Tips Cara Mengobati Meningitis Terbukti Sukses

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Cara Mengobati Meningitis – Jujur saja sampai saat ini didalam dunia medis masih belum ada cara mengobati meningitis, bukan berarti tidak ada solusi untuk mengatasi penyakit tersebut. Banyak sekali obat meningitis alami yang di jual secara bebas pada toko toko herbal, entah itu memiliki dampak yang signifikan atau hanya sebagai mereda penyakit meningitis tersebut. Cara menyembuhkan meningitis dapat di lakukan secara medis maupun secara alami atau herbal, tetapi lebih bagus lagi bila menghilangkan penyakit tersebut di lakukan kombinasi yang tepat dalam mengkonsumsi obat herbal maupun obat medis.

Sebelum kita membahas cara mengobati meningitis maka sebaiknya kita ulas kembali apa penyebab dari penyakit meningitis dan apa gejala penyakit meningitis tersebut yang sedikit di kutip pada artikel sebelum nya yaitu Penyebab dan ciri penyakit meningitis. Definisi penyakit meningitis merupakan sebuah penyakit yang lebih disebabkan oleh infeksi pada meninges(selaput pelindung otak) yang dimana selaput pelindung tersebut memiliki fungsi untuk melindungi syaraf tulang belakang pada otak manusia. Penyakit meningitis ini merupakan termasuk penyakit yang dikategorikan dengan penyakit kelas berat, karena bila sedikit saja terlambat dalam mengobati penyakit meningitis ini maka dapat menyebabkan kematian pada penderita nya.

cara mengobati meningitis
Ilustrasi : cara mengobati meningitis

Penyakit meningitis tersebut lebih disebabkan oleh infeksi oleh virus atau pun bakteri yang merugikan pada manusia. Penyakit meningitis ini sendiri juga dapat disebabkan oleh jamur dan mikroorganisme yang ada pada otak manusia, dimana tugas bakteri, virus dan jamur sendiri untuk memberikan infeksi pada selaput pelindung otak. Bakteri dan virus ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui berbagai media yang memicu hal tersebut dapat terjadi seperti donor darah yang salah, makan pada bekas piring si penderita meningitis sebelum nya, melalui media udara seperti bersin atau pun terkena air liur dan banyak sebagainya.

Ciri Ciri penyakit meningitis sendiri setiap penderita sebenarnya sama pada umum nya, selain penderita yang telah memiliki riwayat penyakit meningitis itu sendiri. Ciri ciri korban penyakit meningitis itu sendiri diantara nya adalah merasakan mual dan sering muntah muntah tanpa sebab, sering merasakan pusing pada kepala, berkurang nya nafsu makan, indra penglihatan mulai buram, sering merasakan yang tidak nyaman pada belakang leher seperti sering kemeng, dan lebih parah nya lagi si korban penyakit meningitis tersebut dapat terjadi kejang kejang hingga pingsan bahkan sampai koma berhari hari.

Penyakit meningitis yang muncul tiba tiba dengan gejala seperti flu, penyakit meningitis sulit sekali untuk di diagnosis. Cara diagnosis penyakit meningitis ini sendiri dapat dilakukan dengan melihat riwayat kesehatan pada keluarga, test fisik, dan beberapa test diagnosis lainnya yang di lakukan pada laboratorium pada rumah sakit.

Cara Cara Memastikan Diagnosis Meningitis

Bila terjadi tanda tanda terkena penyakit meningitis segera untuk menghubungi dokter spesialis syaraf atau bila perlu anda langsung menuju rumah sakit terdekat lebih baik juga rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit milik pemerintah karena fasilitas medis nya tidak perlu untuk diragukan lagi. Dokter akan langsung segera bertindak cepat dan tepat dalam memeriksa fisik untuk mencari tanda tanda dari penyakit meningitis tersebut secara detail dan septikemia atau di sebut dengan infeksi darah, misal nya berbentuk ruam. Tentu untuk bukti yang valid atau data yang valid dokter spesialis akan meminta melakukan test pada laboratorium, antara lain oleh temakita :

  • Test Laboratorium, untuk test ini untuk mencari virus, bakteri, parasit yang menyebabkan penyakit meningitis dengan cara mengambil sample darah, cairan dubur, tinja, atau serium dari penderita meningitis tersebut.
  • pungsi lumbal, sample dari cairan serebrospinal yang diambil pada tulang belakang dan diperiksa terdapat bakteri, jamur, atau pun virus.
  • Sinar-x pada dada, untuk melihat apakah terjadi infeksi pada dada
  • Ct-Scan, alat untuk melihat langsung kondisi kepala tepat nya otak manusia, apakah terdapat pembekaan atau tidak, biasanya dari hasil Ct-Scan sangat berpotensi untuk langsung kelihatan penyakit meningitis penderita.
  • Test Urin, untuk melihat terjadi infeksi pada saluran urin

Pengobatan Meningitis Secara Medis

Seperti yang telah di jelaskan diatas bahwa penyakit meningitis ini disebabkan oleh virus dan bakteri, begitu pula cara pengobatan pada meningitis ini pun berbeda baik bakteri atau pun virus, berikut cara mengobati meningitis:

  1. Meningitis Oleh Bakteri

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri ini memerlukan obat antibiotik, obat ini diberikan melalui infus si pasien yaitu di masukan kedalam pembuluh darah  ditangan. Jika memang antibiotik cukup untuk mengatasi nya maka pasien hanya perlu menghabiskan sisa obat selama satu minggu di rumah sakit. Namun bila penyakit meningitis ini ternyata terlampau parah maka tidak ada jalan keluar lagi yaitu memerlukan istirahat di rumah sakit sampai beberapa minggu bahkan berbulan bulan.

Penanganan lainnya mungkin melalui pemberian oksigen, cairan infus dan steroidtentu dengan beberapa obat obatan lainnya. Steroid diberikan kepada pasien untuk mengurangi inflamasi atau dapat disebut dengan peradangan otak, perlu anda ingat bahwa penyakit meningokokus(kombinasi meningitis dan septikemia) dapat membuat terjadi nya komplikasi jangka panjang.

  1. Meningitis Oleh Virus

Untuk meningitis yang disebabkan virus sebenarnya lebih ringan daripada meningitis yang disebabkan bakteri cuman, perlu anda ingat kembali bahwa virus yang masuk  kedalam tubuh manusia tidak akan pernah akan keluar, kecuali sebuah keajaiban dari Tuhan. Mungkin tidak masalah apabila terkena meningitis oleh virus untuk tahap ringan mungkin cukup minum obat meredakan sakit kepala, obat anti mual, banyak istirahat, dan perbanyak minum air putih agar mendapatkan banyak manfaat dari ari putih tersebut.

donor darah secara rutin, manfaat donor darah untuk diet, donor darah, manfaat donor darah ,manfaat donor darah bagi wanita ,manfaat donor darah bagi pria ,manfaat donor darah bagi kesehatan ,manfaat donor darah pmi ,manfaat donor darah bagi tubuh ,manfaat donor darah rutin ,manfaat donor darah bagi kulit ,apa manfaat donor darah ,manfaat donor darah untuk kesehatan ,manfaat donor darah secara rutin ,manfaat donor darah untuk kecantikan ,manfaat donor darah untuk kulit ,Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh Kita Tetap Sehat
Ilustrasi : Test Darah Meningitis

Tetapi apa yang terjadi ternyata terkena meningitis oleh virus pada tahap parah, maka sangat di sarankan untuk penderita meningitis untuk dirawat di rumah sakit, maka sama hal nya meningitis yang disebabkan oleh bakteri yaitu perlu menggunakan antibiotik. Kemungkinan obat antibiotik akan ditarik jika memang sudah di pastikan penderita terkena meningitis oleh virus, tetapi untuk cairan infus tetap di berikan untuk membantu pemulihan kondisi pasien. Yang paling penting adalah di berikan nya obat anti virus kepada penderita meningitis, obat anti virus yang paling terkenal untuk mengatasi penyakit meningitis ini adalah obat Zovirax cair, dimana obat satu ini sangat mahal harga nya, kabar buruk nya beberapa jaminan kesehatan tidak ingin klaim terhadap obat Zovirax cair tersebut, bila di prediksi harga dari obat Zovirax cair ini mencapai 40 sampai dengan 50 juta per tahun 2015.

  1. Meningitis Oleh Jamur

Selain meningitis yang disebabkan oleh virus dan bakteri, meningitis juga dapat disebabkan oleh jamur. Nah cara untuk mengatasi meningitis oleh jamur yaitu dengan cara memberikan obat obatan anti jamur dengan dosis yang tinggi tentu semua tetap persetujuan dokter. Biasanya obat obatan anti jamur tersebut diberikan kepada pasien melalui infus. Kalau berbicara lama waktu pemulihan semua kembali lagi tergantung dengan sistem kekebalan tubuh penderita dan jamur yang menyebabkan infeksi tersebut.

Kesimpulan

Bahaya yang sangat besar diberikan oleh penyakit meningitis tersebut terhadap penderita, oleh karena itu sudah sewajarnya kita menjaga pola hidup sehat. Apabila sudah terlanjur terkena penyakit meningitis tersebut tetap lah untuk berusaha dan yakin bahwa akan sembuh, ingat kekuatan doa serta usaha pantang menyerah merupakan semua kunci kesuksesan termasuk kesehatan, sekian artikel tentang Cara Mengobati Meningitis, Terimakasih.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *