Strategi Cerdas Cara Hemat Uang Anak Kost Bulanan

Cara Hemat Uang Anak Kost – Anak kost selalu identik dengan nama nya perantauan dari daerah lain untuk mencari pendapatan atau pun ilmu yang bermanfaat untuk masa depan. Anak kost dituntut selalu hidup irit dalam melakukan pengeluaran setiap keperluan yang dibutuhkan tiap bulan nya. Mengetahui tips hemat anak kost merupakan hal mutlak yang harus di ketahui agar tidak mengalami defisit bulanan. Berhati-hati dalam melakukan belanja merupakan salah satu kunci tepat cara hemat uang anak kost.

Di kota-kota besar seperti Yogyakarta, Jakarta dan Bandung kebanyakan anak kost merupakan seorang mahasiswa perantauan. Dimana di kota-kota tersebut sangat efektif untuk mencari ilmu dengan berkuliah. Tidak jarang mereka berasal dari daerah yang jauh, harus rela untuk hidup mandiri agar menggapai impian yang telah mereka idam-idam kan seperti ingin melamar kerja di perusahaan yang bagus, lebih jelas nya baca juga artikel tips ampuh mencari pekerjaan yang cocok.

Biaya di kota kota besar terkenal biaya hidupnya yang mahal, terutama di Jakarta dan Surabaya. Mengharuskan penduduk disana harus giat bekerja dan pandai dalam mengatur pendapatan mereka, lebih jelas nya baca 7 cara ampuh mengatur gaji dengan bijak. Memang di setiap daerah di Indonesia memiliki aturan sendiri dalam mengatur gaji karyawan baik itu Pegawai negeri sipil atau pun Pegawai Swasta yang sering disebut dengan Upah Minimum Karyawan.

Cara Hemat Uang Anak Kost
Ilustrasi : Cara Hemat Uang Anak Kost

Lebih lebih anak kost tersebut adalah seorang mahasiswa yang belum memiliki pemasukan atau pun gaji tetap, mengharuskan mereka cermat dalam pengaturan keuangan. Tidak sedikit pula banyak mahasiswa akhir nya tidak pandai cara hemat uang anak kost, sehingga mengakibatkan mereka merepotkan orang tua karena selalu meminta minta uang bulanan yang sebenarnya belum habis di akhir bulan. Mungkin hal itu sering terjadi pada anak kost yang sebelum nya tidak pernah hidup mandiri selalu bergantung kepada orang tua, sehingga mereka kesulitan dalam mengatur keuangan. Penting nya tips hemat anak kost tersebut agar anak kost dapat selalu berkecukupan berapa pun uang yang diberikan orang tua mereka.

Dari masalah yang telah dijabarkan diatas, ternyata penting nya untuk mengetahui tips hemat uang anak kost. Kali ini temakita akan mencoba membantu masalah tersebut berdasarkan pengalaman, agar anda dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran secara efisien, berikut adalah tips hemat anak kost:

Cara Hemat Anak Kosan Dengan Belanja Bulanan

Merupakan sebuah kewajiban bagi masyarakat untuk belanja bulanan seperti kebutuhan rumah tangga atau kebutuhan hidup. Begitu pula dengan anak kost setiap bulan pasti membutuhkan keperluan bulanan seperti sabun mandi, shampo, pasta gigi dan sebagainya. Agar anda mendapatkan kebutuhan pokok tersebut murah, maka ada baik nya anda menyiasatinya dengan mencari dan membandingkan setiap toko swalayan yang menjual produk produk tersebut dengan harga yang lebih murah. Jangan diremehkan setiap selisih harga 2.000 sampai 4.000 per-item nya, karena sedikit demi sedikit akan berpengaruh besar terhadap pengeluaran biaya bulanan anda.

Belanja bulanan sebaiknya membeli nya dengan sekaligus banyak sampai satu bulan penuh, dengan begitu anda tidak perlu repot-repot harus keluar setiap kali untuk membeli kebutuhan anda yang sudah habis sebelum akhir bulan. Tidak hanya itu, dengan membeli belanja sekaligus, biasanya berbagai swalayan memberlakukan pemotongan harga atau sistem poin untuk diundi tiap bulan nya. Poin biasanya digunakan para manajemen swalayan untuk mengundi hadiah hadiah menarik seperti souvenir, bahkan tidak jarang hadiah yang mereka berikan hadiah besar, seperti mobil dan rumah. Lumayan bukan, siapa tahu itu akan menjadi rejeki anda.

Tips Hidup Hemat Anak Kost Memilih Warung Makan

Kebutuhan gizi sangat penting untuk kesehatan tubuh anda, seperti gizi yang di berikan dari protein dan sumber lain nya baca juga artikel makan sumber protein hewani dan nabati. Dengan mencukupi gizi sama hal nya anda melakukan gerakan hidup sehat sehingga dapat menunjang karir cemerlang anda. Faktor yang sangat berperan dalam pengeluaran anda adalah pada sektor makan, diperkirakan 60-70% pemasukan anda akan habis di biaya makan.

Tinggi nya biaya makan berpengaruh pada biaya hidup di tempat tinggal anda, semakin besar atau ramai suatu daerah akan semakin besar pula biaya hidup di daerah tersebut. Penting nya anda mengetahui tempat-tempat warung makan yang murah, kebanyakan anak kost miliki tips hidup hemat anak kos dengan makan di warung yang dirasa menyediakan porsi yang banyak dan murah, untuk masalah rasa menjadi urusan yang kesekian.

Jangan tergiur dengan awal bulan yang dimana anda mendapatkan banyak uang dari gaji perusahaan atau dari gaji orang tua untuk makan di tempat yang mahal, karena hal tersebut juga berpengaruh sisa uang yang anda miliki saat akhir bulan cukup atau tidak nya. Warung makan murah ciri cirinya terletak didalam sebuah perkampungan atau di pasar tradisional, di tempat tempat itu lah anda akan mendapati warung makan murah dengan porsi banyak.

Tips Hemat Uang Anak Kost Memilih Rumah Kost

Nama nya juga anak kost, pasti lah anak kost tinggal di rumah kost. Rumah kost saat ini bervariasi fasilitas dan harga nya. Pemilihan rumah kost yang salah akan berdampak dengan biaya pengeluaran anda. Oleh karena itu sebaik nya anda harus paham tips mencari kost sesuai dengan harapan. Bila anda ingin berhemat maka ada baik nya bila anda memilih tempat kost yang menyediakan fasilitas yang sederhana atau kosongan. Karena biasanya sewa kost kamar kosongan jauh lebih murah dengan rumah kost yang telah menyediakan perlengkapan.

Untuk hiburan di dalam kamar kost bawa lah televisi atau komputer dari rumah anda, sembari mengerjakan berbagai macam tugas yang diberikan dari kantor atau dari universitas. Ada cara yang lebih hemat lagi bahkan nyaris gratis untuk sewa kamar kost, yaitu dengan anda mengikuti pesantren atau menjadi takmir masjid terdekat.

Tips Hidup Hemat Anak Kos Mendapatkan Internet Gratis

Internet saat ini menjadi bagian kebutuhan pokok manusia di jaman yang modern saat ini. Apa lagi anda salah satu pekerja dan pembisnis online seperti yang sudah di jelaskan dalam artikel kerja online mudah dan profesional, maka internet adalah kebutuhan yang harus anda penuhi untuk mendapatkan keuntungan dari nya. Biasanya internet sangat berperan besar untuk mencari berbagai referensi yang dibutuhkan seperti materi tugas kuliah atau bahan bahan presentasi.

Fasilitas umum saat ini sudah menyediakan internet gratis dengan melalui wifi yang tersebar di dekat gedung fasilitas umum. Beberapa fasilitas umum yang biasanya menyediakan internet gratis seperti Universitas, Gedung Telkom dan gedung gedung pemerintahan daerah. Dengan memakai fasilitas internet gratis maka secara otomatis akan mengurangi pengeluaran anda.

Cara Hemat Uang Anak Kost Dengan Mencuci Sendiri

Saat ini sudah banyak sekali usaha usaha ukm di bidang jasa pencucian baju secara praktis seperti usaha laundry(cara membuka usaha laundry dengan modal kecil). Sebaiknya anda jangan mudah tergoda dengan jasa pencucian tersebut, lebih baik cuci lah baju anda sendiri dengan begitu anda lebih menghemat pengeluaran dan juga mencuci baju sendiri biasanya lebih bersih ketimbang mencuci baju dengan menyewa jasa laundry.

Bila memang terpaksa jadwal anda terlampau sibuk dan kondisi memang tidak memungkinkan maka pakai lah jasa laundry untuk mencucikan baju anda, tetapi anda harus selektif memilih baju mana saja yang akan di cuci kan di jasa laundry. Seperti jaket mahal dan baju mahal sebaiknya cuci lah sendiri, untuk menghindari pakaian anda rusak. Pakaian dalam juga sebaiknya anda cuci sendiri karena itu merupakan privasi anda.

Kesimpulan

Seperti itulah beberapa tips hidup hemat anak kost yang dapat anda ikuti agar anda terhindar dari defisit pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan. Sekian artikel cara hemat uang anak kost dari temakita semoga bermanfaat bagi anda, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *