Manfaat Dan Efek Samping Buah Nangka Untuk Kesehatan

Buah nangka ialah buah berdaging serat yang memiliki bau dan rasa yang unik. Buah nangka merupakan satu diantara buah favorit yang dikonsumsi oleh negara Sri Langkah, Indonesia dan Bangladesh. Daging buah nangka tidak hanya enak dikonsumsi, selain itu banyak manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh manusia.

Umumnya masyarakat Indonesia manfaatkan daging buah nangka untuk membuat berbagai aneka makanan seperti dodol nangka, es campur, es buah, selai nangka, keripik nangka dan berbagai aneka minuman dan makanan mengunakan buah nangka. Karena manfaat buah nangka dan rasanya enak, banyak masyarakat suka dengan buah satu nangka.

Daging dari buah nangka memiliki zat tepung dan buah ini juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini berdasarkan terdapat banyak kandungan buah nangka seperti vitamin C, A, kalium, kalsium, thiamin, zat besi, riboflavin, niasin dan seng.

Banyak manfaat terkandung dari buah nangka, namun segala sesuatu di konsumsi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan, berikut ialah manfaat dan efek samping buah nangka untuk kesehatan :

  1. Mencegah Terjadinya Anemia

Dalam Kandungan buah nangka terdapat zat besi, zat besi sangat berguna untuk pembentukan sel darah merah sehingga baik untuk kesehatan serta terhindar dari kekurangan darah atau penyakit anemia.

  1. Pencegah Asma

Penyakit asma dapat membuat penderitanya mengalami sesak napas dan mengganggu sistem pernapasan. Jadi akar dari pohon nangka ini di percaya dapat di gunakan untuk menghilangkan asma serta mencegah terkena penyakit asma, caranya cukup merebus akar dan campur dengan ekstrak buah nangka, minum secara rutin setiap hari.

  1. Memperkuat Tulang

Kandungan zat besi pada buah nangka bagus untuk menjaga kesehatan tulang untuk remaja dalam menjaga kesehatan tulang secara alami. Sedangkan kandungan magnesium sebagai memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari berbagai gangguan penyakit seperti osteoporosis.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit Dan Mata

Buah nangka memiliki manfaat sebagai kesehatan kulit dan mata. Buah ini memiliki kandungan vitamin A yang memelihara kelembutan kulit serta kesehatan mata. Buah nangka dipercaya dapat mencegah penyakit mata seperti rabun senja dan degenerasi makula.

  1. Kesehatan Tiroid

Satu diantara manfaat kesehatan dari buah nangka yaitu melindungi dari tiroid. Kandungan mineral mikro dan tembaga dalam buah nangka, cukup efektif sebagai metabolisme tiroid. Hal ini, baik sebagai memproduksi penyerapan dan hormon.

6. Menambah Energi

Buah nangka memiliki kandungan glukosa yang sangat bermanfaat untuk memberikan energi yang bermanfaat untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi tetap ingat jangan terlalu mengkonsumsi buah nangka berlebihan karena dalam buah nangka tingkat glukosa nya cukup tinggi dapat mengakibatkan penyakit diabetes.

7. Terkena Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes itu terjadi ketika tubuh tidak dapat menghasilkan insulin, atau menghasilkan insulin tetapi tidak sesuai dengan ketentuan yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga insulin tidak bekerja dengan baik banyak dampak yang di timbulkan oleh penyakit diabetes ini seperti mudah lelah, luka lama sembuh, pandangan kabur dan sering mengalami infeksi sehingga mengalami kematian secara bertahap dan menderita. Oleh karena itu jangan mengkonsumsi buah nangka secara berlebihan karena buah nangka memiliki kandungan glukosa yang tinggi.

8. Ibu Hamil

Memang buah nangka sangat bermanfaat bagi ibu hamil tetapi bila di konsumsi dengan normal, bila di konsumsi tidak aturan atau secara berlebihan akan sangat berdampak pada janin tersebut akan mengalami kontraksi lebih awal sehingga akan mengalami prematur atau bahkan mengalami keguguran.

9. Meningkatkan Koagulasi 

Dilarang keras untuk mengkonsumsi buah nangka bila seseorang tersebut memiliki gangguan darah, karena koagulasi itu sendiri merupakan proses penggumpalan cairan atau larutan air yang dengan cara menyeluruh atau sebagian untuk membentuk sebuah gumpalan-gumpalan yang berbentuk lunak nampak seperti gel, Sehingga gumpalan tersebut akan mengalir ke seluruh tubuh. Oleh karena itu bagi penderita kelainan darah tidak di rekomendasi mengkonsumsi buah nangka tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *