Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Tubuh Serta Kecantikan Alami

Tanaman lidah buaya banyak di temui di negara Indonesia, karena masyarakat saat ini sudah mengerti manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan alami. Manfaat lidah buaya sudah banyak memberikan bukti dampak yang diberikan lidah buaya. Lidah buaya dipercaya mengatasi segala penyakit mematikan, banyak manfaat lidah buaya untuk kesehatan, oleh sebab itu, perlu anda coba memaksimalkan manfaat lidah buaya.

Mengambil manfaat lidah buaya tidak sembarangan, bagian yang diambil manfaatnya adalah bagian gel dan lateks. Gel lidah buaya dapat diambil di bagian tengah lidah buaya, sedangkan mengambil lateks biasanya terdapat pada lapisan bawah kulit lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya
Manfaat Lidah Buaya

Pada umumnya orang lebih suka mengambil gel lidah buaya, bentuk gel ini seperti jeli bening sebagai obat losin, salep, krim dan sebagainya. Bagian lateks sering digunakan untuk membuat zat-zat kering, seperti suplemen. Banyak produsen obat herbal dan kecantikan mengambil manfaat lidah buaya yang telah terdaftar di badan BPOM RI.

Tidak hanya sebagai obat tradisional, lidah buaya sering digunakan kaum wanita untuk mendapatkan kecantikan alami. Pada umumnya manfaat lidah buaya digunakan sebagai mempercantik diri seperti kecantikan kulit dan rambut. Para wanita percaya dengan memanfaatkan lidah buaya, dapat memberikan perawatan rambut lurus hitam dan kulit terasa mulus dan bersih.

Manfaat Lidah Buaya

Masyarakat Indonesia menggunakan lidah buaya untuk mengatasi berbagai kondisi, berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan. Tetapi khasiat lidah buaya memiliki 4 manfaat utama yang telah teruji, berikut manfaat lidah buaya oleh tema kita:

  1. Meredakan Penyakit Psoriasis

Dari namanya penyakit psoriasis tidak cukup terkenal di Indonesia, penyakit ini merupakan penyakit menyerang kulit manusia sehingga terlihat bersisik dan berlapis berwarna keperakan serta di iringi dengan rasa gatal luar biasa. Lidah buaya dapat mengurangi dampak dari penyakit psoriasis yaitu dengan penggunaan krim yang memiliki kandungan lidah buaya sekitar 0,5 persen dan digunakan kurang lebih 1 sampai 2 bulan agar meredakan penyakit psoriasis.

  1. Menyembuhkan Luka Oleh Virus

Virus yang paling sering menyerang kulit manusia adalah virus herpes simplek, salah satu dampak nya membuat pinggir mulut bergelembung kecil. Mengoleskan krim mengandung lidah buaya kurang lebih 0,5 persen selama tiga kali sehari akan membantu penyembuhan penyakit yang di sebabkan virus herpes.

  1. Konstipasi

Lateks dihasilkan lidah buaya mengandung bahan kimia yang efektif  sebagai obat alternatif konstipasi. Namun apabila tidak terbiasa atau tidak cocok, dapat mengakibatkan penyakit diare. Oleh sebab itu sebelum mengkonsumsi tanaman lidah buaya untuk mengatasi konstipasi, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

  1. Mengurangi Gatal Dan Ruam Mulut

Sering berkumur dengan campuran lidah buaya selama tiga kali dalam sehari selama tiga bulan, dapat membantu mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Dapatkan juga manfaat yang sama dengan manfaat gel pada lidah buaya dengan cara yang sama pada kulit, dengan cara mengoleskan pada kulit terdapat ruam sebanyak dua kali dalam sehari selama dua bulan.

Mengkonsumsi Lidah Buaya

Selain 4 manfaat lidah buaya diatas, para penelitian melakukan penelitian lebih lanjut terhadap manfaat lidah buaya diantaranya sebagai obat diabetes militus, radang dinding, ruam popok, obat nyamuk, peradangan di mulut, ketombe dan plak pada gigi.

Kandungan lidah buaya memang baik untuk kesehatan, namun ada beberapa efek samping mengkonsumsi lidah buaya. Mengkonsumsi lidah buaya terus menerus dengan dosis tinggi sangat tidak baik kesehatan tubuh seperti sakit perut dan kram. Apabila lidah buaya dikonsumsi tidak sesuai aturan, akan berdampak penurunan berat badan, masalah pada ginjal, air seni berdarah, gangguan jantung dan kelemahan otot.

manfaat lidah buaya
manfaat lidah buaya

Mengkonsumsi lidah buaya juga berbahaya untuk ibu saat hamil. Demi keselamatan ibu dan janin, hindari mengkonsumsi lidah buaya saat hamil. Begitu juga apabila lidah buaya dikonsumsi oleh anak-anak khususnya anak berusia 12 tahun kebawah dapat mengalami sakit perut dan mual-mual.

Hindari mengkonsumsi lidah buaya ketika akan menjalani operasi, kurang lebih 2 minggu sebelum dilaksanakan operasi. karena akan mempengaruhi kadar gula darah dan mengganggu kadar gula selama menjalani operasi.

Bila anda membeli produk yang didalamnya terdapat unsur lidah buaya tidak ada salahnya, membaca terlebih dahulu dengan teliti prosedur pemakaian. Ikuti aturan pada produk dan segera konsultasi kepada dokter jika terdapat efek samping dari lidah buaya. Sekian artikel tentang manfaat lidah buaya untuk kesehatan, semoga bermanfaat, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *