Fakta Penyebab Dan Ciri Penyakit Meningitis

Ciri Penyakit Meningitis – Sampai saat ini beberapa orang masih bingung penyebab penyakit meningitis, apakah penyakit meningitis menular atau tidak dan penyakit meningitis itu apa. Penyakit meningitis merupakan penyakit yang mematikan seperti hal nya penyakit kanker, tetapi tetap penyakit kanker jauh lebih mematikan bila dibandingkan dengan penyakit meningitis akut. Penyakit meningitis akut merupakan penyakit meningitis yang sudah terlanjur parah yang sebelum nya tidak ada penanganan medis secara tepat dan cepat, sehingga membuat seseorang terkena penyakit meningitis akut, oleh sebab itu ketahui ciri penyakit meningitis.

Mungkin masyarakat Indonesia tidak begitu peduli  penyakit meningitis tersebut, sebelum ada pemberitaan seorang artis Indonesia harus merelakan nyawa nya karena terindikasi penyakit meningitis akut. Penyakit meningitis sebenarnya sudah lama menyerang masyarakat sejak jaman dulu. Salah satu penyebab dari penyakit meningitis merupakan sebuah infeksi yang disebabkan virus dan bakteri yang merugikan didalam otak sehingga terjadi nya pembekakan pada otak manusia.

Lebih formal(Biologi) nya penyakit meningitis adalah penyakit yang disebabkan infeksi pada meninges(selaput pelindung) yang bertugas untuk melindungi syaraf tulang belakang dan otak manusia. Ketika terjadi peradangan, selaput pelindung membengkak karena infeksi yang terjadi pada otak. Sistem syaraf manusia dapat rusak pada beberapa kasus. Penyakit meningitis merupakan salah satu penyakit yang dapat dikategorikan kelas berat, dimana bila tidak segera dilakukan penanganan secara medis dan tepat dapat mengakibatkan masalah serius, mengingat penyakit ini langsung menyerang otak sehingga dapat menyebabkan kerusakan pikiran bahkan harus berujung dengan kematian.

Dikarenakan dampak dari penyakit meningitis ini terlampau parah, para penderita penyakit meningitis dianjurkan untuk memeriksa kesehatan nya, bila terjadi penyakit meningitis dan gejala nya kepada dokter sehingga tidak terkena penyakit meningitis akut, baik penyakit meningitis tersebut disebabkan oleh virus, bakteri maupun jamur pada otak. Penyakit meningitis ini memerlukan tindakan medis dengan segera dengan obat obatan, karena masing masing penyakit meningitis akan mendapatkan therapy yang sesuai dengan penyebab penyakit meningitis tersebut.

Ciri Penyakit Meningitis
Ilustrasi : Ciri Penyakit Meningitis

Tetapi tetap tenang sebenarnya penyakit meningitis ini tidak selalu berujung pada kematian, karena di luar sana masih banyak para pasien meningitis berhasil luput dari kematian yang ditakdirkan oleh Tuhan, karena memang jalan takdir nya tidak meninggal karena penyakit meningitis, semua itu adalah kuasa Tuhan, dimana kita sebagai hambanya harus banyak berdoa dan berusaha pantang menyerah untuk sembuh dari penyakit meningitis tersebut, bila kedua hal tersebut sudah dilakukan adalah Tawakal(manfaat perilaku tawakal untuk kehidupan yang lebih baik).

Penyebab Penyakit Meningitis

Sebenarnya penyakit meningitis ini disebabkan oleh beberapa virus didalam otak yang tidak cukup berbahaya dan dapat akan pulih tanpa perawatan dan pengobatan secara spesifik. Tetapi penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat menyebabkan kondisi yang berbahaya seperti terjadi nya kerusakan otak, hilangnya semangat hidup, berkurang nya pendengaran bahkan lebih parah nya dapat menyebabkan kematian bila korban tidak dapat tertolong lagi. Sedangkan penyakit meningitis  yang disebabkan oleh virus jarang kali terjadi bila memang terjadi maka virus tersebut dapat memberikan infeksi secara tidak langsung pada otak manusia sehingga mempengaruhi daya tahan tubuh.

Bakteri dan virus yang menjadi penyebab penyakit meningitis ini biasanya terjadi pada makanan yang dimakan tidak higienis, lingkungan tempat tinggal yang tidak memadai standar hidup sehat, lemah nya daya tahan tubuh manusia sehingga mudah diserang oleh bakteri dan virus, tidak sengaja tertelan nya cairan cacar air yang dimana didalam cairan tersebut menyimpan banyak virus dan bakteri bahkan bukan hal yang tidak mungkin bila penyakit meningitis tersebut di sebabkan oleh tertular nya penderita meningitis tersebut. Untuk Pernyataan terakhir sudah mewakili pertanyaan apakah penyakit meningitis menular atau tidak.

Tentu penyakit meningitis ini dapat menular dari satu orang ke orang lain nya hal ini disebabkan oleh virus, bakteri, mikroorganisme dan jamur. Adapun yang menjadi media penularan penyakit meningitis ini yaitu ingus, air liur, bersin, tertawa, bahkan hanya sekedar berbicara. Tetapi tenang dulu, penularan virus dan bakteri sebagai aktor utama penyakit meningitis ini lebih disebabkan lemah nya daya tahan tubuh seseorang sehingga virus dan bakteri dapat masuk dan menyerang. Dokter syaraf pun juga memberikan sebuah pernyataan lain nya bila seorang korban penyakit meningitis ini telah sembuh maka kecil kemungkinan nya penyakit meningitis tersebut menular ke orang lain, hal tersebut lebih dikarenakan virus dan bakteri telah berhasil di karantina pada salah satu sel tubuh manusia dengan bantuan obat medis serta daya tahan tubuh manusia.

Ciri Penyakit Meningitis

Tanda atau ciri penyakit meningitis dapat terlihat dari perilaku korban nya sehari hari, tanda yang paling umum adalah dikalangan pasien penyakit meningitis pada usia anak anak sampai dengan dewasa adalah dimana leher terasa kaku dan sering pegal, terutama ketika mencoba untuk menempatkan dagu pada dada. Serta gejala lain nya yang dapat terlihat pada penderita penyakit meningitis ini adalah merasakan nyeri pada kepala, demam yang terus menerus, muntah, dan biasanya lebih parah adalah terjadi nya kejang kejang bila tidak segera ditangani maka dapat tidak sadarkan diri atau pingsan.

Sementara itu orang dewasa dan anak anak dengan orang yang memiliki riwayat medis yang bermasalah mungkin memiliki gejala penyakit meningitis yang berbeda, tetapi hal tersebut kecil kemungkinan nya. Yang berbahaya justru penyakit meningitis pada bayi sangat sulit untuk dikenali, karena pada masa masa seperti itu para bayi sangat sulit menunjukan secara detail ekspresi, tetapi ada gejala umum lain nya pada bayi seperti bayi susah untuk makan, rewel, timbulnya ruam yang ketika disentuh akan membuat bayi menangis dan menangis terus menerus tanpa sebab yang jelas. Sementara itu gejala penyakit meningitis terhadap anak kecil yaitu dapat dikenali mirip dengan penyakit flu, yakni berupa batuk atau kesakitan saat bernafas. Sedangkan untuk mengenali penyakit meningitis pada orang dewasa atau orang yang lebih tua dengan orang yang memiliki riwayat medis yang bermasalah mungkin hanya berupa sakit kepala yang disertai dengan demam yang tinggi.

Pencegahan Penyakit Meningitis

Kali ini artikel dari temakita hanya membahas penyebab dan ciri penyakit meningitis, serta cara pencegahan terkena nya penyakit meningitis yang disebabkan oleh tertular nya dari penderita meningitis tersebut. Tetapi besuk bila ada waktu akan kami berikan informasi seputar cara mengatasi atau menyembuhkan penyakit meningitis tersebut. Berikut cara pencegahan meningitis:

  1. Menjaga Kebersihan

Pada dasar nya penyebab dari penyakit penyakit meningitis adalah lingkungan yang kotor, salah satu hal yang memiliki peran yang penting untuk menjaga kebersihan adalah selalu bersihkan tangan ketika hendak akan makan sesuatu, hal tersebut dikarenakan tangan merupakan media yang paling ampuh dalam masuk nya serta penyebaran virus dan bakteri. Sebaiknya bersihkan tangan menggunakan sabun yang anti bakteri sebelum hendak makan.

  1. Hindari Peralatan

Hindari berbagai peralatan makan, seperti gelas, piring, sendok, garpu sedotan, handuk dan sebagai nya yang di curigai sebagai media penyebaran virus dan bakteri tersebut terhadap penderita penyakit meningitis tersebut. Hal ini terus anda lakukan sampai penderita penyakit meningitis ini diberikan keterangan dari medis bahwa dia telah sembuh.

  1. Konsumsi Antibiotik Dan Vitamin

Ketika bersama dengan orang yang terkena penyakit meningitis, maka sebaiknya minum lah antibiotik yang dianjurkan oleh dokter hal ini dilakukan untuk menanggulangi penyebaran virus dan bakteri. Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda, sehingga virus dan bakteri tidak dapat menyerang tubuh anda dikarenakan antibodi anda sedang berjalan dengan baik.

Kesimpulan

Penyakit meningitis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat membuat korban nya meninggal, tetapi percayalah dan terus berusaha untuk tetap yakin si penderita meningitis dapat sembuh baik dengan pertolongan medis lebih lebih pertolongan dari kuasa Tuhan, sekian artikel tentang Fakta Penyebab Dan Ciri Penyakit Meningitis, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *