Manfaat Masker Jeruk Nipis Untuk Wajah Sebagai Perawatan Alami Kecantikan

Wanita selalu berharap memiliki wajah cantik secara alami, salah satunya menggunakan masker jeruk nipis. Masker Jeruk nipis merupakan obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah secara alami serta aman digunakan secara rutin. Selain sebagai sumber vitamin C bagus untuk kesehatan tubuh, jeruk nipis memiliki kandungan sebagai kecantikan wajah yaitu dibuat sebagai masker.

Menurut hasil penelitian ilmuwan, masker jeruk nipis bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah, hal itu disebabkan kandungan pada jeruk nipis memiliki vitamin C yang tinggi, apabila dibandingkan dengan buah lainnya. Berikut manfaat masker jeruk nipis untuk wajah :

  1. Membersihkan sisa kosmetik yang masih menempel.
  2. Mengencangkan kulit pada wajah.
  3. Mengangkat sel-sel mati.
  4. Menghilangkan komedo.
  5. Menghilangkan jerawat.
  6. Menghaluskan kulit wajah yang terasa kasar.
  7. Membersihkan kulit wajah yang terlihat kusam.
  8. Memutihkan Wajah.
  9. Mengatasi kulit wajah berminyak.
  10. Menghilangkan tanda tanda penuaan.
  11. Menghilangkan racun racun pada wajah yang disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang tidak cocok jenis kulit.
  12. Menghilangkan noda atau bintik yang di sebabkan oleh bekas jerawat.

Cara Menggunakan Makser Jeruk Nipis

Masker Jeruk Nipis
Masker Jeruk Nipis

Dari dua belas manfaat masker jeruk nipis diatas yang mana menjadi kendala anda saat ini. Penggunaan masker tradisional ini secara teratur, akan mendapatkan khasiat dari jeruk nipis. Berikut ini adalah cara membuat masker Jeruk nipis sebagai perawatan kulit wajah:

  1. Pertama ambil satu buah jeruk nipis segar disarankan untuk mendinginkan terlebih dahulu jeruk nipis yang akan digunakan untuk memberikan kesegaran saat digunakan.
  2. Satu jeruk nipis, anda belah menggunakan pisau menjadi dua bagian sama besar.
  3. Oleskan ke kulit wajah sampai leher hingga merata.
  4. Sisa olesan tersebut dapat di peras untuk diambil sari jeruk nipis, lalu jadikan masker wajah.
  5. Setelah mengoleskan secara merata, tunggu hingga jeruk nipis mengering.
  6. Setelah dirasa cukup lama bersihkan sisa sari jeruk nipis, dengan cara membilas menggunakan air bersih.
  7. keringkan wajah menggunakan handuk bersih secara perlahan.
  8. Agar mendapatkan hasil maksimal, anda dapat memakai masker setengah jam sebelum tidur.

Hasil penggunaan masker jeruk nipis dapat dibandingkan sebelum penggunaan dan setelah penggunaan, kulit wajah akan terasa mulus dan segar. Jangan menggunakan masker jeruk nipis, bila memiliki masalah pada kulit seperti mengalami iritasi saat penggunaan masker.

Anda dapat modifikasi penggunaan masker dengan mencampur air jeruk nipis bersama putih telur. Cara kedua, kombinasi jeruk nipis dengan putih telur :

  1. Campur satu buah sari jeruk nipis dengan putih telur, jenis telur boleh menggunakan telur ayam kampung, bebek petelur atau telur ayam horen.
  2. Aduk hingga merata kedua bahan tersebut.
  3. lalu oleskan pada bagian wajah, disertai dengan pijat pijat halus muka dengan campuran sari jeruk nipis dengan putih telur.
  4. Diamkan kurang lebih 10 menit, lalu bilas menggunakan air bersih dan menggunakan sabun muka.
  5. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu, agar mendapatkan hasil yang diharapkan.

Efek Samping Masker Jeruk Nipis

Lantaran masker ini terbuat dari bahan alami, maka tidak memberikan efek samping apa pun kepada penggunanya. Namun setiap orang memiliki tingkat kesensitifan kulit yang berbeda. Mungkin bila memiliki kulit bandel tidak akan menjadi masalah, namun apabila memiliki jenis kulit sensitif perlu perhatian ekstra, lantaran dapat menimbulkan alergi pada wajah seperti kemerah merahan.

Agar dapat meminimalkan resiko iritasi penggunaan masker, berikut ada tips cara memakai masker jeruk nipis yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan masker jeruk nipis:

  • Cuci terlebih dahulu jeruk nipis yang ingin dijadikan masker, pastikan terlebih dahulu jeruk nipis benar benar bersih terbebas dari kotoran.
  • Saat memotong jeruk nipis menggunakan pisau, maka perhatikan kebersihan pisau tersebut. Pastikan pisau juga terbebas dari sisa makanan lainnya.
  • Tidak baik menggunakan masker jeruk nipis lebih dari 30 menit.
  • Dilarang menggunakan jeruk nipis setiap hari, baiknya gunakan satu minggu tiga kali.

Dengan anjuran diatas diharapkan dapat meminimalkan resiko terjadinya iritasi kulit wajah terhadap jeruk nipis. Namun apabila tetap kulit wajah terkena iritasi, maka sebaiknya jangan menggunakan masker jeruk nipis melainkan menggunakan bahan alami lainnya di antaranya ada makser kuning telur dan masker kopi.

Perawatan ini merupakan cara tradisional mendapatkan kulit wajah cantik secara alami, karena metode perawatan makser jeruk nipis menggunakan bahan bahan alami, tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak memberikan dampak ketergantungan pemakaian bagi penggunanya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *