Penyebab Dan Cara Menghilangkan Panu Alami Yang Membandel

Cara Menghilangkan Panu Alami – cara menghilangkan panu dengan alami tidak lah mudah, tetapi bukan tidak ada solusi untuk mengatasinya. Ada beberapa obat menghilangkan panu yang membandel baik dengan cara intensitas kasar atau dengan cara yang lebih halus. Maksud dari cara kasar tersebut adalah cara yang dapat menghilangkan panu menahun dengan cara cepat tetapi memiliki efek samping, sedangkan cara halus butuh sebuah usaha untuk menghilangkan panu tersebut tetapi dengan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Sebelum membahas cara menghilangkan panu alami sebaiknya anda harus paham dulu penyebab dari penyakit kulit panu tersebut dan tidak semua bercak bercak putih pada kulit identik dengan penyakit panu, karena ada beberapa penyakit kulit yang ditandai dengan bercak bercak putih seperti panu.

Cara Menghilangkan Panu Alami
Ilustrasi : Cara Menghilangkan Panu Alami

Panu atau dalam bahasa biologi disebut dengan versicolor adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur yang pada umum nya dialami oleh banyak orang. Penyakit panu disebabkan oleh jamur yang terdapat di kulit manusia, sering nya jamur ini menyerang pada bagian bagian leher, wajah, tangan, bahu, dan punggung.

Penyakit panu ini terkadang sering menjengkelkan bagi sang korban tidak jauh berbeda dari jerawat berikut artikelpenyebab jerawat yang membandel dan susah hilang, apa lagi bila panu timbul di tempat yang mudah terlihat oleh orang lain seperti di wajah dan leher. Hal ini dapat membuat korban penyakit panu akan mengalami penurunan rasa percaya diri, karena bertanda orang tersebut tidak memperhatikan kebersihan pada tubuh nya.

Nama jamur yang menyebabkan panu tersebut dalam bahasa biologi disebut dengan Candida Albicans. Dimana awal kemunculan panu ini terjadi ketika terlihat nya bercak bercak kecil yang ada dalam kulit, hal ini akan sangat berdampak buruk bila kita tidak segera menangani gejala jamur tersebut, bisa bisa panu tersebut semakin banyak ke area kulit tubuh lainnya. Panu juga dapat mengganggu kondisi kulit kita, apa lagi saat berkeringat biasanya area kulit yang terdapat panu akan terasa gatal gatal, menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Banyak nya produk yang dijual di berbagai swalayan dan apotek dengan berbahan kimia untuk menghilangkan panu. Memang produk produk tersebut dapat menghilangkan panu, masalah nya terkadang produk yang ada di pasaran tidak begitu cepat untuk mengatasi panu pada kulit, apa lagi produk produk tersebut berbahan kimia yang dimana bila menggunakan produk kimia terlalu sering memiliki efek samping yang tidak baik untuk kesehatan. Ada beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan panu di seluruh tubuh dengan efektif. Tetapi sebelum membahas obat menghilangkan panu yang membandel, kita bahas terlebih dahulu penyebab panu di badan dan penyebab panu di wajah:

  • Suhu udara yang lembab dapat menjadi faktor utama timbul nya panu. Anda tahu sendiri bukan, di Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi. Suhu lembab yang tinggi sehingga baju yang kita pakai akan merendam air dan menyebabkan timbul nya panu pada kulit badan.
  • Selain memiliki tingkat lembab yang tinggi, Indonesia juga memiliki kondisi suhu yang panas, apa lagi saat siang hari. Saat siang hari, matahari tepat di bawah kepala, juga dapat menyebabkan timbul nya panu. Panu juga dapat timbul karena suhu udara yang panas, sehingga mengakibatkan badan berkeringat, lalu keringat tersebut di serap oleh pakaian. Hal tersebut bila sering terjadi dapat memicu timbul nya panu.
  • Apa anda salah satu orang yang suka berganti ganti handuk mandi? bila iya, saat ini jauhi tindakan itu. Percaya atau tidak dengan sering melakukan gonta ganti handuk dengan teman atau saudara akan rentan tertular penyakit panu tersebut, karena penyakit panu dapat menular ke orang lain yang sebelum nya tidak terkena panu.
  • Sebuah gesekan juga penyebab panu, gesekan tersebut disebut dengan Fiksi trauma minor. Gesekan Fiksi trauma minor merupakan gesekan tubuh sesama kulit seperti pada bagian paha yang sering dialami oleh orang obesitas. Untuk mengatasi obesitas dapat baca juga artikel cara menurunkan berat badan cepat dan sehat.
  • Olah raga dengan tidak menjaga kebersihan tubuh dapat memicu timbul nya jamur dengan cepat, hal tersebut karena keringat yang dikeluarkan dari tubuh menyebabkan lembab bila mana pakaian yang dikenakan kurang memiliki ventilasi atau pertukaran udara yang tepat.

Cara Menghilangkan Panu Alami

Beberapa penyebab panu diatas adalah penyebab panu pada umum nya yang sering terjadi pada kulit kita, bila anda sudah terlanjur terkena penyakit panu ini maka tidak perlu khawatir karena temakita akan membantu anda mengatasi panu tersebut dengan berbagai cara menghilangkan panu:

Cara Menghilangkan Panu Dengan Bawang Putih

Bawang putih yang biasa nya dijadikan sebagai bahan dasar masakan ternyata dapat menghilangkan panu. Hal tersebut dikarenakan bawang putih memiliki kandungan alami yang dapat menghilangkan panu menahun. Kandungan bawang putih tersebut mempunyai senyawa anti-bakteri yang dapat menghilangkan jamur penyebab panu pada kulit. Cara menggunakan bawang putih untuk menghilangkan panu tradisional yaitu dengan :

  • Ambil lah satu siung bawang putih, lalu potong bawang putih tersebut menjadi dua bagian sama besar
  • Kemudian gosok lah bagian dalam pada bawang putih pada area yang terdapat panu, lakukan hal tersebut berkali kali sehingga membuat kulit menjadi kemerahan dan sedikit perih, tahan perih tersebut. Perih yang dirasakan merupakan tanda bawah bawang putih memberikan dampak baik untuk menghilangkan panu. Biarkan hingga panu tersebut hilang dengan sendiri nya.

Menghilangkan Panu di Seluruh Tubuh Dengan Lengkuas

Kandungan dalam lengkuas sangat efektif sebagai obat menghilangkan panu membandel, kandungan tersebut adalah amilum, flavonoid, kuersetin. Kandungan kandungan tersebut dipercaya dapat mengatasi penyakit panu secara alami yang disebabkan jamur dan bakteri. Bahkan menghilangkan panu dengan menggunakan lengkuas telah dilakukan pada jaman dulu oleh nenek moyang kita. Cara Menghilangkan Panu dengan lengkuas yaitu :

  • Ambil satu buah lengkuas, Belah lengkuas tersebut menjadi dua bagian
  • Oleskan area yang terdapat panu dengan menggunakan lengkuas pada bagian dalam yang tadi telah di potong
  • Direkomendasikan bila ingin cepat menghilangkan panu dengan alami makan taburi garam pada bagian luar belahan lengkuas tadi.
  • Gosok gosok lengkuas tersebut pada area kulit yang berpanu, hingga kulit mejadi merah dan terasa perih
  • Lakukan hal ini 3 kali dalam satu hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal menghilangkan panu di seluruh tubuh

Menghilangkan Bekas Panu di Wajah Dengan Jeruk Nipis Dan Belerang

Jeruk nipis memiliki kaya kandungan vitamin C dan mineral, dimana kandungan tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan dan membunuh bakteri serta jamur yang menjadi penyebab panu tersebut. Cara penggunaan jeruk nipis untuk menghilangkan panu dengan alami pun tergolong mudah yaitu dengan :

  • Tumbuk bahan belerang sampai halus secukup nya, lalu campur kan dengan perasan jeruk nipis yang telah disiapkan
  • Aduk secara merata kedua campuran tersebut, lalu oleskan ke area kulit yang terdapat panu.
  • Lakukan cara ini secara rutin minimal 2 sampai 3 kali dalam satu hari

Kesimpulan

Cara menghilangkan panu memang memerlukan waktu, kesabaran dan materi. Tetapi alangkah lebih baiknya kita menjaga agar terhindar dari penyebab panu sehingga dengan begitu kita akan terhindar dari panu selamanya yaitu dengan hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan. Sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Panu Alami, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *