Tips Ampuh Menjalani Magang Kerja Supaya Sukses

Tips Ampuh Menjalani Magang Kerja  – ada berbagai alasan mengapa anda sebaiknya menjadi karyawan magang, yaitu mendapatkan pengalaman, tambahan pemasukan dan alasan studi dari pendidikan yang telah diambil. Karyawan magang merupakan sebuah status untuk seorang yang sedang berlatih untuk mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan pendidikan yang di tempuh nya. Karyawan magang pun harus mengetahui tips ampuh menjalani magang kerja agar sukses dalam menjalankan pekerjaan nya.

tips ampuh menjalani magang kerja
tips ampuh menjalani magang kerja

Setiap orang memiliki cerita tersendiri dengan melakukan bekerja magang tersebut. Banyak dari mereka merasakan berdebar saat menjalani magang pada perusahaan tersebut, itu sudah tentu terjadi bila seseorang tersebut belum pernah bekerja, karena hari itu adalah hari pertama kali kerja.

Tips Ampuh Menjalani Magang Kerja

Oleh karena itu anda perlu mengetahui beberapa tips yang membuat magang anda menjadi sukses, bagi anda yang saat ini akan memulai atau sedang bekerja magang berikut adalah tips ampuh menjalani magang kerja oleh temakita :

1. Berikan Kesan Pertama Yang Baik

Sudah seharusnya seorang karyawan baru dengan berbagai status adalah memberikan kesan yang baik kepada seluruh staff yang berada di kantor. Menunjukan kesan pertama yang baik tentunya akan selalu menjadi penilaian sendiri terhadap orang tersebut, seperti kata ilmu marketing anda melakukan melakukan promosi produk.

Oleh karena itu pada hari pertama berikanlah kesan yang baik, dan usahakan jangan melakukan kesalahan satu pun juga. Dengan begitu semua orang akan mengakui keberadaan anda dan yakin bawah anda merupakan orang yang baik. Anda akan di kenang dan bukan sesuatu yang mustahil bila anda kelak akan di jadikan pegawai kontrak bahkan menjadi pegawai tetap.

2. Penampilan Yang Menarik

Bekerja di sebuah perusahaan haru mengikuti seluruh ketetapan yang sudah ada, salah satunya adalah cara mengenakan pakaian sesuai dengan aturan. Lebih baik saat pertama kali kerja kenakan baju yang formal, rapi dan terlihat berwibawa, dengan begitu orang lain akan segan dan menghormati keberadaan anda di kantor tersebut.

3. Jangan Takut Untuk Bertanya

Sebaiknya hari pertama kali kerja anda sering lah bertanya hal yang penting menyangkut pekerjaan yang sedang anda kerjakan. Tentunya bertanya itu tidak salah dan memang di saran kan tetapi bertanya lah yang sesuai dan penting, hindari bertanya yang terus-menerus itu akan membuat orang lain jengkel dengan anda. Tidak perlu gugup untuk melakukan pekerjaan pertama anda, tetap lah bekerja secara profesional sehingga atasan akan menyukai dari kinerja kerja anda.

4. Ikuti Aturan Yang Berlaku

Sudah Menjadi keharusan semua karyawan di perusahaan harus mengikuti semua peraturan yang sudah di bentuk, dengan adanya peraturan akan membuat perusahaan berjalan dengan visi dan misi. Saat pertama kali masuk kerja sebagai pegawai magang tanya lah kepada atasan atau senior anda dalam peraturan yang ada dalam perusahaan lalu ikuti semua peraturan tersebut secara ikhlas.

Setiap perusahaan memiliki budaya yang berbeda-beda oleh karena itu sudah seharusnya anda mengikuti budaya yang ada, jangan sekali-kali bersikap yang berbeda dengan budaya yang di kantor, dengan begitu anda akan terlihat aneh dan akan di jauhi oleh rekan kerja anda, intinya jagalah etika kerja dan berhati-hati dalam bersikap.

5. Datang Tepat Waktu

Perusahaan memiliki aturan sendiri jam berapa masuk kerja dan jam berapa pulang kerja, sebenarnya pemerintah sudah memberlakukan jam kerja serempak seluruh Indonesia bahwa jam kerja yang baik adalah tujuh sampai delapan jam kerja. Tetapi tetap saja setiap perusahaan memiliki jam kerja yang berbeda-beda oleh karena itu sudah seharusnya anda mengikuti aturan tersebut. Datang lah tepat waktu atau kalau lebih rajin datang lah setengah jam sebelum masuk kerja, sehingga atasan anda akan menyukai kedisiplinan yang anda terapkan tersebut.

6. Jangan Suka Mengeluh

Sudah sewajarnya pekerjaan di mana saja memiliki kesulitan dan kemudahan di waktu-waktu tertentu, apabila anda terkena kesulitan yang amat sulit lalui masalah tersebut dengan bijaksana dan profesional dalam bekerja. Direkomendasikan jangan pernah tunjukkan keluhan yang anda rasakan kepada rekan kerja anda karena itu tidak etis bisa-bisa anda akan dinilai oleh rekan kerja atau atasan anda bahwa anda tidak mampu dan tidak layak bekerja di perusahaan tersebut dengan begitu hal tersebut akan menutup pintu rejeki anda untuk menjadi pegawai tetap pada perusahaan tersebut.

Kesimpulan

Memang bekerja sebagai status pegawai magang tidak memiliki fasilitas penuh seperti pegawai tetap atau pegawai kontrak yang didapatkan, tetapi dengan bekerja magang tersebut anda dapat membangun networking antar sesama rekan kerja. Bila sudah membentuk networking anda akan dibantu oleh rekan kerja anda untuk di promosikan menjadi pegawai tetap. Nah seperti itu lah ulasan tips ampuh menjalani magang kerja, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *