Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh Kita Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh Kita – Sudah tahukah apa manfaat donor darah bagi tubuh kita? atau jangan-jangan pada takut untuk memberikan darah, dengan alasan nanti lemas, tidak sehat dan pucat. Manfaat donor darah bagi tubuh kita sebenarnya sangat lah menyehatkan tubuh si pendonor, tidak hanya bermanfaat bagi penerima darah tersebut.

Oleh sebab itu saat ini banyak sekali masyarakat yang melek dengan manfaat donor darah pmi selain bermanfaat bagi penerima darah karena telah membantu menyelamatkan jiwa orang tersebut, si pendonor juga memperoleh manfaat besar saat mendonorkan darah nya. Sebenarnya sangat lah banyak Manfaat donor darah bagi tubuh kita apa lagi bila anda melakukan donor darah secara berkala dan rutin.

donor darah secara rutin, manfaat donor darah untuk diet, donor darah, manfaat donor darah ,manfaat donor darah bagi wanita ,manfaat donor darah bagi pria ,manfaat donor darah bagi kesehatan ,manfaat donor darah pmi ,manfaat donor darah bagi tubuh ,manfaat donor darah rutin ,manfaat donor darah bagi kulit ,apa manfaat donor darah ,manfaat donor darah untuk kesehatan ,manfaat donor darah secara rutin ,manfaat donor darah untuk kecantikan ,manfaat donor darah untuk kulit ,Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh Kita Tetap Sehat
Ilustrasi : manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh

Hanya dengan melakukan donor darah, kita memberikan  sedikit darah kita untuk membantu dan bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. Sudah ada ukuran tersendiri ketika anda melakukan donor darah di pmi atau pun rumah sakit, standarnya 480 ml darah di ambil dari tubuh kita setiap melakukan donor darah. Setelah menerima hasil donor tersebut dari anda, maka terlebih dahulu petugas melakukan pengecekan darah anda, untuk menjaga keamanan serta kelayakan darah tersebut.

Darah sangat di butuhkan para pasien yang sangat membutuhkan darah secara cepat dan instan, berbagai kasus yang membutuhkan darah cepat untuk memulihkan kondisi adalah kecelakaan transplantasi organ, penyakit kanker, anemia, hemofilia, sel sabit dan sebagainya.

Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh Kita

Seperti yang telah di jelaskan diatas, dalam melakukan donor darah tidak hanya memberikan manfaat besar kepada si penerima, begitu pula banyak manfaat donor darah bagi kesehatan dan kecantikan, berikut apa manfaat donor darah tersebut oleh temakita:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak sekali orang yang terkena penyakit jantung, penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat mematikan manusia karena penyakit ini tidak dapat di toleransi kepada penderitanya kebanyakan pasien penyakit jantung ini mengalami kematian. Penyakit jantung ini memiliki banyak penyebab seperti yang telah dibahas dalam artikel Penyebab Dan Gejala Penyakit Jantung diantaranya yaitu Obesitas, Diabetes, Hipertensi, Gaya Hidup, Stres yang tak terkendali dan sebagainya.

Dengan melakukan donor darah dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh dan hingga mencegah penyumbatan arteri. Ada sebuah penelitian telah dilakukan menyatakan bahwa dengan melakukan donor darah secara rutin, akan menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 85%. Hebat nya lagi banyak dari dokter memberikan pernyataan dengan orang yang rutin melakukan donor darah akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker dan stroke. Manfaat donor darah secara rutin dapat menurunkan dan mengontrol kadar zat besi dalam darah sehingga menjadi lebih stabil. Kadar zat besi dalam darah yang tinggi, memiliki berpotensi rentan terkena berbagai macam penyakit.

2. Memperpanjang Usia

Siapa sih orang yang tidak ingin diberikan umur yang panjang? dapat menikmati hidup lebih lama di dunia ini bersama dengan keluarga dan pasangan. Artikel sebelum nya juga telah membahas Begini Cara Hidup Sehat Dan Panjang Umur dimana artikel ini membahas secara detail untuk pola hidup sehat sehingga anda akan mempunyai umur yang panjang.

Ternyata manfaat donor darah secara rutin tidak hanya memberikan kesehatan fisik melainkan memberikan kesehatan batin. Dengan melakukan berbuat baik kepada sesama akan membuat hati senang dan barokah sehingga Tuhan mencintai umatnya yang senang berbagi kepada sesamanya. Menurut penelitian, orang yang suka menolong kepada sesama nya dibandingkan dengan orang yang egois dan tidak suka menolong, maka orang baik tersebut akan di berikan tambah 4 tahun pada usia nya.

3. Sekalian Cek Darah Dan Kesehatan

Mungkin diantara masyarakat masih ada yang bingung dengan jenis golongan darah anda apa? dan apakah anda sedang mengalami penyakit tertentu. Dengan melakukan donor darah akan membantu anda untuk mendapatkan informasi kesehatan anda, bila anda sudah mengetahui kondisi tubuh anda, maka anda dapat melakukan tindakan pencegahan bilamana anda sedang mengidap penyakit bila ternyata hasil nya menunjukan sehat, maka anda dapat bersyukur dan tetap menjaga pola hidup sehat. Ingat menghindari lebih baik daripada mengobati. Melakukan donor darah merupakan perbuatan mulia, selain itu anda justru mendapatkan informasi kesehatan secara gratis atau cuma-cuma.

4. Meningkatkan Sel Darah Merah

Ketika anda melakukan donor darah tentu akan mengurangi jumlah sel darah merah, tetapi dengan manfaat donor darah ternyata dapat meningkatkan produksi sel darah merah menurut kebutuhan tubuh. Dimana salah satu fungsi dari sumsum tulang belakang adalah memperbarui dan memproduksi sel darah merah yang telah hilang.

Sel darah merah akan kembali normal hanya dalam beberapa minggu setelah anda melakukan donor darah. Dengan melakukan donor darah secara rutin dan berkala berarti kita mendorong tubuh kita untuk menstimulasi darah baru untuk terbentuk sehingga dalam tubuh kita secara terus menerus mendapatkan darah yang segar dengan begitu terhindar dari penyakit.

5. Menyelamatkan Jutaan Jiwa

Saat anda secara rutin melakukan donor darah berarti tanpa sengaja anda telah membantu juta jiwa dengan hanya memberikan darah anda kepada orang yang membutuhkan. Darah yang telah di donor kan biasanya segera untuk diberikan kepada pasien yang sedang gawat darurat diantaranya adalah pasien kecelakaan, penderita kanker atau kelainan darah biasanya penyakitnya leukimia, operasi besar bahkan ada kasus donor darah untuk bayi yang baru lahir yang membutuhkan kondisi medis tertentu.

manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh
Ilustrasi : Manfaat donor darah dengan memperingati hari donor dunia

6. Kecantikan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, dengan melakukan donor darah secara rutin akan membantu anda melakukan proses diet atau menurunkan berat badan, sehingga mendapatkan berat badan yang ideal. Bagi anda yang menginginkan mendapatkan berat badan yang ideal dan kulit kencang maka sebaiknya anda melakukan donor darah secara rutin sehingga dapat membantu anda untuk mewujudkan keinginan anda.

Tidak hanya menurunkan berat badan saja manfaat donor darah, melainkan anda akan membuat pikiran anda terhindar dari stres yang berlebih. Sehingga anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari semua dapat berjalan dengan lancar.

Manfaat Donor Darah Bagi Wanita

Salah satu penyebab pemicu penuaan dini adalah pikiran yang terlampau stres, jika anda dapat menjaga pikiran anda untuk tetap stabil, maka dengan melakukan donor darah secara rutin akan membuat anda terhindar dari stres sehingga anda akan tetap awet muda, berikut artikel yang masih terkait cara hidup sehat dan awet muda secara alami. Manfaat dari donor darah banyak yang telah membuktikan manfaatnya, selain sebagai tanda bentuk tanda peduli dengan sesama, anda telah mendapatkan berbagai manfaat melakukan donor tersebut.

Di Indonesia telah dibuatkan hari khusus untuk memperingati Hari donor dunia yaitu jatuh pada tanggal 14 juli. Oleh karena itu jangan lewatkan event tersebut untuk melakukan donor darah, tunjukkan bahwa anda peduli dengan sesama serta dapat kan banyak manfaat yang tak terduga dari melakukan donor darah tersebut. Sekian artikel tentang Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh Kita, semoga bermanfaat dan terimakasih.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *