Tips Ampuh Cara Mencari Pekerjaan Yang Cocok Dengan Keinginan Anda

cara mencari pekerjaan yang cocok – Saat ini di era susah mencari kerja dimana pun berada terutama di kota-kota besar yang padat penduduk. Jumlah persaingan dan tingkat kemampuan yang dimiliki oleh pelamar kerja yang menjadi bahan pertimbangan susah atau tidak nya mencari pekerjaan tersebut. Tidak perlu khawatir dengan memahami cara mencari pekerjaan yang cocok maka anda dapat mencari pekerjaan sesuai dengan keinginan anda.

Cara mencari pekerjaan yang cocok dengan mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan secara konvensional bukan lah mudah anda harus bertanya kesana kemari untuk sekedar menanyakan apakah ada lowongan pekerjaan tersebut, belum lagi di dunia yang sekarang lebih kejam bahkan saudara pun tidak ingin membantu untuk memasukan di tempat dia bekerja, alasannya cukup sederhana yaitu takut tersaingi dan senang melihat penderitaan keluarga nya hidup susah, entah mengapa ada makhluk seperti ini. Tuhan akan membenci orang yang tidak ingin membantu saudara nya sendiri kesusahan.

mencari kerja job fair, cara mencari kerja ,cara mencari lowongan kerja ,cara mencari kerja sampingan ,cara mencari pekerjaan online ,cara mencari kerja di internet ,cara mencari kerja sampingan online ,cara mencari kerja untuk fresh graduate ,cara mencari kerja online ,cara mencari pekerjaan yang cocok ,cara mencari peluang kerja ,cara mencari kerja part time
ilustrasi : cara mencari pekerjaan

cara mencari pekerjaan yang cocok

Era yang susah mencari pekerjaan untung nya dibantu dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dengan begitu tidak perlu susah-susah untuk mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut entah cara mencari pekerjaan yang cocok, cara mencari pekerjaan online dan cara mencari lowongan kerja semua dapat anda dapatkan dengan melakukan surfing didunia maya. Berikut adalah cara mencari pekerjaan yang cocok temakita :

1. Via Website

Sudah bukan rahasia umum lagi saat ini banyak website lowongan pekerjaan yang tersebar di dunia maya, dimana website tersebut memiliki misi untuk membantu pengangguran untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok untuk mereka. Website lowongan pekerjaan tersebut membagi status keanggotaannya ada yang berbayar ada pula yang gratis bila ingin mengakses menjadi anggotanya, tentu dengan anggota yang berbayar akan diberikan fasilitas lebih daripada anggota yang gratis. Biasa dunia bisnis mulai bermain didalamnya.

Beberapa website lowongan pekerjaan diantaranya adalah jobstreet, JobsDB, Depnaker, jobs.id, karir.com hingga perusahaan ternama yaitu kompas karir. Dimana website-website besar tersebut memberikan informasi penting bahkan dapat melakukan lamaran kerja secara online dengan begitu anda tidak perlu repot-repot untuk mencari pekerjaan tersebut.

2. Pekerjaan Online

Untuk yang satu ini bisa dikatakan kerja online atau juga dapat disebut dengan kerja freelance, sebenarnya pembahasan ini sudah dijelaskan secara detail pada artikel Kerja Online Mudah Dan Profesional. Banyak fasilitas yang diberikan kerja online tersebut seperti tidak harus datang ke kantor tiap hari dan tidak ada batasan waktu untuk bekerja yang terpenting anda harus memiliki komputer dan jaringan internet.

Kerja online memang membebaskan karyawan nya untuk bekerja sesuai dengan proyek yang diberikan, tetapi tetap saja dalam kerja online ada batasan waktu yang diberikan oleh perusahaan untuk mengerjakan proyek tersebut. Kedisiplinan adalah hal yang terpenting dalam kerja online ini. Banyak sekali website-website yang memberikan kerja online tersebut:

  1. Fiverr
  2. Elance
  3. Microworkers
  4. Mechanical Turk
  5. oDesk
  6. Freelancer.com
  7. Cloudcrowd
  8. Projects
  9. Gobann
  10. Serba50ribu
  11. SribuLancer
  12. iWriter
  13. Kontenesia

3. Sosial Media

Sosial media terbesar di dunia sekelas Facebook banyak sekali bertebaran informasi lowongan pekerjaan, biasanya anda dapat menemui info lowongan pekerjaan di forum-forum facebook, tentunya harus anda pertimbangkan untuk informasi dari forum facebook akan kebenaran nya.

Tidak hanya facebook sosial media yang banyak beredar info lowongan kerja sosial media BBM dan WA sering kali kita mendapatkan notifikasi pesan broadcast dari teman bahwa di bukanya lowongan kerja pada perusahaan bahkan dinas pemerintahan. Oleh karena itu saat masa-masa mencari kerja lebih baik sering lah aktif di dunia sosial media untuk mendapatkan informasi dan jangan ragu untuk menanyakan teman anda perihal lowongan pekerjaan yang tersedia.

4. Media Masa

Media masa salah satu media yang dapat memberikan informasi seputar berita pada suatu wilayah tidak terlupakan berita lowongan pekerjaan. Setiap media masa di Indonesia selalu menyertakan beberapa iklan lowongan pekerjaan didalam nya, tetapi yang jadi permasalahan lowongan yang tertera di media masa tersebut sayang nya masih dari jauh dari harapan yang diinginkan bahkan para nya ada iklan lowongan pekerjaan untuk tujuan penipuan. Oleh karena itu pandai-pandainya anda dalam melakukan seleksi mana lowongan pekerjaan yang benar ada nya dengan lowongan pekerjaan yang berniat menipu orang.

Lowongan pekerjaan pada media masa kebanyakan lowongan yang lebih mengarah ke perusahaan CV, perusahaan UKM dan perusahaan home industri karena biasanya perusahaan besar bahkan pemerintahan biasanya informasi lowongan kerja melalui situs resmi perusahaan jarang ada perusahaan besar yang saat ini mengiklankan dalam media masa. Lowongan pekerjaan pada media masa sebenarnya lebih cenderung memberikan info pekerjaan untuk lulusan non kuliah.

5. Job Fair

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Medan dan sebagainya sering mengadakan acara job fair. Mungkin dari anda belum mengenal job fair itu sendiri, job fair merupakan pameran yang di peruntukan untuk pencari kerja. Dimana dalam event job fair tersebut seluruh perusahaan baru berdiri dan perusahaan besar membuka stand masing-masing untuk menerima segala lamaran dari berbagai pencari kerja.

Job fair ini sendiri biasanya diadakan 3 kali dalam setahun semua tergantung dari penyelenggara event tersebut dan job fair sendiri sering nya di adakan di universitas-universitas yang memiliki nama besar baik itu universitas negeri hingga universitas swasta. Memasuki area event job fair sendiri harus membayar tiket masuk nya, jadi tidak gratis untuk masuk dalam ruangan pameran bursa pekerjaan tersebut biaya tiket nya antara 50.000 sampai dengan 100.000 per orang. Oleh karena itu maksimal kan anda melamar kerja di event job fair tersebut dengan membuat lamaran dan curriculum vitae sebanyak mungkin yang anda sebarkan ke seluruh perusahaan yang anda ingin bekerja disana. Tentunya saingan untuk masuk kerja cukup lah padat akan saingan nya persiapkan diri anda baik untuk berlatih soal-soal tes psikotes.

6. Mendatangi Depnaker

Bila ada waktu luang dan bingung ingin mencari lowongan pekerjaan entah harus kemana, coba lah untuk mendatangi kantor depnaker. Kantor depnaker sendiri merupakan lembaga pemerintahan yang mengurusi berbagai macam yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. Di dalam depnaker biasanya banyak sekali informasi seputar lowongan pekerjaan seperti di perusahaan atau pun di pemerintahan.

mencari kerja job fair, cara mencari kerja ,cara mencari lowongan kerja ,cara mencari kerja sampingan ,cara mencari pekerjaan online ,cara mencari kerja di internet ,cara mencari kerja sampingan online ,cara mencari kerja untuk fresh graduate ,cara mencari kerja online ,cara mencari pekerjaan yang cocok ,cara mencari peluang kerja ,cara mencari kerja part time
ilustrasi : cara mencari pekerjaan dengan mendatangi depnaker

Depnaker sendiri tidak hanya mengurusi info lowongan pekerjaan untuk masyarakat melainkan di depnaker ada sekolah yang lebih fokus mematangkan kemampuan atau skill. Banyak bimbingan di depnaker yang sangat berguna untuk menambah kemampuan anda dalam mencari pekerjaan atau bila ingin membuka perusahaan sendiri, diantaranya seperti bimbingan memasak atau tata boga, service elektronik, menjahit, belajar komputer dan banyak lainnya, hebat nya lagi bimbingan tersebut didapatkan dengan gratis segala biaya ditanggung oleh pemerintah mungkin ada iuran bulanan untuk sekedar biaya administrasi itu pun jumlah nya tidak lah besar.

Kesimpulan

Banyak-banyak lah memperdalam praktik untuk menunjang anda dalam mematangkan skill anda. Relasi sangat lah penting dalam mencari informasi lowongan pekerjaan, bahkan sekarang di Indonesia relasi sangat berperan besar anda dapat di masukan dalam dinas pemerintahan atau pun perusahaan. Tetapi berusahalah terlebih dahulu dengan mencari  rejeki yang halal, tentu Tuhan akan melihat umatnya yang berusaha dan berdoa kepada nya ingat perbanyak lah tawakal kepada Tuhan saat mencari bekerja sehingga anda akan dipermudah dalam menjalani masa-masa sulit tersebut. Semoga bermanfaat artikel cara mencari pekerjaan yang cocok dan semoga anda cepat mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *