Khasiat Manfaat Lari Pagi Untuk Diet Sehat Alami

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Manfaat Lari Pagi Untuk Diet – Lari pagi merupakan salah satu olah raga yang mudah dan sederhana hanya modal sepatu lari dan setelah baju olah raga, namun manfaat lari pagi ini sangat lah banyak yang salah satu nya adalah manfaat jogging pagi hari adalah untuk menjalani program diet secara alami. Jogging bukan lah olah raga yang berat, dimana jenis olah raga satu ini dapat dikategorikan sebagai olah raga yang ringan, sehingga anda tidak memaksakan fisik secara keras, biar pun olah raga lari atau jogging ini termasuk olah raga ringan, olah raga lari menyimpan banyak manfaat salah satu nya adalah diet secara alami.

Cahaya pada pagi hari sangat lah baik untuk tubuh kita kisaran waktu jam 6-10 pagi adalah waktu yang paling tepat dalam menjaga kebugaran tubuh kita. Pagi hari cocok di gunakan untuk lari pagi bersama pasangan, keluarga maupun sendirian. Olah raga merupakan salah satu usaha untuk dapat kita menurunkan berat badan kita secara ideal dan alami.

Manfaat Lari Pagi Untuk Diet
Ilustrasi : Manfaat Lari Pagi Untuk Diet

Menurut penelitian, Seseorang yang mengalami kesulitan batin, dapat menjadikan lari pagi menjadi sebagai rutinitas tetap, maka melakukannya di pagi hari bisa menjadi opsi yang terbaik biarpun ada beberapa opini kesehatan yang mengatakan lari sore juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Olah raga di pagi hari sangat lah menguntungkan bagi kita dan kesehatan dikarenakan waktu pagi hari kita belum terganggu rutinitas sehari-hari.

  1. Manfaat Lari Pagi Untuk Diet

Meski sampai saat ini belum ada data valid yang menyatakan kalori yang dibakar akan lebih banyak pada waktu-waktu tertentu. Lari di pagi hari secara fisik terstruktur dapat membakar kalori, dalam perhitungannya berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membakar kalori dalam tubuh hingga 295 kalori, sedangkan berjalan dengan kecepatan 5,5 km/jam mampu membakar 140 kalori, sehingga sangat cocok olah raga lari ini sebagai diet secara alami.

Untuk menurunkan berat badan dengan manfaat berlari pagi dapat dilakukan secara bertahap dengan cara olah raga 3 kali per minggu kisaran waktu 60-90 menit. Namun bagi pemula dapat dilakukan kisaran waktu 10 menit dan dilakukan secara bertahap dengan menaikan menitan lari nya. Dengan olah raga lari pagi secara teratur dengan sedikit demi sedikit menaikan menitan lari nya akan membuat stamina anda akan terlatih dan terbiasa.

  1. Mengurangi Gangguan Tidur

Dengan berlari pagi, dapat meningkatkan kualitas tidur kita. Menurut seorang pakar kesehatan, berlari pagi sangat lah berpengaruh pada menurunkan berat badan kita. Bila Kualitas Tidur buruk akan mempengaruhi hormon tertentu dalam tubuh kita yang mempengaruhi dengan nafsu makan. Kebutuhan tidur yang cukup akan memperbaiki beberapa keseimbangan hormon kita dan itu sungguh baik bagi kesehatan dan kualitas tidur.

Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang dengan umur antara 50-75 tahun dengan berat badan lebih dan berlari pagi sekitar 60 menit per minggu, maka kualitas tidurnya lebih baik dibandingkan dengan yang tidak olah raga di pagi hari. Bila olah raga di sore hari akan memperburuk kualitas tidur.

  1. Manfaat Lari Pagi Tanpa Alas Kaki

Di jaman modern seperti ini dengan di tandai sebuah dampak globalisasi serta dampak kemajuan teknologi semakin maju, tentu lah cukup sulit untuk menjaga tubuh ini tetap selalu fit setiap saat. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan hidup yang dipengaruhi oleh prinsip prinsip duniawi, dimana individu bekerja terus bekerja hingga tidak kenal akan waktu sehingga melupakan yang nama nya menjaga kesehatan tubuh setiap hari nya. Padahal dengan olah raga lari pagi tanpa alas kaki merupakan olah raga yang mudah dan sangat minim biaya.

Tentu dengan olah raga lari pagi tanpa alas kaki memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya adalah meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, mampu mengurangi nyeri pada persendian dan otot bahkan sampai sakit kepala, mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan masih banyak lagi manfaat lari pagi tanpa alas kaki.

  1. Manfaat Lari Pagi Sebelum Sarapan

Ada beberapa pakar kesehatan menyarankan agar olah raga lari pagi di lakukan sebelum sarapan pagi, dimana hal tersebut memiliki landasan teori dalam kesehatan. Dimana ketika olah raga sebelum makan, terjadi nya perubahan kinerja hormon insulin dan hormon pada pertumbuhan. Melakukan olah raga sebelum sarapan, sama hal nya kita membantu tubuh untuk menyesuaikan produksi hormon insulin, dengan begitu setelah kita olah raga dan mengkonsumsi makanan, hormon insulin akan bekerja lebih sensitif dan membantu dalam penyerapan nutrisi dari makan yang lebih baik dan akan menyalurkan nutrisi tersebut ke liver dan otot.

Kinerja dari hormon pada pertumbuhan juga menjadi lebih baik ketika olah raga saat pagi hari dan sebelum mengkonsumsi sarapan. Dimana hormon pertumbuhan akan membantu dalam pembentukan jaringan otot, membakar lemak dan akan meningkatkan kesehatan tulang serta ketahanan fisik yang bagus. Dimana efek pertumbuhan ini akan bekerja dimana sebelum nya anda memiliki waktu yang cukup dalam istirahat pada malam hari.

  1. Manfaat lari pagi bagi orang kurus

Memiliki tubuh yang kurus merupakan gen bawaan dari orang tua maupun keluarga, hal tersebut bukan lah sebuah penyakit atau sesuatu yang harus di benci. Tubuh yang kurus terutama saat masa pertumbuhan memiliki potensi jauh lebih cepat tinggi nya bila dibandingkan dengan orang yang gemuk, namun ada tapi nya yaitu dimana hal tersebut harus lah di iringi dengan susu tinggi kalsium serta olah raga lari dengan begitu anda yang memiliki tubuh yang kurus akan mendapatkan manfaat lari pagi bagi orang kurus tersebut.

Tips Olah raga Lari Pagi

Seorang Ahli menyatakan, suhu tubuh yang rendah di pagi hari membuat pemanasan yang cukup sebelum olah raga pagi menjadi sangat penting. Selain itu ada beberapa hal penting dapat dilakukan diantaranya adalah oleh temakita:

  1. Konsumsi lah sari buah atau jus, anda juga dapat mengkonsumsi yoghurt sekitar 30 menit sebelum berlari pagi, Hal ini penting berguna menghindari rasa pusing saat olah raga pagi yang di sebabkan perut kosong. Namun hindari konsumsi kopi.
  2. Lakukan pemanasan saat setelah usai berlari pagi, ini dapat meningkatkan pelenturan dalam tubuh dan mencegah cidera. Putar kepala kanan dan kiri, bungkukan tubuh hingga cari tangan menyentuh jari kaki dan modifikasi gerakan yang tidak berbahaya.
  3. Setelah berlari pagi yang harus dilakukan adalah mendinginkan tubuh dengan cara beristirahat 2-3 menit, tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan secara perlahan. Lakukan hal ini sebelum melakukan aktivitas selanjutnya seperti makan, mandi, dan lain-lain.
  4. Bila anda kesulitan dalam rutinitas olah raga dapat anda coba mencari tempat-tempat kebugaran tubuh untuk menjaga motivasi anda agar tetap bersemangat olah raga.
  5. Jadikan akhir pekan menjadi agenda kewajiban untuk berlari pagi sebagai rutinitas, sebaiknya tetap di jalankan pada akhir pekan bersama keluarga.
  6. Untuk yang terkena penyakit kolesterol atau tekanan darah tinggi atau pun memiliki resiko penyakit jantung, sebaiknya berkonsultasi lah terlebih dahulu jika ingin memulai olah raga pagi.

Mulai lah dari sekarang olah raga pagi secara rutin, lakukan dengan cara bertahap agar mendapatkan hasil yang maksimal dari olah raga pagi dan jaga lah pola hidup sehat.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *