Rahasia Manfaat Buah Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kolang Kaling – Diantara kita mungkin sudah pernah makan buah kolang kaling, rasa nya yang enak seperti kenyal dan segar mengandung banyak manfaat di dalam nya, namun apa manfaat buah kolang kaling tersebut?. Tidak banyak masyarakat yang mengetahui manfaat buah kolang kaling bagi kesehatan. Patut nya kita harus mengerti khasiat buah kolang kaling tersebut, tidak hanya mengetahui rasa nya saja yang enak namun paling tidak mengetahui sedikit manfaat buah kolang kaling tersebut.

Dibalik bentuk buah kolang kaling yang loncong kenyal serta berwarna putih menyimpan banyak sekali manfaat buah kolang kaling bagi kesehatan. Di tambah lagi buah kolang kaling mengandung banyak air di dalam nya sehingga menambah daya tarik sendiri terhadap buah yang dihasilkan oleh salah satu pohon palma dari keluarga tumbuhan Arecacea yaitu pohon aren atau enau. Buah kolang kaling ini sering kali di jual di pasar pasar tradisional hingga pasar modern.

manfaat buah kolang kaling bagi kesehatan
Ilustrasi : manfaat buah kolang kaling bagi kesehatan

Lantaran rasa nya yang unik dan enak, maka buah kolang kaling tersebut sering digunakan sebagai bahan makanan sehari hari, seperti minuman kolak, campuran es campur dan manisan. Oleh sebab itu buah kolang kaling ini mudah di temukan saat bulan puasa ramadhan, dimana pada waktu ramadhan biasa nya para konsumen dengan busana yang bagus seperti baju gamis couple keluarga sedang mencari makan kecil dan minuman manisan yang digunakan untuk berbuka puasa.

Kandungan Buah Kolang Kaling

Setelah barusan kita menjelaskan beberapa kenikmatan rasa buah kolang kaling, maka kurang lengkap apabila tidak mengetahui apa kandungan buah kolang kaling tersebut. Buah kolang kaling terkenal dengan buah yang memiliki kadar air yang dirasa sangat tinggi yaitu mencapai 93% dari total keseluruhan. Selain air yang cukup banyak yang terdapat pada buah kolang kaling, biji kolang kaling juga memiliki kandungan protein sebesar 0,69 gram, serta terdapat kandungan karbohidrat kurang lebih 4 gram. Kandungan lain nya pada buah kolang kaling tersebut diantara nya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin c, potassium, kalsiun, zat besi dan juga gelatin.

Bentuk buah kolang kaling yang khas dengan tekstur yang unik, sehingga cocok digunakan sebagai pelengkap es buah. Selain rasa nya yang lezat serta bentuk nya menarik, buah kolang kaling memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, seperti di dalam buah kolang kaling terdapat kandungan mineral di antara nya iron, kalsium, protasium dimana kesemua zat tersebut berguna memperlancar proses metabolisme serta membuat tubuh menjadi sehat dan segar.

Cara Mengolah Buah Kolang Kaling

Seperti yang telah di jelaskan diatas buah kolang kaling memiliki rasa yang nikmat, karena hampir seluruh kandungan nya terdiri dari mineral. Buah kolang kaling sangat cocok di konsumsi saat berbuka puasa, oleh sebab itu sangat banyak para pedagang minuman manisan saat bulan ramadhan menggunakan buah kolang kaling sebagai salah satu toping nya. Cara mengolah buah kolang kaling pun tidak susah yaitu :

  1. Rendam lah buah kolang kaling di air mentah
  2. Ketika buah kolang kaling di rendam, buah kolang kaling akan mengeluarkan lendir
  3. Untuk menghilangkan lendir pada buah kolang kaling yaitu dengan cara mencuci buah kolang kaling secara berulang ulang sampai lendir nya hilang
  4. Apabila ternyata buah kolang kaling yang anda beli memiliki bau asam, maka untuk menghilangkan nya dengan cara di rendam di cucian beras selama beberapa menit
  5. Apabila anda ingin membuat buah kolang kaling yang berbau harum dan lebih empuk maka setelah membersihkan buah kolang kaling di rebus di air yang mendidih dengan di tambahkan daun pandan dan daun jeruk purut

Manfaat Buah Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Buah kolang kaling memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh, tentu nya manfaat buah kolang kaling tersebut karena di dukung oleh berbagai kandungan di dalam nya yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut ini adalah beberapa manfaat buah kolang kaling bagi kesehatan oleh temakita :

  1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Kaya akan kandungan mineral di dalam buah kolang kaling sangat bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan, selain itu buah kolang kaling terdapat kandungan serat yang cukup tinggi yaitu kisaran 33%. Dimana serat tersebut memiliki fungsi utama sebagai memperlancar sistem pencernaan. Bagi anda yang memiliki masalah dengan susah nya buang air besar, maka mengkonsumsi buah kolang kaling merupakan salah satu solusi yang baik dan sehat. Cara nya cukup konsumsi buah kolang kaling sebanyak 5 hingga 10 butir setiap hari nya untuk memperlancar pencernaan.

  1. Manfaat Buah Kolang Kaling Untuk Tulang

Banyak istilah yang menyatakan bahwa tulang yang sehat merupakan tulang yang kuat, bila berbicara tentang kesehatan tulang maka identik dengan susu sehat sebagai solusi mendapatkan tulang yang sehat. Namun tidak semua susu memiliki kalori yang rendah terkadang kebanyakan susu memiliki jumlah kalori yang tinggi sehingga menyebabkan terjadi kegemukan, terlebih lagi apa bila anda jarang melakukan olah raga secara teratur.

Buah kolang kaling memiliki kandungan kalsium, yang dimana kalsium dapat membantu mendapatkan tulang yang sehat. Dari sebuah penelitian menyatakan dari 100 gram kolang kaling terdapat setidak nya 91 mg kalsium didalam nya, sedangkan untuk susu murni terdapat 125 mg kalsium. Jadi apa bila anda takut untuk mengkonsumsi susu karena gemuk, maka mengkonsumsi buah kolang kaling merupakan solusi alternatif yang mungkin dapat anda coba.

  1. Manfaat Buah Kolang Kaling Untuk Diet

Kandungan buah kolang kaling yang lengkap, seperti setiap 100 gram kolang kaling mengandung 91 mg kalsium, 4 gram karbohidrat, kadar abu 1 gram, serat kasar 0.95 gram, 0.69 gram protein dan kadar air yang mencapai hingga 94 persen. Tidak hanya kandungan kandungan tersebut saja melainkan kandungan gelatin yang cukup akan membuat kenyang siapa saya yang mengkonsumsi nya sehingga nafsu makan yang berlebih akan sedikit berkurang, tentu hal tersebut cocok bagi anda yang sedang menjalani program diet sehat.

  1. Manfaat Buah Kolang Kaling Untuk Radang Sendi

Bagi anda yang sedang mengalami pegal pegal pada salah satu atau beberapa sendi anda kemungkinan anda terkena radang sendi. Pada buah kolang kaling terdapat kandungan zat galaktoman yang dimana zat tersebut berguna untuk membantu mengurangi bahkan mengobati rasa nyeri atau sakit pada persendian. Disarankan bila anda sedang terkena penyakit radang sendi maka sebaiknya konsumsi lah kolang kaling secara rutin sebagai upaya dalam proses penyembuhan, cara nya cukup mudah untuk mengkonsumsi buah kolang kaling tersebut, cukup anda rebus dan minum air rebusan nya.

  1. Manfaat Buah Kolang Kaling Untuk Perut

Manfaat buah kolang kaling yang terakhir adalah dimana buah kolang kaling dapat mengobati masalah perut. Lebih lebih sebentar lagi akan memasuki musim panas, biasanya saat musim panas kita sering yang mengalami nama nya dehidrasi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh kita yaitu dengan mengkonsumsi cairan. Seperti yang sudah di jelaskan diatas buah kolang kaling mengandung mineral yang cukup tinggi sehingga dapat mencukupi kebutuhan pencernaan dan juga beberapa penyakit perut lain nya.

Kesimpulan

Seperti itulah beberapa ulasan informasi yang dapat di berikan seputar kandungan dan manfaat buah kolang kaling bagi kesehatan, biar pun dari bentuk buah kolang kaling seperti tidak memiliki manfaat ternyata didalam nya mengandung banyak manfaat yang sangat berguna untuk menyehatkan tubuh. Sekian artikel tentang manfaat buah kolang kaling bagi kesehatan, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *