Manfaat Serta Fungsi Makanan Sumber Protein Hewani Dan Nabati Baik

Ada yang paham fungsi protein yang selama ini kita makan sehari-hari? protein sendiri merupakan zat di butuhkan oleh tubuh, berfungsi sebagai mengganti sel-sel telah mati menjadi sel baru atau bisa di sebut dengan regenerasi sel. Pentingnya manusia untuk makanan sumber protein hewani dan nabati karena sebagai memenuhi kebutuhan pokok harian.

Tidak hanya itu saja fungsi dari makanan sumber protein, melainkan sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Protein sendiri berperan penting dalam memberikan asupan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, remaja dan ibu hamil.

Makanan Sumber Protein Hewani Dan Nabati
Makanan Sumber Protein Hewani Dan Nabati

Makanan Sumber Protein

sumber protein dapat di bagi menjadi dua bagian yaitu protein hewani dan protein nabati. Untuk jenis protein hewani berasal dari jenis hewan sedangkan untuk protein nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan. Protein hewani memiliki kandungan profil asam amino dan mengandung amino esensial yang sangat baik untuk tumbuh kembang. Berikut adalah sumber protein hewani dan protein nabati oleh temakita:

  1. Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang relatif murah dan terjangkau. Telur memiliki kaya protein didalamnya, sebutir telur terdapat 7 gram protein dan 2 gram lemak jenuh. Apabila takut mengkonsumsi lemak dikarenakan sesuatu hal seperti takut gemuk atau jerawat, maka dapat membuang kuning telur dan gunakan putih telur.

Menurut beberapa penelitian bawah mengkonsumsi telur dan sepotong roti akan membuat kenyang lebih lama dengan mengkonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari. Telur yang bagus untuk dikonsumsi ada dua yakni telur ayam kampung atau ayam potong dan telur yang dihasilkan bebek petelur.

  1. Daging

Kandungan saat mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak terkandung protein, seng, zat besi dan vitamin B12. Sebaiknya konsumsi daging unggas putih seperti ayam, hindari mengkonsumsi kulit unggas karena di dalam kulit ayam terdapat lemak jenuh. Lemak jenuh sering disebut dengan lemak jahat, lantaran jenis lemak ini dapat menimbulkan berbagai penyakit mematikan.

protein daging
protein daging

Selain daging unggas, mengkonsumsi daging sapi merupakan salah satu rekomendasi sebagai makanan yang mengandung protein. Daging sapi memiliki segala kandungan baik untuk kesehatan, diantaranya ada zat besi, omega 3, vitamin B dan protein. Selain kandungan yang bagus untuk kesehatan, daging sapi memiliki citra rasa lebih lezat dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Oleh sebab itu harga daging sapi jauh lebih mahal.

  1. Makanan SeaFood
protein seafood
protein seafood

Menu masakan seafood merupakan salah satu menu masakan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan bahan dasar masakan seafood berbahan ikan laut yang terkenal dengan tinggi protein namun rendah lemak. Jenis ikan sering dijadikan bahan dasar masakan seafood seperti kepiting, cumi cumi, udang dan berbagai jenis ikan laut yang aman dikonsumsi.

  1. Kacang Kacangan

Kacang kacangan memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi, dengan tinggi serat dihasilkan akan membuat lebih lama kenyang. Tidak hanya itu sumber protein kacang kacangan mengandung banyak kalsium yang bagus sebagai kesehatan gigi dan juga tulang, oleh sebab itu anda di wajibkan untuk rutin mengkonsumsi kacang setiap hari.

  1. Yoghurt
protein yoghurt
protein yoghurt

Selain memiliki tekstur yang lembut, kental dan rasa asam lezat, makan yoghurt juga memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh salah satunya sebagai sumber protein. Mengkonsumsi yoghurt setiap hari membantu menghasilkan kekebalan tubuh lebih tinggi. Kandungan Probiotik juga dapat membantu merangsang sel darah putih untuk melawan berbagai jenis infeksi dalam aliran darah.

  1. Kedelai

Masyarakat Indonesia, mayoritas menyukai sumber protein dari kedelai. Produk dihasilkan oleh makanan yang mengandung protein kedelai seperti tahu dan tempe. Selain memiliki harga terjangkau, kedelai memiliki sumber protein bagus untuk tubuh. Manfaat kedelai yakni dapat menekan kolesterol jahat dalam tubuh, asupan ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain sebagai sumber protein bagus untuk tubuh, kedelai dapat memperlancar dan mencegah terkena kanker usus besar. Hal ini dikarenakan kedelai membantu menjaga salur pencernaan yang sehat, seperti membantu masalah buang air besar agar lancar serta teratur.

Pola Kebutuhan Sehat

Pada umumnya pola makan sehat dan seimbang dapat memenuhi kebutuhan protein setiap hari, dengan begitu seseorang tidak perlu mengkonsumsi suplemen untuk menutupi kekurangan protein dalam tubuh. Seorang vegetarian yang mengkonsumsi sayur-sayuran dapat tumbuh sehat dengan protein, didapatkan dari kacang-kacangan atau kedelai.

Untuk orang dewasa membutuhkan protein 10 sampai 35% dari total kebutuhan kalori per hari. Contoh dalam sehari seseorang membutuhkan 2000 kalori perhari, maka dibutuhkan kalori sebesar 50 sampai 175 gram protein. Disarankan mengkonsumsi protein beragam tiap hari dan rendah lemak. Pentingnya memilih sumber protein yang bagus dikonsumsi dan mana yang kurang bagus untuk dikonsumsi.

Tetap jaga pola makan sehat, untuk kebaikan tubuh yaitu dengan cara makan sehat yang seimbang. Dalam sebuah istilah pelajaran IPA konsumsi lah makan 5 sehat 4 sempurna. Nah seperti itulah artikel tentang makanan yang mengandung protein, semoga bermanfaat, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *