Strategi Cerdas Bisnis Kue Kering Online Lebaran

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook4Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Bisnis Kue Kering Lebaran РDi internet dan berbagai media komunikasi apabila sudah mendekati hari raya idul fitri, banyak  yang membahas tentang bisnis menjelang lebaran, namun belum ada yang membahas secara spesifik salah satu bisnis lebaran tersebut seperti bisnis kue kering. Bisnis kue kering merupakan bisnis yang memiliki banyak peminat nya saat menjelang lebaran, hal tersebut lantaran bisnis kue kering merupakan bahan pokok yang harus ada ketika hendak menerima tamu baik saudara atau pun kerabat untuk silaturahmi halal bihalal.

Mungkin bagi anda yang sudah memiliki pengalaman dalam bisnis kue kering bukan masalah besar, namun masih banyak bukan di luar sana para pebisnis yang ingin mencoba peruntungan dalam membuka bisnis kue kering tersebut, mungkin di rasa memiliki bakat, memiliki modal dan tentu nya memiliki keinginan maka sudah sewajibnya anda membuka bisnis kue kering, namun anda harus mengetahui cara bisnis kue kering sebagai panduan anda untuk menjalankan bisnis tersebut.

cara bisnis kue kering online
Ilustrasi : cara bisnis kue kering online

Saat ini kemajuan teknologi yang semakin pesat dapat anda manfaatkan sebagai media promosi dan penjualan produk anda melalui Internet atau bahasa umum nya secara online. Kemudahan promosi dan penjualan online sudah banyak yang membuktikan manfaat nya seperti baju muslimah online, mainan, buku dan sebagai nya. Bukan tidak mungkin makan pun bisa di jual secara online, bukan. Semua tergantung pengemasan dan kualitas kue kering tersebut. Baik lah, berikut adalah bisnis kue kering online saat lebaran oleh temakita :

  1. Citra Rasa Dan Keunikan

Apa pun bisnis nya yang masih dalam bidang kuliner maka citra rasa merupakan hal yang perlu di perhatikan oleh pebisnis, apabila anda masih belum bisa membuat kue kering lantaran keterbatasan ilmu pengetahuan dalam pembuatan, maka sejak dini cari lah informasi atau ilmu resep pembuatan kue kering yang tersebar di internet maupun di buku resep. Ternyata apabila anda benar benar tidak berbakat dalam masak maka tidak ada solusi lain yaitu anda harus menjadi seorang pebisnis reseller kue kering tersebut. Karena reseller menawarkan sesuatu hal yang tidak perlu anda membuat produk tersebut namun anda mampu menjual nya kepada konsumen, dimana produk kue kering tersebut biasanya anda dapatkan dari agen.

Rasa memang memiliki peranan yang amat penting agar konsumen percaya dengan kualitas produk anda, namun hal yang perlu di perhatikan lainnya yang masih terkait dengan citra rasa adalah keunikan dari rasa produk itu sendiri. Unik disini di artikan pembeda dimana produk kue kering anda harus memiliki citra rasa yang berbeda dari yang lain, tapi ingat di sini pembeda dalam artian yang semakin baik kualitas produk nya, misal dalam hal menghias kue kering dengan kreativitas yang unik atau kue kering di tambahkan adonan yang membuat nya semakin bertambah lezat.

  1. Harga Produk

Tentukan harga produk yang kompetitif dengan pesaing anda, dalam menentukan harga sangat lah berisiko karena pada dasar nya konsumen selalu berharap membeli produk dengan harga yang murah namun kualitas tidak kalah jauh dari produk harga mahal. Terlebih lagi anda baru saja membuka bisnis kue kering rumahan ini maka sebaiknya jangan menetapkan harga yang tinggi, cari lah pelanggan anda terlebih agar para pelanggan percaya terhadap kualitas produk anda, bila pelanggan sudah tetap maka naik kan harga produk anda sesuai dengan kualitas produk, tetapi menaikkan harga pun jangan signifikan melainkan bertahap, hal tersebut agar para konsumen tidak langsung kaget dengan kondisi perubahan harga.

Terus bagaimana dengan bisnis reseller makanan kering dalam menentukan harga? pada dasar nya reseller merupakan penjual membeli produk dari agen lalu menjual nya kembali ke konsumen dengan harga yang lebih mahal, nah untuk menyiasati hal tersebut maka yang perlu anda pastikan adalah produk tersebut sudah pasti laku terjual dan sudah pasti siapa pembeli produk anda nanti nya, dengan begitu anda dapat membeli produk dalam jumlah tertentu agar mendapatkan potongan banyak dari agen atau supplier produk tersebut, semakin tinggi potongan harga nya maka semakin tinggi pula keuntungan yang anda dapatkan dari konsumen anda nanti nya.

  1. Kemasan Kue Kering

Kemasan kue kering memiliki peranan yang penting tinggi atau rendah nya tingkat penjualan kue kering tersebut, menurut psikologi seseorang lebih tertarik membeli produk yang memiliki kemasan yang bagus, menarik dan kreatif. Tidak mudah untuk memang untuk membuat kemasan produk, karena biasanya yang mampu membuat kemasan tersebut agar terlihat menarik adalah orang yang memiliki jiwa seni yang bagus dan memiliki kemampuan teknologi bisa di sebut orang tersebut seorang multimedia. Bisnis multimedia salah satu nya menyediakan jasa pembuatan kemasan produk, banner dan sebagainya intinya membuat bagaimana cara mendesain produk tersebut mampu menarik banyak konsumen untuk membeli.

  1. Pemasaran Online

Yang terakhir adalah bagaimana cara memasarkan produk dari bisnis kue kering lebaran anda kepada masyarakat? seperti yang sudah di jelaskan secara detail dalam artikel promosi produk yang efektif bagi online maupun offline, maka sebaiknya pasarkan produk anda melalui sosial media seperti Facebook atau pun twitter bila perlu beli lah lisensi iklan kepada pihak Facebook agar anda di bantu dalam memasarkan produk kue kering anda kepada seluruh pengguna Facebook, coba anda bayangkan bila pengguna Facebook ada 10 Milyar, berarti produk yang anda pasarkan melalui Facebook akan di lihat 10 Milyar orang seluruh dunia. Bukan mustahil nanti nya produk kue kering anda akan habis laku terjual.Promosi juga bisa mengandalkan aplikasi chatting saat ini seperti BBM atau Whatshapp, promosi menggunakan aplikasi chatting ini sangat lah minim modal namun informasi penjualan produk tersebut dapat langsung di broadcast ke seluruh teman dan keluarga yang sudah ada di daftar akun anda.

Solusi lain untuk memasarkan produk kue kering anda yaitu dengan membuatkan sebuah website toko online kue kering, dimana website tersebut akan berisi katalog lengkap tentang kue kering beserta dengan penjualan via pemesanan pun ditangani oleh sistem, memang untuk biaya pembuatan serta perawatan cukup mahal pembuatan website toko online, namun hal tersebut juga sebagai bukti kepada masyarakat bahwa anda memang serius membuka bisnis kue kering tersebut secara profesional yaitu dengan menunjukan website resmi perusahaan anda(Toko online kue kering).

Kesimpulan

Seperti itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan apa bila ingin membuka bisnis kue kering online lebaran, sebenarnya memasarkan dan menjual kue kering tidak harus via online melalui offline dengan promosi ke toko swalayan, toko klotong dan di pasar tradisional juga sangat efektif meningkatkan penjualan kue kering tersebut. Sekian artikel strategi cerdas bisnis kue kering online, terimakasih.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook4Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *