Cara Mengetahui Orang Berbohong Menurut Psikologi

Cara Mengetahui Orang Berbohong – Siapa sih orang yang ingin dibohongi didunia ini? tentu saja tidak ada orang yang menjadi korban kebohong. Sudah berusaha berbuat se jujur mungkin malah yang ada dibohongi oleh orang entah itu teman, pasangan bahkan keluarga sendiri.

Bohong merupakan salah satu perbuatan yang tidak baik dan tidak disukai oleh Tuhan tentunya apa pun perbuatan yang tidak di sukai Tuhan akan mendapatkan imbalan yang setimpal yaitu dosa dan karma, begitu pula sebaliknya berbuat kebaikan maka kelak pun mendapatkan kebaikan.

cara mengetahui kebohongan pria, cara mengetahui berbohong, Bohong, cara mengetahui orang berbohong menurut psikologi, cara mengetahui orang berbohong, cara mengetahui orang berbohong lewat telepon, cara mengetahui orang berbohong melalui bahasa tubuh, cara mengetahui orang yang berbohong lewat mata, cara mengetahui seseorang berbohong atau jujur, cara mengetahui kebohongan orang, cara mengetahui kebohongan wanita,
Ilusrasi : Cara Mengetahui Orang Berbohong Menurut Psikologi

Bahkan ada sebuah istilah yang menggambarkan seorang pembohong dengan “Sehebat hebat nya tupai melompat maka akan jatuh juga” dan “Sehebat hebatnya kamu menyimpan bangkai maka akan tercium juga”. Dari dua peribahasa diatas tersebut dapat menggambarkan sehebat apa pun orang tersebut menyimpan sebuah kebusukan berupa bohong atau sejenisnya kelak, keburukan tersebut pun akan diketahui juga baik itu cepat atau pun lambat. Dari pembahasan diatas dapat kita gambarkan tidak ada untung nya perbuatan bohong tersebut, justru yang ada malah membawa musibah.

Berjalan nya waktu tentu memberikan sebuah cerita bersama orang-orang disekitar nya baik itu cerita baik maupun cerita buruk. Bila ternyata anda mendapatkan cerita buruk tersebut yang berkaitan dengan “Bohong”, maksud nya anda dibohongi oleh keluarga, rekan kerja, rekan bisnis dan pasangan. Apakah anda ingin tahu cara mengetahui kebohongan orang, cara mengetahui kebohongan wanita, cara mengetahui kebohongan lewat telepon dan cara mengetahui orang berbohong melalui bahasa tubuh, maka berikut adalah cara nya oleh temakita :

Cara Mengetahui Orang Berbohong Lewat Telepon

Cara yang pertama kita akan membahas cara mengetahui orang berbohong lewat telepon. Orang yang sering berbohong biasanya akan terbiasa untuk melakukan hal tersebut, dengan atau tanpa beban. Hal tersebut merupakan poin penting yang harus anda ketahui orang yang berbohong.

Orang yang terbiasa berbohong akan terlihat cara bicara nya di telepon dengan bertele-tele atau selalu berputar putar pada satu topik hal tersebut berguna untuk menutupi kebohongan yang dia simpan. Orang yang berbohong melalui telepon juga cara bicara nya selalu keluar dari topik pembahasan apa lagi bila dia ditekan kan pada topik dimana dia berbuat salah, dia merasa takut orang lain untuk mengetahui kebohongan nya.

Cara Mengetahui Orang Yang Berbohong Lewat Mata

Cara yang kedua ini lebih mudah untuk di mengetahui orang tersebut berbohong atau tidak karena kita berhadapan langsung dengan orang tersebut. Hal yang paling ketara atau mudah dilihat adalah gerakan bola mata orang yang berbohong.

Mata manusia itu terhubung dengan otak, melalui syaraf-syaraf. Ketika orang berbohong maka dia akan berpikir terlebih dahulu untuk menutupi kebohongan nya dengan sebuah alasan. Hal tersebut pun berdampak gerakan mata seorang pembohong akan mengarah ke arah kanan sembari dia mencari alasan yang tepat untuk menutupi kebohongan nya.

Biasanya orang yang berbohong melakukan kontak mata yang intensif dari biasanya kepada anda tetapi ada sebagian juga orang berbohong tidak mampu menatap mata anda karena dia sedang merasakan ketakutan berlebih.

Perhatikan juga intensif berkedip orang yang berbohong, karena ketika orang berbohong maka dia memiliki tingkat stres yang cukup tinggi, dengan begitu mengakibatkan matanya tegang sehingga banyak berkedip.

Bernada Tinggi

Menurut beberapa ahli psikologi mengatakan bahwa seorang yang berbohong biasanya akan spontan nada nya tiba-tiba menjadi tinggi, tanpa dia sadari. Hal ini dilakukan oleh orang berbohong karena ingin pernyataan kebohongan nya ingin didengar jelas oleh orang dan hal itu tanpa dia sadari.

Seperti yang kita ketahui orang berbohong adalah orang yang memutar balik kan sebuah kebohongan untuk menjadi sebuah fakta. Biasanya orang berbohong akan memberikan nada yang tinggi disertai dengan penjelasan panjang yang seharusnya cukup untuk memberikan alasan yang singkat. Penjelasan yang panjang dengan nada tinggi merupakan sebuah metode yang digunakan untuk orang lain percaya sebuah kebohongan yang dia berikan.

Cara Mengetahui Orang Berbohong Melalui Bahasa Tubuh

Seseorang yang berbohong biasanya dapat terlihat dari beberapa gerakan tubuh yang berupa sebuah refleks atau pun memang disengaja, apa saja gerakan tubuh seorang yang berbohong, berikut:

  • Gerakan Tangan, seseorang yang berbohong biasanya merasa hati dan pikirannya tidak tenang karena stres yang berlebihan pada pikirannya, sehingga dia refleks menggerak-gerakan tangannya entah memegang muka, dahi, leher, bibir, hidung dan terkadang dia menggerakan beberapa objek benda yang ada di sekitarnya.
  • Gerakan Kaki, Seseorang yang berbohong terlihat dari gerakan kakinya yang tidak bisa tenang, entah orang tersebut menggerakan kakinya saat duduk atau pun sedang berdiri, hal tersebut dilakukan lantaran dia merasa tidak nyaman dengan kebohongan yang dia buat.
  • Gerakan Badan Lainnya, maksud dari gerakan badan lainnya merupakan sebuah gerakan badan yang refleks yang sering dilakukan oleh orang yang berbohong seperti mengangkat bahu dan meggerakan siku tangan. Yang lebih kelihatan bohong nya biasanya orang tersebut akan meninggalkan lawan bicara dengan cepat, karena dia merasa tertekan oleh situasi dan takut kebohongan nya terbuka.

Cara Mengetahui Kebohongan Orang Melalui Ekspresi Wajah

Dengan memperhatikan ekspresi wajah merupakan hal yang paling mudah untuk mendeteksi sebuah kebohongan dari seseorang, hal tersebut juga didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Career Builder menyatakan bahwa seseorang yang berbohong akan memberikan ekspresi wajah yang datar dan bahkan nyaris tanpa sebuah ekspresi, dimana juga terlihat sedikit menurunnya bagian pada mata, lebih jelasnya ekspresi orang yang sedang bersedih.

cara mengetahui kebohongan pria, cara mengetahui berbohong, Bohong, cara mengetahui orang berbohong menurut psikologi, cara mengetahui orang berbohong, cara mengetahui orang berbohong lewat telepon, cara mengetahui orang berbohong melalui bahasa tubuh, cara mengetahui orang yang berbohong lewat mata, cara mengetahui seseorang berbohong atau jujur, cara mengetahui kebohongan orang, cara mengetahui kebohongan wanita,
Ilustrasi : cara mengetahui berbohong dengan ekspresi wajah

Dan juga terlihat ada sebuah sudut aneh yang ada pada senyuman bibir, seperti itu lah penelitian yang telah di lakukan The Career Builder untuk mendeteksi kebohongan lawan bicara dari ekspresi wajah. Kalau kita dapat mencoba untuk berpikiran yang logis pasti orang yang jujur akan memberikan ekspresi wajah yang ceria tanpa beban.

Gugup

Orang yang pandai berbohong karena sudah terbiasa melakukan hal tersebut, apalagi dengan orang yang tidak terbiasa berbohong biasanya mudah sekali ditebak dengan sikap orang tersebut. Sikap disini adalah ekspresi gugup atau tidaknya orang tersebut, karena orang yang berbohong pasti dia akan kebingungan untuk menutupi kebohongan nya sehingga dia gugup untuk bersikap.

Untuk cara melihat orang tersebut gugup adalah bisanya mengeluarkan banyak keringat, gerakan-gerakan tidak penting pada tangan atau pada kaki. Hal tersebut terbalik bila seseorang tersebut jujur maka dia akan terlihat santai untuk memberikan pernyataan kepada lawan bicara nya.

Berusaha Meyakinkan

Cara mengetahui kebohongan wanita dan cara mengetahui kebohongan pria, yang terakhir Siapa pun didunia ini tidak ada yang ingin rahasianya atau ke bohongan nya terbongkar, oleh karena itu orang yang berbohong akan terus berusaha untuk meyakinkan orang lain dengan segala cara yang ada di pikirannya. Biasanya orang yang berbohong meyakinkan seseorang dengan cara mengatakan “Sumpah, Demi Tuhan, Percayalah, Sebenarnya dan yakin lah”.

Mereka orang pembohong tanpa ragu membawa nama-nama Tuhan untuk menyakinkan orang lain, hal tersebut terlihat tidak dewasa dan terlihat seperti anak kecil. Orang yang jujur tidak akan mengutarakan hal-hal yang tidak penting untuk meyakinkan orang lain, hal itu karena dari setiap perkataannya pasti akan terlihat dari cara berbicara nya, ekspresi wajah dan sorot mata membawa sebuah kejujuran.

Kesimpulan

Sekian artikel Cara Mengetahui Orang Berbohong Menurut Psikologi, Tetap lah untuk beriman dengan begitu akan terhindar yang namanya berbohong, karena sesungguhnya berbohong tidak lah baik kedepan nya membuat hati tidak tenang dan pasti yang namanya kebohongan suatu hari akan terbongkar juga. Sekian artikel dari temakita terimakasih.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *