Penyebab Dan Gejala Penyakit Psoriasis Pada Kulit

Gejala Penyakit Psoriasis Pada Kulit – Penyakit psoriasis adalah penyakit peradangan kulit menahun yang di tandai dengan beberapa ruam merah pada kulit, kulit terkelupas, kulit menebal, bersisik dan kulit terasa kering, tidak hanya itu saja penyakit psoriasis pada kulit biasanya membuat penderita nya merasakan gatal dan perih pada sekitar kulit yang terkena penyakit psoriasis. Penyakit psoriasis pada kulit bisa menyerang seluruh bagian tubuh, tetapi beberapa bagian tubuh yang sering terkena penyakit psoriasis adalah bagian bawah lutut, kulit kepala dan sikut.

Gejala Penyakit Psoriasis Pada Kulit

Bila berbicara tingkat parah pada penyakit psoriasis ini sendiri dapat dikatakan berbeda beda dan intensitasnya dapat berubah sewaktu waktu. Sebenarnya penyakit psoriasis ini sendiri terdapat gejala penyakit psoriasis pada kulit ringan atau bahkan tidak sama sekali terdapat gejala dalam kurun waktu tertentu, Namun kemudian gejala nya bisa semakin parah hingga mengganggu kenyamanan dari penderita penyakit psoriasis.

penyebab penyakit psoriasis
Ilustrasi : penyebab penyakit psoriasis

Untuk penyakit psoriasis ini sendiri setiap penderita nya berbeda beda gejala, hal tersebut dikarenakan penyakit psoriasis tersebut memiliki banyak jenis, namun secara umum gejala penyakit psoriasis pada kulit diantaranya oleh tamakita:

  • Beberapa sendi mengalami rasa linu dan terlihat membengkak dan kaku.
  • Terlihat dengan jelas kulit pecah pecah, bahkan bisa mengalami pendarahan ringan.
  • Kuku mengalami menebal dengan tekstur tidak rata
  • Bagian kulit yang terkena penyakit psoriasis akan terlihat merah, bersisik dan tebal.

Penyakit psoriasis ini sendiri merupakan penyakit yang memiliki banyak jenis nya, jenis psoriasis ini di sesuaikan dengan gejala yang dialami penderita psoriasis, namun ada beberapa jenis penyakit psoriasis  yang sering di temui seperti psoriasis plak, psoriasis pada kuku, dan banyak sebagai nya berikut ini adalah beberapa gajala dan ciri penyakit psoriasis sesuai dengan jenis penyakit psoriasis:

  1. Psoriasis Plak
Gejala Penyakit Psoriasis Pada Kulit
Ilustrasi : Gejala Penyakit Psoriasis Pada Kulit

Jenis penyakit psoriasis plak adalah jenis yang paling umum di temui. Jenis psoriasis ini sering nya menyebabkan ruam bahkan terlihat seperti luka kering, merah, bersisik pada kulit oleh karena itu di sebut dengan psoriasis plak. Plak plak pada penyakit psoriasis ini sangat gatal atau perih dan plak ini dapat muncul pada kulit bagian tubuh mana saja, terutama yang paling sering muncul nya pada bagian kulit lutut, kulit kepala, dan siku. Bila tingkat parah dari jenis psoriasis plak ini sudah cukup tinggi maka dapat menyebabkan kulit sekitar sendi akan pecah pecah dan mengeluarkan darah.

  1. Psoriasis Kuku

Untuk penderita psoriasis kuku biasanya akan muncul gejala berupa :

  • Kuku akan terkelupas dengan sendiri nya bahkan ada beberapa yang sampai hancur.
  • Pertumbuhan kuku yang abnormal.
  • Cekungan cekungan kecil yang muncul pada kuku.
  • Mengalami perubahan pada warna kuku.

Sebenarnya para pengidap penyakit psoriasis ini sering mengalami gejala penyakit psoriasis pada kulit ini pada kuku mereka.

  1. Psoriasis Kulit Kepala

Jenis psoriasis pada kulit kepala menyebabkan muncul nya sisik sisik halus yang teramat gatal pada sebagian bahkan tidak jarang terjadi pada seluruh bagian kulit kepala. Pada kasus yang sudah parah jenis psoriasis kulit kepala ini terjadi rontok pada rambut mereka, walaupun hal tersebut terjadi hanya untuk sementara. Ruam ruam yang terjadi dapat melebar atau menjalar ke bagian kulit kepala lainnya hingga melewati garis rambut. Bagian bagian kulit yang terkelupas karena psoriasis terlihat berwarna putih seperti ketombe rambut.

  1. Psoriasis Kulit Inversi

Jenis psoriasis yang satu ini menyebabkan ruam merah yang terasa halus pada bagian bagian tubuh yang memiliki lipatan seperti ketiak. Bahaya nya jenis psoriasis ini dapat bertambah parah apabila akibat gesekan dan keringat terjadi pada tubuh lipatan tersebut. Seperti yang anda ketahui jenis psoriasis ini menyerang bagian tubuh yang terdapat lipatan seperti ketiak, selangkangan, belahan bokong, dan di bawah payudara.

  1. Psoriasis Kulit Pustular

Mungkin untuk jenis psoriasis satu ini lebih ekstrim dari jenis psoriasis lainnya, karena dapat menyebabkan ruam merah yang amat perih akhirnya melepuh dan didalam nya akan keluar banyak nanah atau darah busuk. Ruam yang di sebabkan oleh jenis psoriasis pustular dapat terjadi di seluruh bagian tubuh atau di beberapa bagian tubuh tertentu misal di berkelompok ditangan, ujung jari, kaki dan banyak lainnya.

Lebih buruk nya adalah penyakit psoriasis jenis pustular dapat menyebabkan demam, menggil, gatal luar biasa dan mengalami penurunan berat badan, pada penderita nya dengan di iringi dengan menyebar nya ruam di seluruh tubuh. Sementara itu lepuhan nanah yang muncul di telapak tangan dan kaki akan berubah menjadi koreng yang kemudian mengelupas tapi sebelum nya kembali muncul dalam beberapa hari sampai satu minggu. Sampai sampai gejala tersebut muncul pada tangan dan jari kaki, bekas lepuhan nanah tersebut dapat menyebabkan kelainan kuku yang terasa perih.

Penyebab Penyakit Psoriasis

Sampai saat ini penyebab penyakit psoriasis ini sendiri masih belum lah pasti, penyakit psoriasis tidak lah menular dan di duga oleh para dokter dan peneliti memiliki dasar penyebab penyakit autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel kulit yang sehat, dari penyataan tersebut sudah cukup menjawab dari beberapa pertanyaan teman teman bahwa penyakit kulit psoriasis apakah menular. Saat terserang penyakit dari luar, sel yang semestinya melawan infeksi, sel sel kulit melakukan menggandakan diri dengan cepat sehingga mengalami penebalan pada si penderita psoriasis. Namun sampai saat ini belum ada kepastian kenapa sistem kekebalan tubuh dapat mengalami kinerja yang salah, tetapi para peneliti penyakit ada pengaruh yang besar terhadap lingkungan dan gen pada manusia tersebut.

Pada kondisi normal tubuh manusia, tubuh akan memproduksi dan mengganti sel sel kulit mati hanya dalam beberapa minggu saja, namun hal tersebut tidak berlaku pada penderita psoriasis yang melakukan penggantian kulit hanya dalam hitungan hari sehingga terjadilah penumpukan sel sel mati yang akhir nya jadi menebal dan berwarna merah, mengelupas dan bersisik. Jangan salah juga loh ternyata faktor keturunan juga bisa menyebabkan terkena penyakit psoriasis, bahkan memiliki resiko yang cukup tinggi. Biasanya seseorang yang mengalami penyakit psoriasis memiliki predisposisi genetik yang cukup tinggi.

Penderita penyakit predisposisi dapat melakukan tindakan pencegahan yaitu dengan mencari tahu dan menghindari faktor yang menyebabkan psoriasis, oleh karena itu penting nya anda mengetahui faktor pemicu dari psoriasis, berikut adalah pemicu penyebab penyakit psoriasis :

  • Cidera pada kulit yang disebabkan oleh tergores, gigitan pada serangga atau terbakar oleh sinar matahari.
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol yang berlebih.
  • Mengkonsumsi obat obatan tertentu, misal litium, obat obatan tekanan darah tinggi, serta beberapa obat antimalaria.
  • Mengkonsumsi rokok tembakau atau pun rokok elektrik.
  • Terkena obesitas.
  • Stres yang berlebih.
  • Terjadinya tidak normal sistem kekebalan tubuh, misal nya mengidap penyakit HIV.
  • Perubahan pada hormon, yang khusus nya pada wanita saat mengalami menopause atau haid.
  • Mengalami infeksi tenggorokan, Psoriasis gutata yang dapat menyerang anak anak dan remaja terkadang terlihat setelah mengidap atau mengalami infeksi tenggorokan.

Kesimpulan

Dirasa cukup berbahaya terkena penyakit psoriasis pada kulit, oleh sebab itu kita harus memperhatikan kesehatan dan kebersihan tubuh kita dengan melakukan pola hidup sehat. Sekian artikel tentang  penyakit psoriasis itu apa dan penyebab penyakit psoriasis, sekian Terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *