Peluang Usaha Bisnis Percetakan Modal Kecil

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Bisnis Percetakan – Di era modern seperti ini, sangat menuntut kebutuhan dengan penggunaan komputer sebagai kebutuhan primer. Dulu Komputer menjadi kebutuhan sekunder dikarenakan jaman dulu sekitar 90-an komputer adalah termasuk barang yang mewah sehingga harga yang mahal tersebut lah yang membuat komputer jarang dimiliki orang jaman tersebut. Tapi setelah jaman 2000an seterusnya harga komputer dapat terjangkau keuangan masyarakat Indonesia. Apa lagi Komputer saat ini menjadi kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan dengan semakin banyak software yang dapat menghasilkan uang tetapi ini terlepas dari pengguna software bajakan. Berbagai macam software tersebut adalah software design, software editor plus sdk untuk seorang programmer dan program lainnya. Sehingga masyarakat saat ini dapat melihat adanya prospek atau peluang usaha bisnis.peluang usaha percetakan,peluang bisnis percetakan,peluang usaha percetakan rumahan,peluang usaha percetakan modal kecil,peluang usaha percetakan undangan,peluang usaha percetakan digital

Bisnis percetakan jaman dulu masih belum lah praktis seperti saat ini masih menggunakan cara yang tradisional dan manual, tetapi dengan ada nya komputer semua pekerjaan manusia tersebut dapat di handle dan dipermudah dengan adanya komputer tersebut. Bila anda seorang yang ahli di bidang design atau pandai dibidang olah gambar sebaiknya anda dapat membuka usaha sebagai bisnis percetakan. Berikut adalah tips membuka usaha percetakan baik dengan modal atau pun dengan modal kecil:

Peluang Usaha Bisnis Percetakan – Lihat Peluang Sekitar

Sebelum anda memulai bisnis apa pun sebaiknya anda lihat dulu apa-apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Mungkin kalau dari segi peluang bisnis percetakan, apakah anda sering melihat masyarakat yang membutuhkan percetakaan untuk cetakan undangan atau percetakaan untuk membuat berbagai baliho-baliho untuk iklan dari sebuah perusahaan.

Anda dapat juga melihat peluang seperti mendekati instansi pemerintahan atau perusahaan swasta untuk jasa percetakaan form-form atau brosur instansi dengan format yang terlihat bagus dengan sentuhan sedikit design grafis. Tentunya dengan tampilan brosur atau berkas-berkas pemerintahan yang terlihat bagus akan membuat minat untuk bekerja lebih besar.

Bila anda memiliki kenalan seperti RT/RW anda dapat mempromosikan perusahaan, untuk membantu mereka untuk membuatkan surat-surat pada desa. Tentu itu dapat menjadikan peluang usaha tersebut.

Untuk tips yang pertama ini saya saran kan jangan memikirkan untung besar dulu beri harga miring kepada konsumen sehingga anda mendapatkan pelanggan tetap. Biarkan dulu mereka melihat bakat anda pada bidang usah design atau percetakaan.

Peluang Usaha Bisnis Percetakan – Jangan Pernah Menolak Order

Ketika perusahaan anda sudah terkenal akan kemampuan anda yang dapat diandalkan. Diharapkan menjaga konsistensi keberhasilan perusahaan yaitu dengan cara jangan menolak setiap pesanan yang anda terima dari pelanggan biar pun sesusahnya seperti apa, anda dapat mencari jalan keluar tersebut dengan media Internet maupun orang yang sudah lama sukses dibidang tersebut. Jangan membuat pelanggan anda kecewa dan memutuskan kerja sama dengan anda, karena itu bisa menjadi awal dari kehancuran perusahaan anda.

Sekiranya anda merasa tidak sanggup untuk mengerjakan pesanan dari klien, dan anda merasa benar-benar sudah mentok dengan pesanan tersebut anda dapat membatalkan pesan tersebut dengan meminta maaf dan bila perlu anda dapat ganti rugi atas waktu yang sudah digunakan.

Peluang Usaha Bisnis Percetakan – Jangan Malu Bertanya

Sebelum membuka usaha percetakan seharusnya anda melakukan review terlebih dahulu ke berbagai rekanan anda yang sudah profesional dalam berbisnis percetakan tersebut. Tanya kepada rekanan anda tentang membeli mesin digital printing cari tahu harga dan toko yang menjual mesin tersebut, di saran kan dalam pemilihan spesifikasi mesin printing harus sesuai dengan kebutuhan dan harga yang terjangkau. Sempat mendengar dari berbagai sumber, untuk mesin printing harganya di kisaran 100-200 juta tergantung dengan spesifikasi nya.

saya rekomendasi kan untuk membeli sebuah mesin yang akan digunakan jangka panjang terutama untuk menghasilkan uang maka beli lah mesin yang masih baru dan berkualitas, logikanya bila anda membeli barang elektronik yang bekas biasanya sudah ada yang diganti elemen yang ada didalamnya serta umur dari mesin tersebut tidak bertahan lama, anda tentu tidak mau kan membeli barang hanya sekali pemakaian apa lagi anda baru merintis usaha, Jangan tertipu dengan orang-orang yang menawarkan mesin printing bekas dengan iming-iming di kasih garansi, menurut saya itu sama aja penipuan. Karena ketika anda membeli mesin yang bekas dan garansi 2 kali service maka bila rusak lebih dari 3 kali dan lebih mereka selalu meminta untuk sering dipanggil untuk membenahi sendiri, tentu itu trik bisnis dari penjual mesin bekas.

Selanjutnya tanya para senior percetakaan tersebut dimana mereka biasanya membeli kertas, biasanya tentu akan dirahasiakan. Coba dengan cara bertanya pegawai yang terkait dengan proses jual-beli modal perusahaan. Pihak yang terkait bisanya tentu pegawai marketing yang mengerti arus keluar nya produksi. Karena pihak marketing yang selalu menghadapi client dan relasi.

Peluang Usaha Bisnis Percetakan – Tahapan Proses Produksi

Setelah segera persiapan dalam sudah terlaksana seperti membeli mesin, penerimaan pegawai, dan membeli bahan-bahan untuk produksi selanjutnya anda dapat melalui berbagai tahapan produksi. Dalam tahapan produksi sebenarnya cukup lah kompleks karena siklus tahapan nya setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing. Anda dapat mengerti siklus produksi tersebut dengan berjalannya waktu perusahaan anda berdiri, tetapi temakita akan memberikan sedikit informasi tentang siklus produksi seperti berikut:

  1. Mencari pelanggan, gunakan bagian marketing untuk terjun ke lapangan dalam mencari pelanggan.
  2. Menerima pesanan, setelah anda mendapatkan pelanggan maka saatnya anda menerima berbagai pesanan untuk dikerjakan.
  3. kalkulasi harga cetak
  4. tentukan komponen produksi yang dibutuhkan
  5. Proses produksi sesuai dengan pesanan
  6. Quality Control atau proses pengecekkan dari barang yang diproduksi
  7. Proses packing
  8. delivering – optional
  9. Pembayaran

Peluang Usaha Bisnis Percetakan – Tahapan Investasi

Bila anda memiliki biaya lebih untuk melakukan investasi untuk perusahaan anda, sebaiknya anda harus menunda terlebih dahulu niat baik anda. Anda jangan terpaku dengan berbagai investasi mesin-mesin produksi yang memiliki harga yang mahal dan dapat menyedot keuangan perusahaan. Cari lah berbagai pengalaman dalam proses produksi pada perusahaan dan coba lakukan review perusahaan setiap bulan, lihat perkembangan dan cari berbagai masalah yang dihadapi. Dana berlebih tersebut sebagai dana cadangan atau dana yang tidak terduga saat proses berjalannya bisnis anda tersebut.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *