Ternak Bebek Petelur, Cara Sukses Memulai Bisnis Ternak Bebek

Hidup di desa memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah dengan ternak bebek petelur. Keuntungan dari bisnis bebek petelur pun lumayan besar, sehingga banyak masyarakat desa lebih memilih ternak bebek dibandingkan ternak ayam. Ternak bebek petelur sangat cocok di jalankan di daerah pedesaan, lantaran di desa merupakan habitat paling nyaman bagi bebek petelur.

Ternak bebek petelur bukan lah hal yang baru di masyarakat indonesia, banyak contoh pengusaha sukses dengan berbisnis bebek petelur ini, terutama di desa. Beberapa desa di pulau jawa menjadikan ternak bebek petelur sebagai penghasilan utama. Keuntungan yang dihasilkan dari bebek petelur ini cukup besar, tidak sia-sia para peternak bebek petelur ini harus berkotor-kotor demi mendapatkan penghasilan yang besar.

ternak bebek petelur,ternak bebek petelur,ternak bebek petelur kering,ternak bebek petelur modern,ternak itik petelur modern

Dalam ternak bebek saat musim ramai, setidaknya dapat menghasilkan laba kotor kurang lebih 500 ribu setiap hari dari 100 bebek petelur. Keuntungan tersebut hanya penjualan dari hasil telur saja, omset yang di hasilkan dapat bertambah besar apabila pebisnis bebek petelur menjadikan telur bebek sebagai telur asin, dengan begitu harga telur pun meningkat. Berikut adalah cara sukses ternak bebek petelur:

1. Kandang Bebek

Kandang dari bebek petelur, bisa dikatakan tidak terlalu susah dalam pembuatan. Justru yang perlu diperhatikan adalah suhu pada kandang bebek petelur sebaiknya di kisaran 35 sampai 45 derajat celcius. Dengan kondisi suhu yang direkomendasikan, bukan masalah besar lantaran suhu di Indonesia pada kisaran itu.

Perhatikan juga kelembaban pada kandang, sebaiknya pada kisaran 60%. Saat Malam hari di kandang bebek petelur ini di berikan lampu agar bebek tidak stress berada didalam dikandang. Sediakan wadah makanan yang layak dan praktis untuk bebek petelur. Apabila anda kesulitan dalam membuat wadah makanan bebek, di pasar hewan banyak yang menjual.

2. Pembibitan

Membeli bibit bebek petelur, haruslah berkualitas dikarenakan faktor pembibitan bebek merupakan pondasi awal dalam memulai bisnis bebek petelur. Beli bibit pada peternak terpercaya, sebaiknya jangan permasalahkan harga mahal atas bibit yang dijual, harga mahal tidak sebanding dengan kualitas bibit yang bagus. Bibit bagus akan menghasilkan keuntungan besar nanti nya dan merupakan sebuah awal yang baik.

3. Perawatan

Usai membeli bibit yang bagus pada peternak bebek, saatnya masukan bibit bebek yang barusan di beli ke fase perawatan bebek petelur. Fase perawatan bebek petelur yang bagus akan menghasilkan bebek petelur yang bagus pula dengan begitu telur yang dihasilkan pun akan berkualitas.

Setelah mendapatkan standar seperti starter DOD unggul, saatnya memasukkan bebek petelur kedalam kandang induknya. Semua bibit harus mendapatkan perawatan yang sama baiknya. Untuk penampung setidak nya berikan jarak maksimal 1 meter persegi, sebagai menampung 50 ekor bibit petelur.

Diperhatikan dalam pemberian makan pada anak bebek petelur, membagi makanan harus sesuai dengan umur itik. Seperti untuk itik starter atau sering di sebut dengan bakalan maka berikan banyak vitamin kedalam air minumnya. Selain mencegah stress pada anak bebek, vitamin akan meningkatkan daya tahan tubuh atau kekebalan ekstra pada serangan hama dan virus.

Wajib menjaga kebersihan kandang bebek petelur dengan cara membersihkan kandang secara teratur. Bila kandang tidak bersih akan mengakibatkan bebek petelur mudah terserang hama penyakit yang masuk dalam tubuh itik. Hal ini akan menentukan keberhasilan dalam bisnis ternak bebek petelur.

ternak bebek petelur,ternak bebek petelur,ternak bebek petelur kering,ternak bebek petelur modern,ternak itik petelur modern

Fase hidup bebek petelur dapat di bagi berbagai fase diantaranya adalah starter, grower dan layar. Pada kemasan makanan bebek petelur yang anda beli di toko hewan ada aturan nya, salah satunya adalah aturan memberikan makan bebek petelur. Sebaiknya ikuti semua instruksi yang di berikan oleh pabrik.

Memberi minum pada bebek petelur, tambahkan vitamin dan mineral dengan catatan, usia bebek petelur di bawah satu minggu. Pemberian vitamin dan mineral akan membuat bebek perkembangan bagus dan sehat, sehingga menghasilkan telur yang berkualitas pula.

Kebanyakan bebek bertelur di malam hari, oleh karena itu dianjurkan memanen telur pada pagi hari. sekitar jam 5 sampai dengan jam 6 pagi. Keluarkan semua bebek petelur dari kandang, giring bebek dengan memberikan makan sebagai umpan nya. Setelah keluar semua bebek, saatnya anda dapat mengambil atau memanen semua telur.

Dari informasi diatas, sebenarnya tidak ada ruginya ternak bebek petelur. Memang tidak mudah dalam menjalankan bisnis ini, cuman bila anda telaten dan rajin maka anda pun akan mendapatkan hasilnya. Sekian artikel bisnis bebek petelur yang mungkin dapat anda jadikan referensi dalam membuka bisnis ternak bebek petelur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *