Cara Promosi Produk Yang Efektif Online Dan Offline

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Cara Promosi Produk Yang Efektif – Sebelum membahas tentang promosi terlebih dahulu lebih baik membahas apa itu online dan offline karena dua kata tersebut merupakan sebuah dasar sebuah sistem. Mungkin sudah banyak yang tahu apa itu online dan apa itu yang dinamakan dengan offline, tapi ada baik nya sedikit saja di ulas sistem offline dan online. Sistem online merupakan sistem yang mengharuskan user melakukan interaksi melalui sebuah jaringan internet yang dimana jaringan internet tersebut menghubungkan berbagai server komputer di seluruh dunia. Sedangkan sistem offline merupakan sistem yang biasanya kita lakukan sehari-hari atau dapat dikatakan sistem offline tidak membutuhkan jaringan internet untuk proses kerja nya.

Setelah anda memahami apa itu sistem online dan sistem offline ada baiknya membahas apa itu promosi supaya lebih lengkap dan jelas. Promosi adalah sebuah kegiatan dimana seseorang atau organisasi untuk memasarkan produk kepada konsumen supaya konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut entah itu terlepas mereka membutuhkan produk tersebut atau tidak. Promosi kalau masyarakat umum menyebutnya dengan pekerjaan marketing atau sales.

Promosi Produk Melalui Blog, promosi produk offline,cara promosi produk ,cara promosi produk lewat facebook ,cara promosi produk di facebook ,cara promosi produk di instagram ,cara membuat video promosi produk ,cara membuat blog untuk promosi produk ,cara promosi produk yang efektif ,cara promosi produk di internet ,cara promosi produk jasa ,cara promosi produk baru ,cara promosi produk online ,cara promosi produk yang baik
ilustrasi promosi produk efektif

Promosi sebenarnya merupakan sebuah ujung tombak dari segi bisnis, karena dengan keberadaannya membuat produk tersebut laku di pasaran. Sehebat apa pun kualitas produk bila tanpa promosi sama aja bohong maka produk tersebut tidak laku terjual begitu pula sebaliknya sehebat apa pun promosi kepada suatu produk bila produk nya tidak ada atau kualitasnya buruk maka tidak ada orang yang ingin membeli nya.

Inti dari kegiatan bisnis adalah dimana dua elemen antara produk dan promosi saling bersinergi atau saling terkait supaya dapat menggapai semua tujuan dari perusahaan tersebut. Terus bagaimana ternyata suatu produk memiliki kualitas baik tapi bingung cara promosi produk tersebut? oleh karena itu tema kita akan membantu cara promosi produk online maupun promosi produk offline:

Promosi Produk Offline – Penentuan Pasar Serta Perencanaan Produk

Hal yang pertama untuk promosikan produk adalah menentukan pasar mana yang akan anda layani. Coba amati wilayah tersebut apakah ada masalah atau peluang bisnis disana, bila ada segera lakukan perencana produk apa saja yang akan anda jual, tentu nya produk yang anda jual merupakan produk yang dibutuhkan pada pasar tersebut.

Misalkan contoh ketika anda berada di wilayah pedesaan dimana disana jauh dari pasar tradisional, maka sasar kan produk kepada ibu-ibu yang berada di wilayah tersebut dengan cara menjual berbagai kosmetik, sayur-mayur atau membuka toko kelontong merupakan solusi yang mudah dan praktis.

Promosi Produk Offline – Menawarkan Secara Langsung

Promosi produk barang atau promosi produk jasa dapat anda lakukan dengan menyampaikan kepada orang yang membutuhkan. Cari cara yang paling mudah untuk mempromosikan produk. Promosi produk melalui lah dari orang terdekat anda seperti keluarga, teman dan orang tua. Buat mereka tertarik untuk membeli produk yang anda miliki. Cara promosi produk cukup lah mudah yaitu berikan penjelasan produk tersebut secara rinci dengan memberikan kesan produk tersebut memiliki fasilitas yang baik dan sesuai kebutuhan mereka.

Promosi Produk Offline – Gunakan Media Cetak

Saat ini banyak sekali media cetak yang dapat digunakan untuk ajang promosi sebuah produk, anda dapat menyewa jasa desainer atau pun membayar secara langsung pada perusahaan percetakan untuk dibuatkan sebuah brosur, spanduk dan sebagainya. Perusahaan percetakan biasanya menawarkan berbagai paket pembuatan media cetak sesuai dengan kebutuhan anda untuk memasarkan produk.

Setelah brosur berhasil di cetak maka sebarkan brosur tersebut kepada orang-orang yang memiliki potensi untuk menjadi konsumen setia anda. Sertakan berbagai gambar yang menarik serta kombinasi warna yang bagus pada brosur produk anda, jangan lupa untuk menyediakan sebuah kotak kecil yang telah anda cantumkan kontak telepon pada brosur tersebut. Untuk menghindari selebaran brosur anda dibuang percuma oleh orang ada baik nya anda mencantumkan hal yang bermanfaat dalam brosur tersebut.

Promosi Produk Offline – Menentukan Waktu Dan Lokasi

Tidak hanya anda menentukan pasar mana saja yang akan anda layani, melainkan anda membutuhkan tempat yang strategis untuk menjual produk-produk anda kepada konsumen. Penentuan waktu juga harus di tentukan di awal membuka usaha, untuk waktu di sesuaikan dengan kebutuhan pasar tersebut.

Misal anda menjual aneka peralatan tulis kantor-sekolah dan fotokopi maka ada baik nya anda membuka usaha tersebut sampai larut malam karena biasanya siswa-siswa atau pun karyawan berburu perlengkapannya di malam hari, produk-produk seperti penggaris, pensil, buku, bolpoin hingga melayani produk jasa fotokopi cukup laris.

Promosi Produk Online – Sosial Media

Sosial media merupakan website yang dimana tempat berkumpul nya seluruh orang di dunia, untuk sekedar menonton video, mengobrol dan melihat informasi. Banyak sosial media yang dapat anda gunakan untuk ajang promosi produk yang anda jual diantaranya sosial media lewat facebook, instagram, twitter, BBM, Whatshap dan banyak lainnya.

Dengan memposting produk pada branda akun sosial media anda, produk anda  dapat dilihat teman-teman yang menjadi teman di sosial media, bila sekiranya produk tersebut menarik dan memang dibutuhkan oleh konsumen maka sudah tentu produk anda akan laris terjual.

Promosi Produk Online – Forum

Solusi lain yang dapat anda coba adalah dengan memasarkan produk melalui sebuah situs forum, tentunya forum yang anda tuju merupakan forum yang sejenis dengan produk yang anda jual nantinya supaya anda tidak disangka salah lapak berjualan di forum yang salah. Untuk jualan di forum tentu tidak membutuhkan biaya sama sekali cukup menjadi anggota forum tersebut lalu membuat postingan atau thread yang membahas produk yang akan anda jual.

Banyak forum yang sudah populer dan memiliki nama besar diantaranya adalah ads.id untuk forum blogger indonesia, detik.com dan kaskus. Dari ketiga forum diatas memungkinkan anda untuk menjual produk anda di website mereka secara gratis jadi anda tidak perlu memikirkan biaya apa pun.

Promosi Produk Online – Promosi Produk Melalui Blog

Blog merupakan jenis website yang didalamnya berupa artikel yang memberikan berbagai manfaat kepada pembaca. Blog sendiri dapat dibuat sedemikian rupa untuk mempromosikan produk yang anda jual nantinya. Website blog sendiri dibuat sangat praktis seperti melakukan instalasi pada software pada umum nya.

Ada 2 Platform yang sangat populer dalam dunia blog yaitu blogspot milik google dan wordpress, keduanya sama-sama memberikan sarana gratis untuk hosting dan domain nya, walaupun domain yang diberikan merupakan subdomain. Untuk menjaring pembeli yang banyak anda harus membuat website tersebut terindex dengan bagus sehingga visitor yang anda dapatkan banyak dengan begitu akan membantu anda dalam menjual produk.

Promosi Produk Online – Video Online

Media video merupakan media yang sangat interaktif dimana dalam video tersebut anda dapat mempromosikan produk yang anda miliki. cara membuat video promosi produk tidak lah sulit hanya membutuhkan sebuah kamera seperti DSLR atau pun dapat memperdayakan kamera handphone untuk mengambil video tersebut.

Untuk hasil yang maksimal anda dapat mengedit terlebih dahulu video promosi produk tersebut dengan tambahan efek yang membuat penonton tertarik dan membeli produk anda tersebut. Bila proses pengeditan telah selesai saatnya anda dapat upload video tersebut ke website video terbesar yaitu youtube milik google.

Promosi Produk Online – Website Jual-Beli

Saat ini banyak sekali website jual beli yang terpercaya di Indonesia rata-rata mereka berkiblat dengan situs jual beli terbesar di dunia yaitu milik Amazon. Beberapa situs jual beli yang dapat anda manfaatkan untuk ajang promosi produk online diantaranya yaitu bukalapak, tokopedia, berniaga, olx dan sebagainya.

Mempromosikan produk dengan melalui situs jual beli sangat lah mudah, praktis dan tanpa biaya. Promosikan produk anda dengan mengikuti ketentuan dan syarat yang sudah dibuat oleh penyedia situs tersebut. Di situs jual beli memberikan status kepada penjual dengan opsi premium atau pun reguler semua tergantung dengan perhitungan anda dalam bisnis.

Promosi Produk Online – Toko Online

Cara yang terakhir adalah dengan membuka website sendiri toko online, toko online biasanya digunakan untuk mempromosikan produk pada perusahaan besar, tetapi tidak ada salah nya bila anda mencoba mempromosikan produk secara online dengan toko online yang anda miliki sendiri dengan begitu perusahaan anda akan terlihat profesional.

Beberapa hal yang dibutuhkan dalam membuka toko online diantaranya adalah hosting sebagai penyedia tempat website biasanya sistem pembayarannya perbulan hingga pertahun begitu pula dengan domain sebagai nama website tersebut, yang tidak kalah penting nya lagi adalah sekumpulan file dalam satu folder yang bernama website itu sendiri, bila anda berniat membuka toko online dapat menghubungi saya, sehingga saya akan membantu anda untuk membuatkan toko online tersebut.

Begitu lah strategi promosi produk yang efektif entah itu promosi produk offline maupun online semua harus lah di coba untuk meningkatkan penjualan dari produk anda. Perhatikan budget anda dalam mempromosikan produk harus lah efektif mungkin dengan keuntungan yang berlimpah. Sekian artikel tentang Cara Promosi Produk Yang Efektif Online Dan Offline semoga bermanfaat, terimakasih.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *