Pengertian Dan Cara Pencegahan Demam Berdarah

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Pencegahan Demam – Demam berdarah bisa nya menyerang pada wilayah yang memiliki sanitasi yang buruk atau penduduk nya memiliki tindakan yang buruk terhadap menjaga kesehatan lingkungan. Wilayah yang menjadi sarang empuk bagi nyamuk penyebab demam berdarah ini biasa nya adalah di kota-kota yang padat penduduk atau istilahnya di kota-kota besar sekelas Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Biasanya negara-negara berkembang juga terjangkit penyakit ini seperti Indonesia adalah wilayah yang sering diserang permasalahan demam dengue.

Penyakit demam berdarah ini disebabkan oleh virus dengue kepada manusia melalui perantara nyamuk Aedes albopictus dan Aedes aegypti. Nyamuk-nyamuk tersebut tidak seperti nyamuk lainnya yang menyerang manusia pada malam hari, jenis nyamuk ini menyerang di pagi hari, siang, sampai sore hari menjelang petang.pencegahan demam berdarah, demam berdarah, pengertian demam berdarah, penyebab demam berdarah

Untuk jentik-jentik nyamuk aedes aegypti ini suka dengan air yang tenang seperti selokan, waduk, kolam hingga yang terdekat dengan kita yaitu bak kamar mandi. Biasanya media-media tersebut menjadi sarang bagi nyamuk untuk sarang berkembang biak dan menaruh bibit-bibit nya disana.

Baik sekarang bagaimana kita dapat menghindari penyakit mematikan ini? ya, tentu saja menghindari gigitan nyamuk yang berpotensi pembawa virus dengue yaitu nyamuk aedes aegypti tersebut. Sampai saat ini penelitian masih terus berlanjut untuk mencari obat dan vaksin penangkal penyakit berbahaya ini, itu berarti sampai saat ini belum ada vaksin nya tapi tenang saja penyakit ini bisa di hindari dengan cara pencegahan demam berdarah seperti oleh dirangkum temakita:

Cara Pencegahan Demam Berdarah

  1. Anda dapat berpakaian yang menutupi tubuh anda dari gigitan nyamuk penyebab virus dengue ini, tidak perlu berlebihan menggunakan pakaian, cukup guna kan baju dan celana panjang secara normal. Hindari telanjang bulat saat tidur, itu bisa berpotensi lebih besar terkena gigitan nyamuk.
  2. Menggunakan losion anti nyamuk yang beredar banyak di toko-toko direkomendasikan menggunakan losion yang mengandung N-diethylmetatoluamide didalamnya secara efektif. Dilarang keras digunakan pada bayi dalam penggunaan losion tersebut.
  3. Memasang penutup atau kelambu pada tempat tidur anda.
  4. Memasang semua jendela dengan kawat anti nyamuk.
  5. Pada semua media penyimpan air seperti bak mandi, lakukan menutup dan membalik bak tersebut ketika tidak dipakai ini untuk mencegah agar nyamuk tersebut tidak bersarang didalamnya.
  6. Membeli bubuk abate di toko dan sebar kan pada bak-bak mandi anda.
  7. Berkoordinasi dengan masyarakat sekitar untuk melakukan kegiatan gotong royong setiap minggu untuk membersihkan desa terutama genangan-genangan air tenang seperti selokan, bersihkan sampah-sampah nya di curigai sebagai tempat bersarang nya bibit-bibit nyamuk tersebut.
  8. Mensterilkan ruangan-ruangan yang ada dalam ruangan membasmi serangga nyamuk yang dapat dibeli di toko atau di apotek terdekat.
  9. Konsumsi lah vitamin untuk kekebalan tubuh, biasanya virus itu menyerang kekebalan tubuh kita sebelum masuk dan menyebar ke seluruh tubuh. Atau juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang meningkatkan kekebalan tubuh seperti buah sirsak

Nyamuk Aedes albopictus dan Aedes aegypti sangat lah berbahaya oleh karena itu disarankan untuk sering-sering menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungan kita demi pencegahan demam berdarah.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *