemu dengan berbagai customer. Bila anda tidak percaya diri maka hal yang mustahil anda akan lolos seleksi ini.

Kepercayaan diri seseorang dapat dilihat dengan cara bicara nya, bila anda berbicara secara ragu atau bahkan menyampaikan pernyataan yang plin-plan. Tatap dan berbicara secara tegas dan jelas kepada HRD, bila anda serius untuk bekerja pada perusahaan tersebut.

  1. Jawaban Tidak Adalah Jawaban Yang Salah

Saat HRD memberikan beberapa pertanyaan, mereka hanya ingin melihat minat dan kemampuan anda. Jawablah dengan pertanyaan tersebut tanpa mengatakan tidak, karena secara psikologi kata tidak akan mencerminkan anda kurang kompeten. Bila itu terjadi maka sudah dapat di pastikan, untuk tahap seleksi selanjut nya anda tidak akan di panggil, lantaran HRD menganggap telah gugur dalam seleksi.

Bila ada pertanyaan yang memancing anda untuk memberikan jawaban tidak maka, ubah lah jawaban itu dengan jawaban yang lebih dewasa dan bijaksana. Karena perusahaan ingin melihat kepribadian anda dan potensi anda secara menyeluruh.

Selain itu solusi yang lain adalah dengan menjawab bisa, biarpun sebelumnya memang anda tidak dapat melakukan hal tersebut. Tenang saja dengan berjalannya waktu masalah tersebut dapat teratasi dengan belajar ketika sudah di terima pekerjaan.

  1. Berikan Alasan Keluar Kerja Pada Perusahaan Sebelumnya Dengan Positif

Pertanyaan yang sering ditanyakan user maupun oleh HRD adalah mengapa anda keluar kerja pada perusahaan sebelumnya? maka jawab, dengan bijaksana dan positif. Misal anda menjawabnya dengan pernyataan, saya keluar kerja dikarenakan saya ingin mencari pengalaman lain atau dengan menjawabnya dengan pernyataan saya keluar pekerjaan tersebut karena saya ingin meningkatkan karir saya lebih baik.

interview kerja,interview kerja di bank,cara interview kerja yang baik,interview kerja yang baik

  1. Bila Ditanya Apakah Anda Siap Untuk Bekerja Diluar Kota

Terkadang perusahaan memiliki cabang, anak perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Nah bagaimana bila ada pertanyaan interview kerja, “Apakah anda siap untuk di tempatkan di ….?”. Terus bagaimana menjawab pertanyaan tersebut, maka jawab lah pertanyaan tersebut dengan “Saya Siap Untuk Ditempatkan dimana saja”.

Terus bagaimana bila anda adalah seorang wanita dan tidak diizinkan untuk bekerja di tempat yang jauh dengan keluarga anda?. Sedikit informasi, sebenarnya perusahaan menanyakan pertanyaan tersebut terkadang hanyalah gertakan saja, dikarenakan mereka ingin menguji seberapa loyal atau tidak pada perusahaan

Biasanya calon karyawan wanita lebih berpotensi akan ditempatkan di kantor berdekatan dengan tempat tinggalnya karena dengan pertimbangan atau kebijakan dari perusahaan.

  1. Berapakah Gaji Yang Anda Inginkan?

Menurut saya ini pertanyaan yang menjebak, dengan HRD ingin melihat seberapa anda menghargai diri anda sendiri. setiap perusahaan memiliki kebijakan atau standar gaji, berdasarkan posisi dan jabatan calon pegawai tersebut. Saat ini banyak perusahaan yang memberlakukan kenaikan gaji yang berangsur-angsur.

Kenaikan gaji yang berangsur angsur merupakan metode perusahaan dalam menghemat biaya gaji pegawai, pegawai baru biasanya masih banyak belajar maka akan diberikan gaji yang berbeda dengan senior nya.

Menjawab pertanyaan gaji yang di inginkan, maka sebaiknya anda jawab “Saya mengikuti prosedur gaji yang telah di tetapkan perusahaan”, anda dapat katakan “Gaji saya disesuaikan dengan kemampuan saya saat bekerja” atau jawab lah dengan menyesuaikan dengan UMR pada setiap wilayah.

Masalah gaji bisanya disesuaikan dengan biaya hidup standar per wilayah. Misal di Yogyakarta untuk biaya hidup adalah 1-2 juta atau di kota metropolitan seperti Jakarta atau Bandung dengan standar UMR 3-5 juta.

  1. Jawablah Setiap Pertanyaan Dengan Berdasarkan Logika

Pertanyaan logika biasanya akan disampaikan perusahaan kepada calon pegawainya yang berlatar belakang Teknik Informatika atau yang berhubungan dengan ilmu eksak atau hitung-hitungan. Pertanyaan user biasanya adalah seputar proses bisnis yang terjadi dalam sebuah sistem yang sudah pernah ada, maka pertanyaan-pertanyaan ini akan membutuhkan logika atau pola pikir anda.

interview kerja,interview kerja di bank,cara interview kerja yang baik,interview kerja yang baik

Kapan Anda Akan Menikah?

Pertanyaan seperti ini biasanya disampaikan pada perusahaan yang melarang pegawainya untuk menikah seperti perusahaan bank, Polisi, Angkatan dan beberapa perusahaan BUMN.

Mengapa perusahaan menanyakan pertanyaan ini? karena, perusahaan tidak mau membayar gaji karyawan yang banyak izin untuk mengurus keluarga, seperti karyawan wanita, ambil izin lama 3 bulan untuk melahirkan. Sebab perusahaan belum mengetahui kemampuan calon karyawan dan karyawan tersebut belum memberikan dampak banyak atas keberhasilan perusahaan. Maka jawablah “Pasangan saya masih fokus pada karir atau pada pendidikannya”.

Nah seperti itulah beberapa informasi terkait tips interview kerja yang perlu anda ketahui sebagai referensi dalam menjawab pertanyaan interview kerja. Sebaiknya saat wawancara kerja, pakai lah pakaian resmi seperti kemeja kerja. Dengan memakai pakaian formal, membuat lebih percaya diri dan menghargai si pewawancara.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *