Dampak Negatif Bahaya Perokok Pasif Bagi Tubuh

Bahaya Perokok Pasif –  Pernah terpikir apa bahaya perokok pasif bagi kesehatan, terlebih bila anda sedang hamil muda dan suami anda seorang perokok aktif maka secara tidak langsung memberikan dampak bahaya perokok pasif bagi ibu hamil. Terlebih saat ini banyak orang tua pria selalu melakukan merokok di depan anak anak nya, seakan mereka tidak mengetahui bahaya perokok pasif bagi anak. Oleh karena itu ketahui lah bahaya rokok bagi perokok pasif agar anda dapat melakukan tindakan yang bijak dalam menyikapi keadaan para perokok aktif.

Mungkin dari anda mengetahui maksud dari perokok pasif dan sebagian juga belum mengerti apa itu perokok pasif. Perokok pasif merupakan seseorang yang tidak melakukan kegiatan merokok secara langsung, tetapi dengan hanya menghirup asap rokok yang ditimbulkan oleh perokok aktif pada lingkungan sekitar nya seperti di rumah, taman, lingkungan kerja dan sebagainya dapat mengakibatkan para perokok pasif di sekitar nya terkena dampak negatif bahaya rokok bagi kesehatan tubuh.

bahaya perokok pasif bagi kesehatan
Ilustrasi : bahaya perokok pasif bagi kesehatan

Dampak negatif bahaya rokok bagi perokok pasif tidak hanya produk rokok tembakau melainkan bahaya rokok tersebut juga di dapatkan dari rokok elektrik(Alasan mengapa bahaya rokok elektrik vapor). Semakin sering seseorang terkena asap rokok, maka semakin tinggi pula terkena resiko gangguan kesehatan yang akan dialaminya.

Ketika asap di hembuskan oleh perokok aktif ke udara, asap tersebut tidak dapat hilang begitu saja. Asap asap yang dihasilkan rokok akan bertahan dua sampai tiga jam hingga asap tersebut benar benar hilang di lingkungan tersebut. Hebatnya lagi asap rokok tersebut tidak dapat terdeteksi dengan menggunakan alat indra penciuman dan juga indra penglihatan anda.

Efek Bahaya Perokok Pasif Bagi Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan diatas dengan hanya menghirup asap yang dihasilkan oleh rokok, maka seorang perokok pasif juga terkena dampak negatif bahaya perokok pasif bagi anak atau pun bahaya perokok pasif bagi wanita. Dengan terkena langsung asap rokok dapat langsung terkena menimbulkan gejala seperti mata perih, batuk batuk dan sakit kepala.

Pada hasil sebuah penelitian, asap yang dihasilkan oleh rokok telah mengandung lebih dari 7000 jenis zat kimia, dimana ratusan diantara zat kimia tersebut merupakan atau terindikasi berbahaya. Diantaranya kandungan zat pada rokok yang berbahaya tersebut adalah zat karbon monoksida dan zat amonia, tidak hanya itu saja pada kandungan asap rokok terdapat lebih dari 50 bahan kimia yang dapat menyebabkan penyakit kanker, kadium, nikel dan formaldehida. Berikut bahaya perokok pasif bagi kesehatan yang di kategori kan berdasarkan jenis kelamin dan umur.

  1. Pada Orang Dewasa Bukan Perokok Aktif

Asap yang dihasilkan oleh rokok tidak hanya berdampak negatif pada anak anak dan para wanita, melainkan pria dewasa juga dapat terkena dampak bahaya perokok pasif bagi pria. Pria yang terkena asap rokok secara pasif dapat meningkatkan resiko seseorang tersebut terkena kanker paru paru sebesar 25%. Asap rokok yang dihirup memiliki dampak dapat merusak dinding pembuluh darah dan juga dapat membuat darah menjadi lebih mudah untuk menggumpal.

Merokok pasif juga dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Semua dampak negatif asap rokok tersebut membuat lebih terkena resiko terkena penyakit stroke dan serangan jantung. Hal tersebut lantaran terganggunya pembuluh yang mengalirkan darah ke jantung, dengan begitu akan terjadinya gangguan pada jantung dan bahkan rentan terkena gagal jantung.

  1. Bahaya Rokok Pasif Bagi Ibu Hamil

Bila anda saat ini sendang mengalami hamil muda, maka disarankan untuk menjauhi suami anda yang sedang merokok karena secara tidak langsung dapat membahayakan janin dalam kandungan anda. Wanita hamil yang sedang masa kehamilan nya bila terkena asap rokok mengakibatkan mengalami resiko lebih tinggi terjadi nya kompilikasi seperti gangguan, lahir tetapi bayi meninggal dan bayi yang terlahir memiliki berat badan yang tidak normal dimana hal tersebut racun yang terdapat asap rokok dapat menghambat aliran darah yang sebenarnya merupakan nutrisi bagi bayi saat dalam kandungan.

Asap rokok yang dihirup saat ibu mengandung dapat menyebabkan perubahan struktur DNA bayi yang nanti nya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh nya ketika terlahir di dunia. Selain itu asap rokok dapat mengganggu pertumbuhan otak saat berada di kandungan serta berisiko mengalami keterbelakangan mental bahak lebih parah nya bakteri merugikan yang terdapat pada racun asap rokok dapat menimbulkan penyakit meningitis.

  1. Bahaya Rokok Pasif Bagi Anak

Anak anak memiliki kondisi fisik dan daya kekebalan tubuh tidak seperti keadaan pada orang dewasa pada umum nya, terutama daya tahan tubuh seorang anak tidak sama dengan kondisi orang dewasa hal tersebut dapat berpeluang rentan terkena penyakit pada anak tersebut. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat menyerang atau bahaya rokok pasif bagi anak oleh temakita :

  • Mudah terkena penyakit Flu atau pilek
  • Anak yang sering terkena asap rokok lebih rentan terhadap penyakit asma bila dibandingkan dengan anak yang tidak terkena asap rokok.
  • Mudah terkena infeksi telinga dan sistem pernapasan seperti penyakit pneumonia dan bronkitis
  • Rentan terhadap alergi
  • Sindrom yang menyebabkan kematian mendadak

Selain itu anak anak yang di besarkan oleh orang tua nya yang hobi merokok maka mental anak tersebut terbentuk untuk melakukan kegiatan merokok saat mereka besar nanti. Oleh karena itu jadilah contoh yang baik untuk anak anak anda, yaitu dengan cara berhenti merokok. Selain memberikan manfaat bagi anak anak anda, dengan berhenti merokok maka mendatangkan manfaat bagi kesehatan anda sendiri.

Tips Menghindari Asap Rokok

Terdapat ada beberapa tempat yang harus diwaspadai oleh para perokok pasif, untuk terhindar dari bahaya asap racun rokok tersebut. Berikut adalah langkah langkah yang dapat di terapkan pada tempat tempat tersebut:

  • Anda dapat menegur atau meminta para perokok aktif untuk tidak melakukan kegiatan merokok ketika bersama dengan anda. Bila hal tersebut tidak berhasil maka jalan satu satu nya anda dapat pindah ditempat yang tidak terdapat asap rokok.
  • Membuat kondisi rumah yang terbebas dari asap rokok merupakan cara yang paling baik yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan keluarga. Larang siapa pun orang yang hendak merokok di rumah anda, mungkin hal tersebut terlihat ekstrim tetapi hal tersebut demi kesehatan bersama.
  • Asap rokok dapat anda temukan hampir berada di seluruh tempat yang dimana disana terdapat orang yang merokok, apa lagi tempat tempat umum seperti kafe(Peluang binis kafe modern) dan warnet(Peluang Usaha Warnet). Bila anda berada di tempat tempat umum tersebut dan terdapat banyak asap rokok maka sebaiknya cari lah tempat yang terbebas asap rokok, biasanya ruangan tersebut sudah di fasilitasi pada tempat umum tersebut.

Kesimpulan

Setelah anda memahami bahaya asap rokok bagi perokok pasif, maka yang perlu anda lakukan sekarang adalah mengambil tindakan tindakan yang bijak agar tidak terkena dampak bahaya asap rokok tersebut, sekian artikel tentang Dampak Negatif Bahaya Perokok Pasif Bagi Tubuh, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *