Kumpulan Baju Pengantin Adat Yogyakarta Terbaik

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Baju Pengantin Adat Yogyakarta – Daerah Istimewah Yogyakarta merupakan daerah yang kental akan budaya adat istiadat nya, hal itu salah satu nya tercermin pada baju pengantin adat Yogyakarta. Baju pengantin Yogyakarta merupakan baju kebesaran orang Yogyakarta dalam urusan pernikahan mempelai pengantin yang sedang di landa asmara. Agar pernikahan dapat berjalan tanpa kendala, maka sejak dini ke dua mempelai harus mempersiapkan pernikahan secara matang termasuk dalam urusan baju pengantin adat Yogyakarta.

DIY atau Daerah Istimewah Yogyakarta merupakan daerah yang terdiri dari 5 kabupaten di dalam nya yaitu Gunung Kidul, Bantul, Kota Madya, Sleman dan Kulon Progo dimana propinsi Yogyakarta memiliki kewenangan khusus dari pemerintahan pusat untuk mengatur sendiri wilayah nya secara penuh, biarpun pemerintahan pusat tetap harus mengetahui segala aktivitas pemerintahan Yogyakarta, tak terkecuali dalam mengatur pernikahan masyarakat Yogyakarta, salah satu nya juga menentukan baju pengantin Yogyakarta.

baju pengantin adat yogyakarta
Ilustrasi : baju pengantin adat yogyakarta

Berbeda dengan daerah wilayah di Jawa lainnya, Daerah Istimewah Yogyakarta masih sangat kental dengan adat istiadat nya. Seperti nya Yogyakarta sangat identik dengan kota budaya, sejarah dan pendidikan, anda dapat membuktikannya sendiri di Yogyakarta masih sangat banyak budaya atau tradisi tradisi di dalam nya, terutama bila berbicara tentang pernikahan.

Didalam pernikahan Yogyakarta sangat kental unsur budaya nya seperti upacara pesta pernikahan, baju pengantin adat Yogyakarta dan seserahan atau sanggan yang telah di persiapkan oleh mempelai pria untuk diberikan kepada mempelai wanita. Belum lagi saat pernikahan di Yogyakarta selalu ada upacara tradisi yang telah dilakukan oleh nenek moyang pada jaman dulu seperti Nontoni, Lamaran, Paningsetan, Tarub dan banyak sebagai nya dimana setiap upacara tersebut memerlukan yang nama nya persiapan pernikahan yang matang. Dimana setiap upacara pernikahan memerlukan baju pengantin jogja, langsung saja berikut adalah baju pengantin adat Yogyakarta oleh temakita:

  1. Busana Pengantin Pas Ageng Jangan Menir
baju pengantin yogyakarta
Ilustrasi : baju pengantin yogyakarta

Di Keraton,  putra putri dari raja Sri Sultan Hamengku Buwana dalam melangsungkan pernikahan selalu menggunakan busana pas ageng jangan menir tersebut, tidak hanya putra putri dari raja saja melainkan beberapa penduduk sekitar Keraton juga mengenakan baju pengantin Yogyakarta pas angeng jangan menir tersebut. Busana pengantin pas ageng jangan menir tersebut sering digunakan saat acara boyongan, dimana acara boyongan adalah acara dimana mempelai wanita dibawa ke kediaman mempelai pria semalam setelah peresmian pernikahan.

baju nikah jogja
Ilustrasi : baju nikah jogja

Pada jaman dulu busana pas angeng jangan menir ini sering kali digunakan oleh keluarga raja di keraton, tetapi pada era jaman globalisasi seperti saat ini baju busana pas angeng jangan menir tersebut sudah digunakan berbagai kalangan masyarakat, jadi tidak keluarga keraton saja yang menggunakannya.

  1. Busana Pengantin Kesatrian Ageng

Setelah busana pengantin pas ageng jangan menir ada juga yang nama nya busana pengantin kesatrian ageng yang biasanya digunakan masyarakat untuk melangsungkan pernikahan. Bila kita melihat secara detail busana pengantin kesatrian ageng ini terlihat lebih formal bila dibandingkan dengan busana pas ageng jangan menir, hal tersebut dapat anda lihat sendiri dari busana kesatrian yang terlihat bersih dan rapi.

baju pengantin adat yogyakarta
Ilustrasi : baju pengantin adat yogyakarta

Busana kesatrian ageng ini biasanya digunakan anak putra dan putri pangeran di keraton saat melakukan acara resepsi pernikahan. Busana pengantin kesatrian ageng ini tidak hanya digunakan saat acara resepsi pernikahan saja melainkan juga digunakan oleh putra putri pangeran saat upacara Ngarsa yang di laksanakan pada setiap tanggal 20 pada bulan Maulud, sehingga busana kesatrian ageng juga dapat disebut dengan busana Selikuran.

  1. Busana Pengantin Kesatrian
baju pengantin muslim yogyakarta
Ilustrasi : baju pengantin muslim yogyakarta

Busana pengantin yang bisanya digunakan masyarakat Yogyakarta adalah busana pengantin kesatrian, dimana busana kesatrian ini mencerminkan kesederhanaan dan keramahan orang Yogyakarta. Sebagian orang menyangka busana pengantin kesatrian ini mirip dengan busana pengantin kebaya Jawa Timur, ternyata hal tersebut berbeda karena baju pengantin kesatrian ini khas milik Yogyakarta.

Busana pengantin kesatrian ini merupakan salah satu busana khas Yogyakarta yang memberikan kesan santai atau non-formal, tetapi tetap menjaga kesopanan dan adat istiadat Yogyakarta. Baju kesatrian ini sering digunakan oleh masyarakat Jogja, dimana baju kebaya di padu padankan dengan bawahan kain jarik. Kalau atasannya bisanya mempelai pria menggunakan belangkon, sedangkan pengantin wanita menggunakan sanggul yang dimana kedua mempelai sama sama menggunakan selop untuk alas kaki nya.

  1. Busana Pengantin Paes Ageng
baju pengantin yogyakarta
Ilustrasi : baju pengantin yogyakarta

Ulasan baju pengantin adat Yogyakarta yang terakhir adalah paes ageng, busana paes ageng memiliki nama lain yang lebih terkenal yaitu disebut juga dengan busana basahan. Busana pengantin paes ageng sering digunakan oleh putra putri raja saat melangsungkan pernikahan di istana kerajaan Keraton Yogyakarta.

baju nikah jogja
Ilustrasi : baju nikah jogja

Busana paes ageng ini digunakan saat acara perjamuan saat upacara Panggih, dimana acara Panggih ini merupakan acara bertemu nya pengantin pria dengan pengantin wanita. Namun pada jaman saat ini busana paes ageng digunakan saat upacara Panggih sampai dengan resepsi pernikahan. Dimana busana paes ageng tersebut menonjolkan penampilan kegagahan mempelai pria yang diiringi dengan penampilan yang cantik dan aduhai oleh mempelai wanita sehingga mereka berdua terlihat serasi.

Kesimpulan

Seperti itulah beberapa ulasan dan contoh baju pengantin Yogyakarta yang semoga memberikan inspirasi bagi anda dalam mempersiapkan pernikahan yang salah satunya persiapan baju pengantin adat Yogyakarta, Terimakasih.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *