Kumpulan Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar

Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar – Memiliki anak merupakan sebuah karunia yang di berikan Tuhan kepada umat nya, sebagai tanda syukur tersebut maka sudah sewajarnya apabila orang tua harus mengerti cara mendidik anak yang baik. Ketika orang tua berhasil mendidik anak nya maka akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, karena tidak mudah untuk mendidik seorang anak di jalan yang benar, oleh sebab itu pentingnya para orang tua untuk mengetahui cara mendidik anak yang baik dan benar tanpa sebuah kekerasan.

Kebanyakan orang tua selalu berpikiran untuk memberikan yang terbaik untuk anak anak nya, berbagai cara pun dilakukan agar anak nya merasa bahagia, tidak sedikit pula akhir nya para orang tua memberikan segala nya untuk membuat anak nya bahagia, namun cara seperti itu tidak selalu baik dalam proses mendidik anak, yang menjadi sebuah masalah sebagian orang tua adalah bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar. Saat ini sudah banyak bukan banyak anak anak yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan serta berbagai fasilitas pendukung sehingga anak merasa hidup nya tidak pernah mengalami kesulitan, akhir nya justru membuat anak tersebut menjadi manja dan tidak dapat mandiri.

Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar
Ilustrasi : Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar

Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar

Sebagai orang tua yang bijak, kita perlu berhati hati dalam mendidik anak dan mengasuh anak pada masa perkembangannya karena setiap didikan orang tua memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan anak di masa depan. Terlalu berlebihan dalam memberikan kebebasan anak memang tidak baik, namun terlalu mengabaikan pendidikan anak karena faktor lain seperti sibuk dengan pekerjaan dan sebagai nya justru membuat sang anak salah jalan pada akhir nya terkena dampak pergaulan bebas bersama teman teman nya, berikut ini adalah cara mendidik anak yang baik dalam keluarga oleh temakita :

  1. Tidak Menuruti Semua Keinginan Anak

Sudah sewajarnya orang tua sangat mencintai anak nya, akhir nya para orang tua pun salah jalan dalam mendidik anak nya dengan menuruti segala apa yang menjadi keinginan nya. Seperti yang telah disinggung diatas dengan menuruti semua keinginan anak bukan lah cara terbaik dalam mendidik anak tersebut. Tindakan tindakan tersebut hanyalah menjadi anak anda akan manja dan selalu mengandalkan keberadaan orang tua nya atau pun selalu mengandalkan orang lain untuk menyelesaikan masalah nya.

Apabila sudah sejak kecil anak didik manja dengan mengikuti segala apa yang menjadi keinginannya, maka dampak kedepan nya anak akan menjadi tidak mandiri dan malas karena dalam pikiran nya ada orang tua yang selalu membantu nya dan memberikan segala apa yang diinginkannya. Maka mulai sejak dini membiasakan anak anda untuk mengerjakan segala sesuatu nya dengan mandiri, hal tersebut akan membuat anak memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

  1. Jangan Terlalu Banyak Melarang

Merupakan hal yang manusiawi ketika seorang anak memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap sesuatu yang baru, tidak jarang diantara mereka akhir nya ingin mencoba hal hal yang menarik dan baru bagi mereka secara bebas. Hal sebaliknya yang sering terjadi oleh orang tua adalah dimana seorang anak pada akhir nya takut untuk dan akhir nya melarang anak anak nya untuk melakukan hal tersebut. Oleh sebab itu pada akhir nya banyak orang tua melakukan larangan pada anak anak nya atau sebuah batasan kepada anak anak nya yang sekira nya dapat membahayakan anak.

Tindakan larangan orang tua terhadap anak, sebenarnya hanya melarang untuk melakukan hal tersebut tetapi pada akhir nya anak akan tetap melakukan hal tersebut ketika tidak ada orang tua disamping nya, sehingga hal tersebut dapat memicu anak menjadi anak yang suka berbohong. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah komunikasi yang baik secara dua arah, konfirmasi anak dalam bahaya atau resiko melakukan hal tersebut, bila anak tetap melakukan hal tersebut maka sebagai orang tua minta lah agar dia tetap berhati hati melakukan tindakan tersebut.

  1. Ajari Anak Agar Tidak Berbohong

Jangan pernah bagi orang tua untuk mengajari anak berbohong, karena segala tindakan orang tua akan cepat di tiru oleh anak. Beri pengertian dan ajari anak tentang sebuah keterbukaan tentang keadaannya dalam segala hal, baik hal tersebut menyangkut perasaannya, atau sekedar kendala kendala yang saat itu di hadapi nya. Hal selanjut nya jangan pernah bagi anda untuk membiasakan diri terhadap perasaan mereka terhadap anda. Melakukan hal ini sama saja anda telah membiasakan mengajari anak anda untuk bertindak jujur dalam kehidupan nya.

Lebih bahaya lagi dalam sebuah penelitian anak yang sudah terbiasa berbohong maka lama lama anak tersebut akan melakukan tindakan yang menjuru ke arah kriminal seperti hal nya tindakan mencuri. Bila anak anda terkena penyakit bahaya sikap bahaya seperti itu maka solusi nya memberikan sebuah pengertian baik baik dan tanyakan mengapa dia melakukan hal tersebut, mungkin saja anak tersebut menginginkan sesuatu namun tidak mampu untuk membeli nya. Bila masalah tersebut sudah di ketahui maka segera lah mengambil sebuah tindakan untuk menghilangkan sifat mencuri tersebut, karena sifat mencuri tersebut bila terlambat untuk menghilangkan nya maka dapat menjadi darah daging sehingga ke bawa di kehidupan nya di masa yang akan datang.

  1. Jangan Menghukum Dengan Kekerasan

Tidak jarang kebanyakan orang tua marah kepada anak, dikarenakan mungkin sifat anak yang terlampau nakal atau sudah terlampau parah dalam sebuah kesalahan, tidak sedikit akhir nya para orang tua memiliki pikiran untuk melakukan kekerasan untuk melampiaskan amarah nya agar anak tersebut menjadi jerah untuk melakukan tindakan salah tersebut. Salah satu kekerasan fisik kepada anak nya adalah dengan cara memukul nya menggunakan sabuk atau pun kayu rotan. Hal tersebut sangat tidak lah di benarkan karena tindakan tersebut bukan lah termasuk cara mendidik anak yang baik menurut islam.

Bagi anda yang memiliki si kecil dan ketika dia melakukan sebuah kesalahan maka sebaik nya untuk tidak melakukan tindakan kekerasan, cara yang baik adalah memberikan sebuah pengertian dengan bahasa yang mudah di pahami anak seusianya tanpa harus memberikan sebuah tindakan kekerasan fisik. Apabila anda memiliki anak yang usia nya sudah mencapai usia remaja maka anda dapat melakukan atau menerapkan sistem disiplin kepada mereka.

Sebuah kekerasan fisik dapat meninggalkan luka di tubuh anak dan di perasaan atau jiwa anak anda, tentu hal tersebut akan memberikan dampak secara langsung kepada perkembangan anak anda nanti nya baik secara jasmani atau pun secara emosi mereka. Anak akan selalu mengingat segala tindakan anda lakukan semasa dia masih kecil, maka jangan kaget apa bila anak tersebut sudah besar nanti nya tidak hormat kepada orang tua nya yang telah memperlakukan mereka secara kasar tersebut, sehingga mereka akan meremehkan anda sebagai orang tuanya dan bisa bisa anak tersebut dapat menjadi anak yang tidak berbakti kepada orang tua nya.

Kesimpulan

Berikan lah anak anda sebuah kasih sayang kepada nya, didiklah anak anak dengan sebuah sentuhan kasih sayang dan perhatian kepada mereka namun tetap jaga lah sikap ketika anak anda salah dalam melakukan sebuah tindakan yang salah. Ajari juga sebuah agama kepada anak karena dengan adanya pondasi agama maka seseorang anak akan teratur dalam bertindak, seperti menjalankan ibadah melakukan yang di perintahkan ALLAH dan menjauhi segala larangan Nya. Seperti itu lah beberapa cara mendidik anak yang baik dan benar, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *