Rahasia Cara Cepat Untuk Tidur Berkualitas

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Cara Cepat Untuk Tidur Berkualitas –  Mungkin tidak semua orang dapat tidur cepat dikarenakan sesuatu dan kebanyakan dari mereka tidak tahu cara cepat tidur sehingga tidur menjadi kurang berkualitas. Bila kita termasuk orang yang beriman  kepada Tuhan, sebaiknya kita harus tahu dan selalu menerapkan doa agar cepat tidur. Cara cepat tidur malam dan cara cepat tidur siang hari memiliki perbedaan kondisi dan penerapan nya agar tidur anda berkualitas.

Tidur yang sehat akan mempengaruhi kesehatan tubuh anda, saat tidur seluruh organ tubuh beristirahat bukan beristirahat bekerja melainkan seluruh organ tubuh melakukan relaksasi sehingga tubuh yang pertamanya capek akan segera pulih segar kembali saat bangun tidur. Ada beberapa orang yang mengalami susah tidur dikarenakan sesuatu hal yang membuat dia tidak dapat tidur dengan semestinya sehingga membuat orang tersebut bingung bagaimana Cara cepat untuk tidur?

Cara Cepat Untuk Tidur
Ilustrasi : Cara Cepat Untuk Tidur

Tidur manusia sebenarnya dilakukan 2 kali yakni saat siang hari dan malam hari, tetapi dengan tuntutan kerja pada era globalisasi(Fakta Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi) dan pendidikan yang padat sebagian besar orang kesulitan untuk tidur pada siang hari. Tidur siang hari yang sehat adalah dengan rentang waktu antara 2-3 jam dan di rekomendasikan para ahli tidur sekitar jam 1 sampai jam 3 sore. Untuk tidur di malam hari yang sehat adalah dengan kurang lebih 7-8 jam dan dilakukan dengan rentang waktu jam 9 malam sampai dengan jam 5 pagi atau subuh, dengan waktu tersebut baru dikatakan tidur yang sehat. Saat kita ingin tidur siang atau pun tidur malam, tiba-tiba kita kesulitan untuk tidur dikarenakan sesuatu hal, berikut cara cepat untuk tidur :

  1. Mulailah Membaca Doa Dan Niatkan Dalam Hati

Kekuatan doa sungguh luar biasa dan jangan pernah remehkan kekuatan doa tersebut karena dengan berdoa tersebut kita sudah memantapkan niat kita untuk segara tidur dan yakin akan bangun sesuai jam yang diinginkan. Berdoa lah sebelum anda tidur malam dengan doa yang sudah diajarkan oleh masing-masing agama. Berdoa lah kepada Tuhan dan memintahlah kepada Tuhan  untuk segera ditidurkan dengan nikmat dan ingin bangun tidur sesuai jam yang diinginkan, niscaya doa anda akan terkabulkan asalkan dengan niat yang tulus dan tekad yang kuat.

Pelajari lah doa agar cepat tidur sesuai dengan agama anda masing masing, tentunya doa yang dianjurkan pada agama jauh lebih baik ketimbang doa yang menggunakan bahasa kita sehari-hari, tetapi bila dikarenakan sesuatu hal kondisi yang tidak memungkinkan, maka tidak masalah berdoa yang kita ketahui, apa pun doa kita kepada Tuhan, selagi itu positif maka kita akan mendapatkan kebaikan didalam nya, karena pada dasar nya semua doa itu baik.

  1. Mematikan Lampu Saat Tidur

Kualitas tidur anda akan sangat buruk apa bila anda menyalakan lampu saat tidur malam maupun tidur siang seperti yang pernah dibahas oleh temakita, dampak negatif dengan lampu menyala akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang mematikan. Bila anda seorang yang pobia dengan kegelapan maka ajak lah teman tidur anda disamping anda untuk menemani dan tidur bersama dengan anda.

Dengan cara mematikan lampu saat tidur sama hal nya anda telah meningkatkan kualitas tidur anda sehari hari, bila anda belum terbiasa maka sesegera mungkin anda biasakan tidur dengan lampu mati. Ada manfaat lampu dimatikan saat tidur yaitu kita bermaksud baik untuk gerakan hemat listrik yang telah di berikan penyuluhan pemerintah.

  1. Gunakan Bantal Dan Kasur Yang Nyaman

Peralatan tidur cukuplah berpengaruh besar dengan kualitas tidur kita, jangan diremehkan menggunakan kasur yang tipis atau pun bantal yang keras, akan mengakibatkan tubuh anda tidak nyaman saat tidur dan akan mempengaruhi sedikit banyaknya kualitas tidur anda.

Menggunakan alat tidur yang tidak mendukung seperti bantal yang keras dan kasur yang tipis, ternyata dapat menimbulkan berbagai penyakit terlebih lagi seprai pada kasur anda jarang untuk di cuci, beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan karena peralatan tidur yang tidak mendukung :

  • Merasakan Sakit Pada Pinggang dan punggung
  • Merasakan Sakit pada leher menjadi kaku dan tidak enak setelah bangun tidur
  • Bila kasur anda tidak bersih maka tidak heran bila anda akan terkena penyakit kutu busuk atau gatal gatal yang tidak kunjung berhenti bila tidak diperiksakan di dokter
  • Dapat menimbulkan penyakit kulit herpes di sebabkan virus
  • Salah satu memicu jerawat Pada Muka
  • Menimbulkan panu pada kulit yang disebabkan lembab nya alat tidur
  1. Sebelum Tidur lakukan lah hal yang bermanfaat

Terkadang seseorang susah tidur dipengaruhi oleh pikiran yang tidak baik, maka sebelum tidur alihkan perhatian anda dengan melakukan hal yang bermanfaat seperti membaca buku, membaca artikel dan menulis sebuah catatan, lakukan hal ini dalam waktu 20-30 menit. Dengan melakukan hal yang bermanfaat maka anda akan merasa lelah dan secara tidak sengaja anda akan melupakan pikiran buruk tersebut sehingga anda akan tertidur pulas.

Ingat jangan sekali-kali tidur disebelah ponsel anda karena radiasi ponsel anda dapat mempengaruhi kesehatan anda. Hindari bermain game saat sebelum tidur apa lagi yang memberikan dampak penasaran yang tinggi atau dapat disebut game adiktif, bila anda bermain game sebelum tidur maka tidak heran bila anda akan terkena dampak insomia atau kondisi untuk sulit tidur.

  1. Hindari Olah Raga Keras

Olah raga memang sebuah aktivitas yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, menjaga kebugaran dan menghindari berbagai penyakit yang berbahaya. Olah raga berat yang dilakukan saat sebelum tidur membuat sebagian orang bisa segar dan dapat menenangkan pikiran. Untuk menghindari sulit tidur dikarenakan tubuh yang segar, maka sebaiknya digantikan dengan beberapa alternatif cara relaksasi yang menenangkan diri, seperti melakukan membaca buku, yoga dengan pengaturan nafas yang baik dan benar, mendengarkan musik dan air hangat adalah beberapa alternatif yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

  1. Hindari Minum Kopi

Minuman kopi merupakan salah satu minuman favorit orang di dunia khusus nya di Indonesia. Kopi memiliki citra rasa yang khas dan enak sehingga mudah untuk mendapatkan posisi di hati pencinta kuliner khusus nya minuman. Kopi memiliki kandungan kafein dimana kefein tersebut memiliki manfaat baik dan efek samping untuk kesehatan tubuh. Salah satu efek samping kelebihan kafein adalah susah tidur biarpun dapat tidur sesaat mengkonsumsi kafein, tidur seseorang tidak cukup dikatakan berkualitas.

  1. Hindari Makan Sebelum Tidur

Cara cepat tidur malam yang selanjutnya adalah jangan makan makanan berat sebelum tidur. Makan yang berat akan membuat organ pencernaan anda bekerja lebih keras, sehingga membuat sebagian besar makan yang telah dikonsumsi menjadi timbunan lemak dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan obesitas dan memicu timbul nya penyakit diabetes. Disarankan untuk makan malam tidak lebih dari jam tujuh malam, karena saat makan diatas jam 7 malam seseorang jarang melakukan sebuah aktivitas sehingga makan yang dikonsumsi menjadi lemak.

Mengkonsumsi makan yang berat saat sebelum tidur akan membuat anda akan susah untuk tidur, jika dirasa anda merasa lapar saat malam hari sebaiknya konsumsi lah makanan kecil yang menyehatkan tubuh seperti sereal, susu dan biskuit. Dengan makan makan kecil akan membuat tubuh anda menjadi lebih relaksasi, sehingga akan membantu anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Kesimpulan

Menjadi masalah klasik seseorang susah untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, dengan mengetahui cara cepat tidur malam dan cara cepat tidur siang maka sama hal nya anda telah berusaha mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak. Sekian artikel tentang Cara Cepat Untuk Tidur, semoga bermanfaat bagi para pembaca terimakasih.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *