Manfaat Perilaku Tawakal Dan Arti Tawakal Untuk Kehidupan Lebih Baik

Tuhan telah menurunkan manusia ke dunia untuk menyembah kepada ALLAH, selain itu manusia sejak awal telah mengemban peran penting saat mereka pertama kali diturunkan didunia ini yaitu menjadi khalifah atau pemimpin di dunia ini. Manfaat perilaku tawakal, akan membantu manusia menyelesaikan segala ujian di berikan ALLAH.

Tuhan telah menciptakan manusia memiliki derajat yang jauh lebih tinggi dari makhluk lainnya diantaranya hewan, tumbuhan sampai makhluk tak kelihatan oleh mata dengan tujuan agar manusia dapat belajar mengatur atau menjaga seluruh alam semesta milik ALLAH. Manusia memiliki sifat berbeda beda, sifat baik dan buruk setiap manusia tergantung pemikiran individu. Tetapi yang jelas sifat dimiliki setiap manusia dari ALLAH adalah sifat tawakal.

Manfaat Perilaku Tawakal
Manfaat Perilaku Tawakal

Sebagian orang masih bingung apa arti tawakal? sifat tawakal merupakan sifat dimana menyerahkan segala seseuatu kepada keputusan ALLAH. Apa manfaat perilaku tawakal?, sifat tawakal akan membuat umat manusia selalu menyerahkan keputusan terbaik kepada ALLAH di iringi dengan doa serta usaha, untuk hasil hanya ALLAH yang mengatur karena belum tentu apa yang di pikirkan lebih baik pada kenyataannya dimasa depan.

Sebagai umat beragama harus yakin dengan semua keputusan dari Tuhan memang baik adanya, terlepas itu tidak sesuai dengan keinginan manusia. Belum tentu keputusan baik itu bagus bagi manusia dan juga belum tentu keputusan buruk merupakan sebuah bencana. ALLAH sudah berjanji kepada setiap manusia, apabila manusia telah berusaha semaksimal mungkin dan menujukan berserah diri kepada ALLAH maka dijamin kehidupan manusia akan lebih berarti.

Manfaat Perilaku Tawakal

Ketika seseorang sudah tawakal kepada Tuhan, dengan berusaha dan berdoa serta berserah diri kepada ALLAH yang Maha Esa. Kebahagiaan dan kesulitan semua di pasrah kan pada ALLAH, tidak pernah mengeluh bila di berikan ujian berat, orang seperti ini lah memiliki kelebihan di banding kan dengan orang lain di sisi ALLAH,berikut manfaat perilaku tawakal oleh temakita:

  1. Akan di cukup kan rejeki

Perlu dipahami, Tuhan telah menciptakan manusia sebenarnya sudah memiliki rejeki tiap individu. Jangan pernah mengeluh dengan rejeki yang di memiliki. Ikhlas dalam menerima kondisi yang di miliki bisa dikatakan sebagai bersyukur terhadap nikmat ALLAH. Dengan rasa syukur semoga kedepan nya diberikan rejeki lebih besar. Pasrah kan segala rejeki kepada ALLAH yang mengatur rejeki hamba nya.

  1. Diberikan kenikmatan yang tiada henti

Orang yang memiliki sifat tawakal kepada Tuhan akan diberikan nikmat yang tiada henti oleh ALLAH, arti nikmat tidak selalu dalam segi harta melainkan dari kebahagian kedamaian hati dan kesehatan. Rasa tawakal kepada Tuhan harus selalu diiringi dengan usaha keras dengan ikhlas, setiap perbuatan hanya ingin mendapat kan ridho ALLAH yang Maha Esa.

Hal ini berseberangan dengan orang yang mencari nafkah dengan cara-cara haram seperti mencuri dan korupsi, orang-orang tersebut akan selalu diberikan ujian berupa nikmat materi yang kelak di akhirat akan di berikan siksa tiada henti.

  1. Menjadi pribadi yang mandiri

Seseorang berserah diri kepada ALLAH, secara tidak langsung membuat dirinya menjadi pribadi yang lebih baik dari orang lain, terlihat semakin dewasa dalam menghadapi segala ujian yang diberikan oleh ALLAH, untuk melihat seberapa besar iman kepada Tuhan. Percaya kepada ALLAH segala kesulitan yang diberikan oleh ALLAH kepada umatnya, selalu memiliki jalan keluar, oleh sebab itu janganlah bersedih.

  1. Menebalkan Iman

Bila anda merupakan termasuk orang yang sombong dan egois dalam segala hal, tawakal adalah obatnya. Karena hanya orang-orang berserah diri kepada ALLAH yang memiliki rasa sabar, sehingga dia tidak akan menyombongkan kelebihan yang dimiliki. Sesungguhnya Tuhan suka dengan orang yang tidak sombong dan egois, hal ini tentu akan menebalkan iman kita kepada Tuhan.

  1. Menjadi manusia yang terhormat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas orang yang tawakal kepada Tuhan memiliki kelebihan terhadap orang lainnya, yaitu akan menjadi makhluk yang dicintai ALLAH dan manusia benar-benar menjadi khalifah sesungguhnya. Menjadi manusia yang terhormat salah satu cara menjadi seorang pemimpin dalam melakukan revolusi kebaikan segala umat. Manfaat perilaku tawakal perlu manusia asa secara maksimal segala potensi yang ada di dunia ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *