Dampak Negative Dari Tidur Lampu Dinyalakan

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Apakah anda merupakan orang yang suka tidur menghidupkan lampu? bila anda merupakan salah satu dari sekian banyak masyarakat yang tidur dengan lampu menyala maka mulai lah dari sekarang anda harus merubah kebiasaan tersebut. Selain membuat anda sulit untuk tidur, cahaya yang terang dapat memberikan resiko terhadap kesehatan anda. Paparan cahaya saat tidur dapat menghambat terbentuknya melatonim, seperti yang kita ketahui melatonim merupakan hormon yang mengatur seseorang mengantuk untuk tidur dan terbangun dari tidur. Kekurangan melatonim ini lah yang membuat gangguan tidur dan gangguan kesehatan tubuh kita. Lalu selain hal tersebut apa saja resiko tidur dengan lampu menyala?

  1. Obesitas, N.A. Rybnikova, peneliti dari University of Haifa, Israel, melakukan studi terhadap kaitan antara cahaya buatan di malam hari (artificial light at night/ALAN),  terhadap obesitas pada pria dan wanita. Semakin tingginya pancaran sinar ketika tidur akan mengakibatkan tingginya obesitas pada tubuh. karena paparan cahaya pada malam hari juga menghambat dari pertumbuhan melatonim, hormon yang mengatur siklus tidur manusia. Logikanya ketika produksi hormon melatonim rendah membuat tubuh kita merasa lapar dan nafsu makan tersebut dapat pula membuat obesitas.
  2. Depresi, Sebuah penelitan di Ohio State University yang diterbitkan pada tahun 2012 oleh jurnal Molecular Psychiatry, menyatakan adanya paparan cahaya terang saat kita tidur akan memicu gangguan mental yaitu depresi. Saat kita tidur dengan lampu dinyalakan akan mempengaruhi otak, khususnya di bagian hipokampus yang mengatur emosi dari seseorang. Selain itu otak banyak memproduksi lebih banyak senyawa umor Necrosis Factor (TNF) penyebab radang yang sangatlah berkaitan dengan depresi.
  3. Mempengaruhi Kesehatan Reproduksi, Terdapat penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa apa pun jenis cahaya pada malam hari seperti lampu dijalan raya, sinar komputer, sinar smartphone dan sinar lampu dapat mengakibatkan fatal pada gangguan reproduksi wanita.
  4. Kanker, Melalui jurnal yang diterbitkan oleh Cancer Genetics and Cytogenetics tahun 2010, menyatakan lampu dinyalakan pada saat tidur dapat memicu berlebihan dari sel-sel pembentukannya kanker. Para ilmuwan mengungkapkan ketika seseorang telah tertidur dengan lampu mati dan tidak sengaja terbangun dalam tidurnya di malam hari, pria tersebut menyalakan lampu untuk tidur kembali maka dapat menyebabkan perubahan biologis yang memungkinkan mengarah ke pembentukan kanker.
Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *