Strategi Cara Bisnis Catering Laris Pelanggan

Cara Bisnis Catering – Bisnis catering saat ini memang sudah banyak saingan, tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah besar bagi bisnis jenis jasa boga satu ini. Bisnis catering sebenarnya jauh lebih praktis dari pada membuka usaha warung makan, karena pada bisnis catering tidak memerlukan lokasi yang strategis untuk menjual produk produk makanan anda. Tetapi tidak sembarangan anda dapat membuka bisnis catering ini tanpa pengalaman, tetaplah anda harus mengerti cara bisnis catering tersebut agar bisnis anda semakin maju sehingga menghasilkan laba yang besar.

Makan merupakan salah satu kebutuhan yang tidak dapat digantikan atau dalam ekonomi disebut dengan kebutuhan primer, sehingga bisnis catering pun memiliki banyak peluang dan tidak pernah sepi pembeli. Selain modal materi, dalam bisnis catering anda harus memiliki kemampuan memasak yang baik (belajar masak bagi pemula), hal tersebut merupakan komponen penting dalam sukses bisnis catering tersebut. Selanjutnya anda tentukan harga yang bersahabat dan terjangkau, dengan begitu bisnis catering anda akan selalu dibanjiri oleh pesanan dari pelanggan setia anda.

Cara Bisnis Catering
Ilustrasi : Cara Bisnis Catering

Sebenarnya banyak sekali peluang usaha kuliner diluar sana, diantaranya bisnis cafe sederhana, warung makan dan bisnis catering itu sendiri. Diantara ketiga jenis usaha di atas hanya bisnis catering lah yang merupakan bisnis yang praktis dan tidak memerlukan modal yang besar. Lagi pula target penjualan usaha catering rumahan ini cukuplah besar seperti daerah perkantoran, sekolahan, hingga orang orang yang memiliki hajat atau acara pribadi seperti pernikahan, ulang tahun dan khitan

Usaha catering rumahan ini termasuk salah satu dalam bisnis rumahan yang telah di jelaskan dalam artikel rahasia contoh bisnis rumahan yang sukses. Bisnis catering sendiri sebenarnya tidak memerlukan tempat atau lokasi yang strategis dalam melakukan pemasaran produk anda, cukup mengetahui teknik pemasaran produk yang efisien sehingga produk menu catering anda akan laris pelanggan.

Memang bisnis catering tidak memerlukan lokasi yang strategis, tetapi bila anda tertarik membuka bisnis catering secara profesional maka ada baik nya memiliki lokasi yang dijadikan pemasaran bisnis catering anda, karena hal tersebut dapat menjadi salah satu kategori penentu keberhasilan. Dengan Memiliki lokasi yang strategis, sehingga masyarakat luas dapat menjangkau bisnis catering anda merupakan salah satu kelebihan dan penentu keberhasilan dari bisnis catering.

Bisnis catering memiliki banyak keuntungan bila anda menekuni bisnis kuliner satu ini. Kali ini temakita akan memberikan beberapa tips bisnis catering yang bermanfaat bagi anda yang ingin memulai bisnis kuliner tersebut sehingga dapat mencapai keseuskesan seperti yang sudah anda impikan. Berikut adalah cara bisnis catering untuk pemula :

Usaha Catering Rumahan Dengan Membuka Wawasan Kuliner

Indonesia memiliki banyak suku, budaya dan kuliner, dengan begitu setiap daerah memiliki ciri khas masakan yang berbeda beda sesuai dengan citra rasa dan selera pada daerah tersebut. Tidak ada salah nya bila anda mencoba untuk mencari referensi menu makanan apa saja yang disukai pada daerah tersebut. Jangan sampai anda membuka usaha catering rumahan menjual menu makanan yang asing di lidah masyarakat sekitar, karena hal tersebut akan berpengaruh dengan penghasilan yang anda dapatkan.

Untuk mencari referensi menu makan apa saja yang disukai masyarakat anda dapat mencari informasi tersebut di Internet, survey langsung ke lokasi sekitar atau anda dapat membeli dan mempelajari sendiri dari buku buku referensi menu masakan yang di jual bebas di toko buku di kota anda. Terus lah berlatih dalam menciptakan menu masakan yang enak dan digemari oleh pelanggan, lebih baik pelajari sedikit menu masakan tetapi anda benar benar menguasai membuat produk tersebut, ketimbang anda belajar banyak menu masakan tetapi menu tersebut tidak mengena di rasa atau pun tidak sesuai dengan selera masyarakat. Modifikasi setiap menu makanan yang anda pelajari untuk lebih baik lagi dengan inovasi dan kerja keras menemukan formula yang sempurna.

Cara Bisnis Catering Rumahan Dengan Menyiapkan Modal

Setiap bisnis yang telah dijalani oleh orang hingga merasakan kesuksesan semua selalu membutuhkan modal untuk memulainya tidak terkecuali bisnis catering satu ini. Memang banyak beredar kabar dari beberapa pengamat bisnis mengatakan bahwa bisnis kuliner harus membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk memulai nya. Hal tersebut memang benar ada nya, semua itu tergantung anda dapat manajemen perusahaan yang baik, bukan nya semua bisnis selalu membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit untuk mengapai visi dan misi perusahaan, kalau tidak mulai dari sekarang atau takut memulai, kapan bisnis sukses dalam berwirausaha kuliner.

Modal awal membuka bisnis catering ini diperkirakan kurang lebih dua sampai lima juta, bagi anda seorang pemula yang ingin mencoba bisnis catering, maka modal kurang lebih segitu dirasa sudah cukup, nantinya modal tersebut akan terus berkembang saat anda telah mendapatkan keuntungan usaha catering tersebut. Supaya modal awal anda tidak terlalu besar dalam membiayai usaha catring rumahan ini maka dapat di tekankan dengan menggunakan bahan bahan atau alat dapur dari rumah.

Cara Bisnis Catering Online Dengan Promosi

Promosi produk merupakan salah satu terpenting dalam bisnis, sebaiknya anda lakukan promosi produk secara offline dan online supaya mendapatkan hasil yang maksimal untuk menjaring pelanggan. Promosi offline dapat anda lakukan dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut, brosur, spanduk dan siaran via radio. Sedangkan promosi secara online dapat anda lakukan dengan memaksimalkan sosial media, aplikasi chatting, bila ingin lebih profesional tidak ada salah nya anda memesan pembuatan website company profile untuk usaha catering anda.

bisnis plan catering makanan
Ilustrasi : bisnis plan catering makanan

Pentingnya anda melakukan strategi pemasaran pada usaha catering anda, darimana orang paham bila anda memiliki usaha catering bila anda tidak melakukan promosi kepada masyarakat. Setelah sudah mulai banyak pelanggan memesan catering, maka sebaiknya berikan promo promo pada menu makanan anda, dengan begitu pelanggan akan merasakan senang untuk berlangganan catering di tempat anda. Bukan menjadi hal yang tidak mungkin bila usaha catering anda akan meluas ke berbagai daerah dan menjadi terkenal, bila sudah begitu anda akan terbantu dengan sendiri nya promosi oleh pelanggan anda sendiri.

Bisnis Plan Catering Makanan Tentukan Harga

Faktor terakhir yang perlu anda perhatikan adalah masalah harga dari menu makanan pada bisnis catering anda. Mungkin tidak masalah bila anda menentukan harga catering yang mahal kepada pelanggan anda bila perusahaan anda sudah mimiliki nama besar dan kualitas yang tidak perlu diragukan. Sebaiknya bila anda masih pemula pada bisnis catering ini tidak ada salah nya untuk menentukan harga catering yang terjangkau dan bersahabat.

Menentukan harga sebenarnya bisa dikatakan susah susah mudah, tergantung pasar yang anda targetkan untuk bisnis catering ini. Misal saat anda membuka bisnis catering di tengah kota atau perumahan orang kaya maka tidak masalah bila menetapkan harga yang cukup tinggi tetapi tetap di iringi dengan kualitas menu produk yang bagus. Sedangkan bila anda membuka bisnis catering di daerah sekolah atau didaerah pedesaan seperti yang telah dijelaskan pada artikel bisnis menguntungkan di desa dengan modal kecil maka jangan sekali kali menentukan harga yang tinggi, bisa bisa calon konsumen enggan untuk mencoba masakan pada bisnis catering anda.

Kesimpulan

Cukup sekian artikel tentang cara bisnis catering, semoga bermanfaat bagi anda. Tetap selalu semangat untuk berbisnis apa lagi masih pemula harus banyak bersabar dan terus perbanyak belajar dari para pesaing atau pun dari berbagai referensi di sekitar anda, Terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *