Hari Pertama Kerja, Cara Sukses Hari Pertama Kerja Bagi Karyawan Baru

Setelah melalui berbagai seleksi kerja seperti test psikotes, interview dan test kesehatan. Saatnya anda memulai hal baru yakni hari pertama kerja. Hari pertama kerja harus memberikan kesan baik kepada setiap rekan kerja, kesan pertama yang baik akan memudahkan adaptasi pada lingkungan kerja baru. Oleh sebab itu bagi karyawan baru wajib untuk memahami tips hari pertama kerja.

Hari Pertama Kerja

hari pertama kerja, hari pertama kerja fresh graduate, hari pertama masuk kerja, hari pertama kerja di bank, hari pertama kerja di kantor baru, hari pertama kerja apa yang harus dilakukan, apa yang dilakukan hari pertama kerja, hari pertama di tempat kerja baru, pengalaman hari pertama kerja di bank, cara menghadapi hari pertama kerja, cara hadapi hari pertama kerja, contoh perkenalan hari pertama kerja, cara bersikap di hari pertama kerja, etika hari pertama kerja, hari hari pertama kerja, tips hadapi hari pertama kerja, hal yang dilakukan hari pertama kerja, yang harus dilakukan hari pertama kerja, hari pertama kerja di kantor, tips hari pertama kerja di kantor baru, hari pertama masuk kerja di bank, tips hari pertama masuk kerja, persiapan hari pertama masuk kerja, pengalaman hari pertama kerja, persiapan hari pertama kerja, perkenalan hari pertama kerja, rasanya hari pertama kerja, hari pertama kerja sebagai pns, sikap hari pertama kerja, hari pertama kerja ditempat baru, tips hari pertama kerja di bank, tips untuk hari pertama kerja, tips memulai hari pertama kerja, yang dilakukan hari pertama kerja, yang dilakukan saat hari pertama kerja, yang dilakukan di hari pertama kerja

Tidak sedikit orang yang mengalami kebingungan dalam bersikap saat hari pertama kerja, lantaran belum memiliki pengalaman serta informasi yang cukup perihal kantor baru. Sebenarnya hal itu bukan lah masalah besar, namun bila salah dalam bersikap saat hari pertama kerja, maka rekan kerja kerja akan melihat sebuah keanehan pada diri kita, nah berikut ini adalah tips hari pertama kerja, rekomendasi untuk anda :

  1. Mencari Kantor

Sewajarnya apabila baru diterima kerja baru belum paham dimana lokasi yang menjadi kantor anda bekerja kelak, oleh sebab itu disarankan mencari lokasi kantor baru tersebut. Upaya ini dilakukan agar tidak terlambat masuk kerja di hari pertama, berilah kesan yang baik saat pertama kali kerja dengan cara datang tepat waktu sebelum jam masuk kerja.

Coba bayangkan, ketika hari pertama masuk kerja masih mencari dimana letak kantor baru anda, maka akan dibuat kerepotan untuk mencari alamat kantor baru. Sebaiknya lakukan pengecekan alamat kantor, 3 hari sebelum masuk kerja. Bila tempat kerja jauh dari tempat tinggal, maka usahakan cariĀ  rumah kost yang dekat dengan kantor.

  1. Berkenalan

Pertama kali sampai di kantor, temui satpam kantor untuk menyampaikan bahwa anda merupakan pegawai baru dan segera cari HRD perusahaan. Setelah bertemu dengan karyawan HRD, baiknya berkenalan terlebih dahulu dengannya dan jelaskan profil pribadi secara lengkap.

Setelah perkenalan dengan HRD, anda akan diajak bertemu setiap divisi perusahaan serta bertemu kepala bagian tiap tiap devisi. Disaat itu lah anda berkenalan secara umum didepan ruangan. Usahakan saat berkenalan dengan muka senyum dan jelaskan profil pribadi secara jelas dan bagian anda dimana akan bekerja.

  1. Bersihkan Meja Kerja

Setelah selesai berkenalan, anda akan diajak HRD untuk menunjukan dimana meja kerja anda. Bisanya di meja kerja terdiri dari buku, Komputer, Alat tulis, tisu dan sebagainya. Segeralah membersihkan meja kerja dari debu pada meja, merapikan peralatan kerja dan bila perlu anda dapat mengatur komputer sesuai yang anda inginkan misal memasang beberapa program mendukung dalam bekerja.

  1. Tanya Tugas Pertama

Biasanya pegawai baru tidak diberikan pekerjaan berat. Manager akan mengajak berbicara empat mata untuk membahas pekerjaan pertama anda. Seberat apa pun pekerjaan tersebut saran saya terima saja yang diperintahkan manager, perkara tidak bisa itu urusan belakang yang terpenting anda sudah berusaha untuk menyelesaikan tugas dari manager.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda, tapi biasanya perusahaan akan memberikan test ringan kepada pegawai barunya untuk melihat seberapa mampu dalam bekerja dan menyelesaikan tugas yang telah di berikan.

  1. Bertanyalah Kepada Senior

Ketika mendapatkan tugas pertama, maka kerjakan tugas tersebut dengan serius. Tunjukan kepada manager dan rekan kerja , bahwa anda mampu dan layak bekerja di perusahaan. Kerja kan tugas tersebut semampu anda, bila anda tidak paham pada sesuatu hal maka diperbolehkan membuka referensi di internet untuk memecahkan masalah yang anda alami. Apa bila di Internet tetap tidak ada maka sudah sewajarnya bertanya kepada rekan kerja apa yang harus anda lakukan menyelesaikan proyek atau tugas anda.

Sekedar informasi, anda boleh bertanya kepada senior tetapi jangan terlalu sering karena bila terlalu sering bertanya anda akan dianggap tidak dewasa oleh manager dan rekan kerja, anda akan diberi nilai buruk. Bertanya sewajarnya karena senior juga memiliki kesibukan atau tanggung jawab yang lain.

Kesimpulan

Setelah anda melalui hari pertama kerja, tetap lah konsistensi dalam mengerjakan pekerjaan kantor secara profesional dan tetap sopan kepada seluruh pegawai di kantor. Hindari berbagai kesalahan fatal yang anda lakukan, jangan ceroboh dalam mengerjakan pekerjaan kantor karena setiap apa yang anda kerjakan akan di nilai oleh atasan, tentu ada review pekerjaan setiap bulannya. Begitu lah sedikit tips hari pertama kerja.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *