Manfaat Dan Effek Samping Imunisasi DT Dan DPT

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Imunisasi DPT – Ada berbagai macam imunisasi yang sering kita temukan saat ini, sebenarnya vaksin itu sendiri tidak hanya diberikan balita melainkan vaksin juga dapat digunakan oleh orang yang sudah dewasa. Vaksin sebenarnya berbentuk penambah kekebalan tubuh atau antibodi agar penyakit tidak mudah masuk kedalam tubuh dan merusak organ tubuh dalam, vaksin sendiri memiliki batas pakai rata-rata vaksin bertahan sekitar 5 tahun, selepas 5 tahun harus dilakukan vaksin kembali. banyak sekali jenis vaksin yang dapat di temui salah satunya adalah vaksin Imunisasi DT.

imunisasi dt,imunisasi dt dan td,imunisasi dt adalah,imunisasi dpt

Imunisasi DT merupakan vaksin yang membentengi tubuh kita dari bahayanya penyakit tetanus, difteri, dan pertusis. Penyakit-penyakit tersebut dapat berbahaya bila tidak secara segera untuk ditangani dapat menyebabkan kematian kepada seseorang, oleh karena itu vaksinisasi Imunisasi DT tidak untuk dilewatkan. Sekedar informasi saja mulai akhir tahun 2015 sampai sekarang KUA telah memberlakukan imunisasi DT kepada seluruh calon pengantin perempuan, tujuan dari imunisasi dt ini untuk mencegah sang mempelai wanita tidak terkena penyakit dari laki-laki saat berhubungan intim.

Penyakit Difteri merupakan penyakit yang cukup berbahaya karena penyakit ini akan menyerang selaput lendir dan tenggorokan yang biasanya disebabkan oleh bakteri merugikan. Infeksi dari penyakit difteri oleh bakteri akan mengakibatkan peradangan lapisan tebal abu-abu pada pada tenggorokan yang membuat susah untuk makan dan bernafas. jangan membiarkan penyakit difteri ini terus berlanjut bila tidak toksin yang disebabkan bakteri tersebut dapat membuat kelumpuhan dan gagal jantung.

Penyakit pertusis sering disebut dengan batuk rejan merupakan penyakit berbahaya yang menyerang sistem pernapasan dan dapat menyebabkan batuk parah. Bila balita tidak terkena penyakit ini dan tetap dibiarkan dapat mengakibatkan pneumonia, kejang-kejang, kerusakan otak bahkan lebih tragis nya dapat menyebabkan kematian.imunisasi dt,imunisasi dt dan td,imunisasi dt adalah,imunisasi dpt

kalau penyakit Tetanus ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, yang dimana penyakit ini dapat mengakibatkan kelumpuhan dan kerusakan syaraf otot. Tentunya penyakit ini diakibatkan oleh bakteri merugikan. Penyakit tetanus ini tidak seperti penyakit pertusis dan penyakit difteri yang dapat menular sedangkan penyakit tetanus tidak menular dari individu ke individu lain.

Pemberian Imunisasi DPT

Untuk pemberian imunisasi DPT pada bayi prosedur nya adalah diberikan sebanyak lima kali yaitu saat balita berusia dua bulan hingga enam tahun. Dalam pemberian pertama dilakukan saat berusia dua bulan, empat bulan dan enam bulan pertama. Dan untuk pemberian ke empat dilakukan dalam rentang umur 18 sampai 24 bulan, untuk pemberian vaksin DPT yang terakhir dilakukan saat anak sudah menginjak umur 5 tahun. Lihat lah jadwal untuk melakukan vaksin Imunisasi DPT di rumah sakit atau puskesmas terdekat. Selanjutnya anak disarankan untuk diberikan booster TD atau vaksin mencegah penyakit pertusis.

Saat membawa anak untuk imunisasi DPT perhatikan kondisi anak anda, apabila terkena penyakit berbahaya gangguan sistem syaraf otak atau terkena alergi sebaiknya anda urungkan niat tersebut dan segera untuk konsultasi dengan dokter kondisi anak anda, dan minta penjelasan untuk jadwal imunisasi DPT tersebut. Segera bawa ke dokter terdekat bila anak mengalami masalah berikut:imunisasi dt,imunisasi dt dan td,imunisasi dt adalah,imunisasi dpt

  1. anak tidak mengalami menangis selama 3 jam tanpa henti.
  2. anak mengalami kejang-kejang bahkan menangani pingsan karena kejang-kejang yang tak kunjung berhenti.
  3. Mengalami demam yang sangat tinggi yaitu dengan diatas 400

Bila dokter mendapati bahwa anak anda mengalami reaksi yang buruk terhadap vaksin pertusis, biasanya dokter akan menghentikan imunisasi DPT dan memberikan imunisasi DT.

Efek samping dari Imunisasi DPT

biasanya untuk efek samping dari imunisasi DPT terjadi satu sampai tiga hari setelah di berikan vaksin tersebut. Efek yang diberikan dari imunisasi DPT antara lain adalah oleh temakita :

  1. Mengalami demam ringan
  2. Anak terlihat mudah lelah
  3. Anak menjadi sering bawel
  4. Bengkak pada bagian suntikan

Dengan anda memberikan imunisasi kepada anak akan membuat kekebalan tubuh kepada anak tersebut terhadap berbagai macam penyakit yang membahayakan nyawa anak anda. Harus tetap waspada dengan segala potensi penyakit tersebut yaitu dengan tetap ingat baik-baik kapan jadwal imunisasi anak dan rutin lah untuk berkonsultasi kepada dokter. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *