Sukses Cara Bisnis Warnet Bagi Pemula Saat Ini

Cara Bisnis Warnet Bagi Pemula – Penting nya analisis bisnis warnet sebelum anda memulai salah satu bisnis online tersebut agar anda dapat mempersiapkan segala kondisi yang terjadi nanti nya. Bisnis plan warnet biasanya di mulai sejak awal bisnis warnet itu berjalan bahkan saat ide membuka bisnis warnet itu sendiri muncul di pikiran anda seperti pengeluaran untuk membeli komputer, membeli berbagai aplikasi pendukung, membuat bilik warnet, membayar pegawai dan sebagai nya. Terlebih lagi saat ini bisnis warnet lebih tepat nya usaha warnet game online murah sudah bertebaran di seluruh wilayah dari pedesaan lebih lebih di kota kota besar sudah penuh sesak, oleh karena itu penting nya anda memahami cara bisnis warnet bagi pemula.

warnet merupakan peluang bisnis yang menjanjikan di era yang serba modern ini tepat nya di era globalisasi dan serba praktis. asal mula Warnet ini ada berbagai opini seseorang, tetapi kalau dilihat dari perkembangan jaman teknologi ini warnet sebenarnya berasal di negara Cina. Dari segi modal usaha warnet termasuk modal menegah keatas dikarenakan modal untuk Hardware dan Software nya cukup mahal. Pada dewasa ini memang sudah banyak usaha warnet yang bertebaran di Indonesia, ada yang sedang buka sampai sekarang dan ada yang banyak tutup, tetapi usaha warnet ini masih banyak peminatnya. Menurut temakita warnet ada beberapa jenis yaitu:

Cara Bisnis Warnet Bagi Pemula
Ilustrasi : Cara Bisnis Warnet Bagi Pemula

Jenis Warnet

  1. Warnet Konvensional

warnet ini hanya mendukung dari segi edukatif dan hiburan semata. jenis warnet ini sangatlah banyak di masa lampau dikarenakan, pada tahun 2000-an pengguna dan pemilik komputer masih jarang dikarenakan harga PC masih sangat lah mahal sehingga masyarakat lebih memilih warnet sebagai destinasi mengerjakan tugas. Tetapi pada akhir 2010-an dimana harga PC sudah serba mudah terjangkau semua kalangan masyarakat belum lagi adanya smartphone mengakibatkan peluang bisnis warnet biasa ini semakin redup.

  1. Warnet Game Online

warnet jenis ini lebih mementingkan segi hiburan ketimbang edukatif, dikarenakan pengunjung di sediakan tempat dan Hardware khusus untuk mendukung suasana yang menyenangkan untuk game online. Hardware dari game online ini sangat lah tinggi tergantung dari game yang dimainkan, otomatis ketika spesifikasi Hardware semakin tinggi maka biaya dari hardware nya pun mahal contoh dari segi prosesor minimal menggunakan core i3, Ram 4Gb, VGA eksternal 2 GB, dll kira-kira membutuhkan biaya per-PC 5-7 juta-an. Modal yang besar sebenarnya akan mudah tertutupi atau balik modal dikarenakan peminat game online ini dari desa sampai kota sangatlah besar.

Cara Bisnis Warnet Bagi Pemula

Coba anda logika pada warnet game online ini, pada dewasa ini memang perkembangan teknologi sangat lah cepat tapi coba anda berfikir tidak semua kalangan masyarakat memiliki cukup dana untuk membeli spesifikasi PC game ini dengan mudah belum lagi smartphone tidak dapat menghandle persyaratan untuk game online dikarenakan smartphone di desain untuk hanya menjalankan aplikasi-aplikasi ringan. untuk bisa menjalankan bisnis warnet ini di haruskan anda menyiapkan budget kurang lebih 30-50 juta untuk memfasilitasi warnet anda, berikut adalah bisnis plan warnet atau hal yang perlu anda persiapkan dalam cara bisnis warnet bagi pemula serta analisis bisnis warnet:

  1. Bilik Warnet

Bilik merupakan sebuah sekat-sekat pembatas antara user satu dengan user lainnya, bilik tersebut berfungsi sebagai privasi user atau pengunjung dengan user lainnya, mengapa bilik ini penting dalam bisnis warnet? mungkin anda sudah mengetahui jawaban tersebut. Penentuan pemilihan bilik di sesuaikan dengan kondisi ruangan warnet, begini logikanya bila lokasi anda kecil-menegah maka gunakan bilik lesehan bila lokasi anda cukup luas maka gunakan bilik dilengkapi tempat duduk. Sebenarnya penentuan bilik itu tidak hanya dikarenakan lokasi bisa dari penghematan budget atau kenyamanan user.

bilik sebaiknya jangan terlalu tinggi dikarenakan bisa disalahgunakan oleh oknum user sebagai ajang maksiat dengan pasangannya, lagi pula aparat polisi sering mencurigai warnet dengan bilik-bilik tinggi dan sewaktu-waktu aparat wewenang akan menutup bisnis anda dikarenakan melanggar norma masyarakat

  1. Penyedia Internet

Internet Provider Service (ISP), adalah penyedia layanan internet ini adalah komponen penting dalam bisnis warnet, dengan adanya ISP maka warnet anda akan terkoneksi dengan internet atau server seluruh dunia, dalam penentuan ISP cari ISP yang memberikan layanan prima dan harga yang sesuai dengan kualitas internet-nya, banyak sekali penyedia layanan internet diantaranya ada speedy milik telkom, bizznet, citranet, jogjamedianet, dll. Bila anda kurang paham perusahaan mana saja yang menyediakan ISP silahkan searching di google dengan kata kunci “layanan ISP di kota xxx” yang jelas speedy milik telkom tersebar di seluruh Indonesia dikarenakan telkom merupakan perusahaan BUMN(Perusahaan milik Negara).

  1. Software

Software, begini anda dapat menganalogikan sebuah PC, Hadware adalah sebuah organ tubuh manusia(otak) dan software merupakan sebuah pikiran dari otak tersebut, dapat kan anda begitu pentingnya software ini? beli lah software yang original selain menghormati hak cipta anda mendukung gerakan anti crack, coba anda bayangkan bila anda crack sebuah aplikasi dan dibuat bisnis bagaimana bisnis anda barokah sedangkan andan crack aplikasi adalah perbuatan ilegal. Keuntungan yang anda terima dari konsumen adalah uang haram. Bila tidak ingin install lah dengan software yang free atau bersifat sharware

  1. Hardware

Hadware, bila ada software maka ada namanya hadware, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwasanya hadware adalah perangkat keras yang mendukung software untuk berjalan dengan lancar sesuai sistem yang berjalan. Hadware warnet biasa sungguh berbeda dengan hardware yang digunakan untuk warnet game online dikarenakan game online membutuhkan proses yang jauh lebih berat dibanding kan proses seperti pengetikan, membaca. pada dasarnya game online adalah sebuah video game sedangkan pemrosesan video sangatlah berat maka dari itu harga PC biasa jahu lebih murah dibandingkan PC gaming.

  1. Aplikasi Billing

Software Billing, saat ini sudah banyak sekali software billing warnet, baik buatan anak bangsa maupun perusahaan besar, contoh nya biling b-29 menawarkan aplikasi billing yang powerfull biling ini sudah jelas aplikasi client-server dilengkapi dengan laporan-laporan pemasukan dari warnet maupun laporan penjualan produk dan banyak sekali fitur yang di berikan seperti penolakan akses website oleh user atau blokir aplikasi, ada capture atau admin dapat melihat seluruh aktivitas user yang sedang online, ada task dari jauh, mematikan dan reset pc client dan banyak fitur yang mendukung. Berikut adalah jenis aplikasi billing yang populer : SMART BILLING, INDO BILLING, BILLING EXPLORER

Bisnis warnet cukup lah prospek di Indonesia karena Indonesia adalah negara berkembang otomatis sangat membutuhkan teknologi dan ilmu teknologi, usaha warnet adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Menurut pengalaman pribadi bisnis warnet ini memang besar pengeluaran nya tetap dalam balik modal sungguh cepat kira-kira dengan modal sekian puluh juta bisa kembali dalam waktu 6 bulan sedangkan umur komputer kisaran 5-7 tahun. Semoga artikel cara bisnis warnet bagi pemula bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *