Fakta Penyebab Kanker Serviks Dan Ciri Cirinya Wajib Mengetahui Bagi Wanita

Penyebab Kanker Serviks Dan Ciri Cirinya – Kanker serviks merupakan kanker yang sangat berbahaya yang biasa nya sering muncul pada leher rahim wanita, oleh sebab itu penting nya mengerti apa penyebab kanker serviks dan gejala nya, sehingga anda dapat melakukan tindakan pencegahan karena sampai sekarang masih banyak wanita yang belum mengerti  apa penyebab kanker serviks dan ciri cirinya. Leher rahim memiliki fungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina wanita. Semua wanita memiliki potensi terkena penyakit kanker serviks, namun penyakit ini dapat menyerang wanita yang memiliki kegiatan hidup seksual yang tinggi.

Pada awal di temukan penyakit kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala yang pasti. Namun pada umum nya gejala kanker serviks biasanya di tandai dengan vagina mengeluarkan darah setelah melakukan hubungan seksual, dimana hal tersebut diluar masa menstruasi atau pun setelah menopause, tetapi belum selama nya terjadi pendarahan di sebabkan oleh kanker serviks. Sekedar untuk memastikan kesehatan penyebab kanker serviks dan ciri cirinya, segera lah melakukan konsultasi kepada dokter yang terkait. Bila sampai hasil konsultasi memberikan tanda tanda terkena kanker serviks maka lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan mendatangi dokter spesialis pada penyakit tersebut.

 Penyebab Kanker Serviks Dan Ciri Cirinya
Ilustrasi : Penyebab Kanker Serviks Dan Ciri Cirinya

Penderita Kanker Serviks Di Indonesia

Kanker serviks juga banyak menyerang wanita wanita Indonesia, dimana saat tahun 2014 badan kesehatan dunia WHO menyatakan terdapat hampir lebih 92 ribu kasus kematian pada wanita yang disebabkan kanker, sedangkan sebesar 10,3% kematian wanita di sebabkan oleh penyakit kanker serviks, untuk total keseluruhan dari kematian pada wanita yang di sebabkan oleh kanker serviks adalah sebesar hampir 21 ribu korban jiwa.

Di tahun 2000 hingga tahun 2012, banyak wanita muda yang sudah terkena kasus penyakit kanker serviks dimana kisaran umur nya adalah 21 hingga 22 tahun pada tahun 2000 dan mencapai usia dibawah 20 tahun pada 2012. Dari banyak nya kasus kanker serviks pada wanita tersebut. WHO melakukan penelitian secara intens terhadap penyakit tersebut, hasil penelitian tersebut menyatakan kurang nya skrining pada penyakit di Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu faktor tinggi nya kematian dikarenakan kanker serviks di Indonesia, karena telat nya melakukan pengecekan diagnosis, sehingga kanker tersebut sudah menyebar ke seluruh organ tubuh lain di dalam tubuh, hal tersebut lah yang memicu penyebab kanker serviks dan ciri cirinya semakin sulit.

Harapan Hidup Penderita Kanker Serviks

Masalah umur seseorang memang semua kembali lagi kepada keputusan Tuhan terhadap hamba nya, namun menurut para dokter penderita kanker serviks memiliki rentang umur yang bervariasi tergantung dengan hasil diagnosis stadium kanker serviks yang penderita terima. Stadium kanker serviks memiliki beberapa tipe tahapan dari angka satu hingga angka empat, dimana setiap tingkat angka kanker serviks tersebut menjelaskan perkembangan dan penyebaran kanker. Angka harapan bertahan hidup setidaknya minimal lima tahun setelah di nyatakan hasil positif diagnosis kanker serviks, berikut ini di kelompokan beberapa tingkat stadium kanker serviks dan harapan hidup penderita:

  • Stadium 1 : 80-99 persen
  • Stadium 2 : 60-90 persen
  • Stadium 3 : 30-50 persen
  • Stadium 4 : 20 persen

Gejala Kanker Serviks

Sampai saat ini kanker serviks tidak selalu memberikan tanda tanda yang jelas gejala serviks, bahkan gejala kanker serviks tidak muncul sama sekali. Yang perlu anda patut waspada adalah gejala kanker serviks tersebut memberikan tanda tanda gejala nya ketika kanker sudah memasuki tahap akhir stadium. Oleh karena itu pemakaian pap smear secara rutin sangat penting dalam menangkap sel pra-kanker dan mencegah dalam perkembangan kanker serviks tersebut. Seperti yang telah di jelaskan di atas gejala kanker serviks ditandai dengan terjadi nya pendarahan secara abnormal ketika usai melakukan hubungan seksual, berikut adalah gejala lain yang mungkin terjadi pada kanker serviks:

  • Cairan yang keluar yang tidak bisa berhenti dari vagina dan memiliki bau yang sangat menyengat dan aneh atau berbeda dari biasanya, berwarna merah muda, pucat, cokelat, dan mengandung darah.
  • Rasa sakit setiap melakukan kegiatan seksual
  • Perubahan siklus menstruasi tanpa di ketahui yang menyebabkan nya, misal nya menstruasi yang terjadi lebih dari tujuh hari untuk tiga bulan atau lebih, bisa juga pendarahan yang terjadi dalam jumlah yang sangat besar.

Untuk kanker serviks yang terjadi pada stadium akhir akan menyebar ke luar yang bermula dari leher rahim menuju ke jaringan serta organ organ tubuh di sekitar nya. Pada tahap ini, gejala yang terjadi akan berbeda, antara lain berikut ini oleh temakita:

  • Terjadinya pendarahan darah dalam urine
  • Terjadinya permasalahan serius saat buang air kecil karena penyumbatan ginjal atau ureter.
  • Perubahan terjadi kebiasaan buang air besar dan buang air kecil
  • Terjadinya penurunan berat badan
  • Pembengkakan terjadi pada salah satu kaki
  • Sering terjadi nyeri pada tulang
  • Selera makan yang menurun drastis
  • Merasakan sakit perut bagian bawah dan juga panggul
  • Merasakan nyeri pada punggung atau pinggang, hal tersebut lebih disebabkan oleh terjadi nya pembengkakan pada ginjal. Dimana kondisi tersebut sebagai hidronefrosis.

Bila anda merasakan tanda tanda di atas maka, sebaiknya anda segera memeriksakan kesehatan anda ke dokter umum bila perlu langsung menemui dokter spesialis. Apa lagi gejala terjadi nya pendarahan secara abnormal pada vagina yang mungkin disebabkan beberapa faktor. Tetapi hal tersebut harus lah segera untuk melakukan pemeriksaan oleh dokter untuk memahaminya secara detail gejala gejala yang dirasakan.

Penyebab Kanker Serviks Dan Ciri Cirinya

Kanker serviks di mulai saat sel sel yang sehat terjadi nya mutasi secara genetik atau perubahan pada struktur DNA, kemudian perubahan genetik tersebut merubah sel normal menjadi sel abnormal. Sel yang sehat akan tumbuh dan berkembang biak pada kecepatan yang cukup cepat, sedangkan sel kanker akan tumbuh dan berkembang biak tanpa terkendali. Jumlah sel abnormal yang terus berkembang biak akan menjadi kan nya sebagai tumor. Sel kanker yang muncul kemudian akan menyerang jaringan sekitar nya. Sel bisa melakukan melepas diri dari lokasi dan menyebar ke wilayah tubuh lain nya, proses proses tersebut yang disebut dengan metastasis.

Tentu kanker serviks terjadi memiliki beberapa faktor pendukung, berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan kanker serviks dapat terjadi antara lain:

  • Kegiatan seksual yang terlalu dini, melakukan hubungan seksual yang di lakukan secara dini memiliki potensi untuk terserang penyakit kanker serviks dan meningkatkan resiko terinfeksi HPV.
  • Berganti ganti pasangan, Melakukan kegiatan seksual yang bukan muhrim atau zina(Bahaya dampak negatif berzina), akan meningkatkan resiko terkena infeksi HPV
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah, dalam kondisi ini mungkin dikarenakan mengkonsumsi obat tertentu seperti imunosupresan. Obat jenis ini memiliki fungsi agar tubuh tidak menolak donor organ dari orang lain karena menderita HIV/AIDS
  • Melahirkan anak, memang terdengar aneh ketika mendengar pernyataan melahirkan anak memiliki resiko terkena kanker serviks, pada kenyataannya semakin banyak melahirkan anak maka semakin tinggi pula seorang wanita terkena kanker serviks, wanita yang memiliki tiga orang anak, maka akan memiliki tiga kali lebih beresiko terkena penyakit kanker serviks daripada wanita yang tidak memiliki anak sama sekali. Hal tersebut dikarenakan perubahan hormon saat sedang hamil membuat lahir rahim lebih rentang terkena HPV

Kesimpulan

Penyebab kanker serviks dan ciri cirinya utama kanker serviks banyak faktor nya, hal tersebut tergantung kondisi yang dialami oleh penderita nya, oleh sebab itu untuk menghindari berbagai penyakit yang salah satu nya merupakan kanker serviks maka sebaik nya anda harus pandai dalam menjaga pola hidup sehat dan teratur seperti makan makan bergizi dan berimbang serta jangan lupakan untuk tetap olah raga secara teratur, sekian artikel tentang

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *