Cara Mengatasi Bullying Di Sekolah Dengan Mudah Dan Terbukti Berhasil

Kegiatan bullying merupakan termasuk perilaku kriminal, yang dapat membuat si korban merasa tertekan hingga si korban merasakan depresi berat. Oleh sebab itu bagi korban bullying wajib untuk mengetahui cara mengatasi bullying, agar nantinya kegiatan penindasan tersebut segera berakhir. Cara mengatasi bullying bisa di katakan mudah, namun memerlukan keberanian yang kuat untuk melawan segala bentuk penindasan.

Secara sudut pandang umum, aktivitas bullying merupakan keadaan yang ditujukan seseorang untuk menjatuhkan mental korban yang dianggap lemah dan memiliki kekurangan pada fisik maupun mental. Bila tidak segara di atasi aktivitas bullying tersebut akan membuat si korban memiliki kelainan mental, oleh sebab itu penting mengetahui cara mengatasi bullying.

Cara Mengatasi Bullying
Cara Mengatasi Bullying

Jenis Bullying

Aktivitas bullying sering kali terjadi di sekolah seperti kekerasan fisik, pelecehan, pengucapan kata-kata jorok, merendahkan harga diri sampai penghinaan yang di tujukan kepada orang tua. Para peneliti psikolog telah membagi jenis perilaku bullying berdasarkan karakter sikap pelaku:

  1. Bullying Emosional

Jenis bullying satu ini sering terjadi di sekolah dan di kampus, yaitu bullying dengan cara melakukan intimidasi kepada korbannya hingga menjatuhkan mental, merasa tertekan, merasa terisolasi dan merasa kesepian. Para pelaku sengaja membuat tingkat emosional korban melemah dengan cara sikap atau pun lisan.

  1. Bullying Fisik

Bullying fisik yaitu, kegiatan melakukan pelecehan dan memukul korban supaya korban merasa ter intimidasi. Biasanya bullying ini sering terjadi karena pelaku tidak suka kesuksesan dan fisik dari seseorang yang lebih baik dari pelaku.

  1. Bullying Verbal

verbal yang berarti lisan, bullying ini di lakukan dengan menjatuhkan perasaan korbannya. Bullying verbal, melakukan serangan lisan dengan kata kata kasar dan kotor, supaya korban merasa tersakiti perasaannya bahkan sampai mempermalukan korban, hingga membuat korbannya tidak berdaya.

  1. Cyber Bullying

Cyber Bullying adalah tindakan melakukan teror menggunakan media komunikasi. Pelaku ini tidak menujukan identitas, tetapi dari jarak jauh korban di buat tak berdaya dengan teror yang dibuat. Umumnya, teror ini di lakukan seseorang yang tersakiti hati oleh korban sebelum nya.

Cara Mengatasi Bullying

Kebanyakan pelaku aktivitas bullying secara fisik dan tidak menutup kemungkinan secara verbal adalah kaum pria. sedangkan aktivitas bullying secara verbal, Cyber bullying dan bullying emosional adalah kaum wanita.

Apa pun yang dilakukan pelaku bullying merupakan tindakan yang tidak baik karena dapat berakibat fatal terhadap mental korban seperti depresi, stress, ketakutan dan apabila mental korban tidak kuat maka korban dapat melakukan tindakan bunuh diri. Kali ini tema kita akan memberikan cara mengatasi bullying :

  1. Melawan Pelaku

Mungkin dengan melakukan tindakan ini, anda perlu memiliki mental yang kuat serta keberanian untuk memberikan perlawanan terhadap pelaku bullying. Pada umumnya pelaku bullying merasa memiliki kelompok yang mendukung aksinya, merasa dia paling hebat.

Bila anda tidak berani melawan pelaku bullying, maka akan selama nya di serang oleh pelaku dan di jadikan target orang yang disakiti. Lawan pelaku bullying dengan cara verbal terlebih dahulu, yaitu dengan mengatakan bahwa tindakan yang dia lakukan tidak akan berpengaruh kepada anda.

  1. Lapor Pihak Berwenang

Melaporkan tindakan bullying ini dapat menjadi tindakan yang cukup dewasa, lantaran anda menyampaikan laporan yang sebenarnya terjadi, bawah anda merasa dibullying oleh seseorang. Bila kejadian ini terjadi di kawasan sekolah maka laporkan kejadian ini kepada guru pembimbing, bila belum jerah juga si pelaku bullying maka jalan satu-satunya perlu untuk melaporkan kepada kepala sekolah.

  1. Mencari Tempat Curhat

Anda memiliki teman, maka coba anda berbagi cerita dan meminta saran kepada teman anda, agar masalah bullying yang sedang dihadapi segera berakhir. Memang dengan cara bercerita kepada rekan tidak akan menyelesaikan masalah bullying yang sedang anda hadapi, tetapi dengan berbagi cerita masalah yang anda hadapi akan lebih ringan, karena telah mengungkapkan isi hati.

  1. Bersikap Dewasa

Dengan bersikap dewasa kepada pelaku bullying, yaitu dengan menjadi pribadi dewasa dan disegani dari segala aspek dari ilmu pengetahuan dan olah raga. Dengan begitu pelaku bullying, segan apabila anda memiliki kelebihan yang membuatnya takut untuk mengulangi aktivitas bullying.

  1. Laporkan Kepada Orang Tua

Bila kejadian bullying tersebut tidak juga usai, maka cara terakhir adalah melaporkan kepada orang tua masalah yang sedang dihadapi. Orang tua akan segera tanggap dan melakukan tindakan menyelesaikan masalah yang anda dihadapi. Orang tua yang bijak, tidak akan tinggal diam bila anak kesayangannya di perlakukan tidak baik oleh temannya. Ungkapkan segala kejadian yang membuat anda stress hingga tertekan yang disebabkan aktivitas bullying.

Aktivitas bullying tidak baik untuk dilakukan, lantaran dapat mengakibatkan mental seseorang merasa drop dan depresi. Buatlah diri lebih bijaksana dan perbanyak latihan supaya memiliki kemampuan dihadapan orang lain, dengan begitu orang lain akan segan dengan anda.

Memang aktivitas bullying susah untuk dihilangkan, selalu ada saja oknum yang tidak baik. Oleh karena itu, anda perlu memiliki rasa sabar dan tawakal terhadap Tuhan semoga masalah yang dihadapi akan segera usai. Sekian artikel tentang cara mengatasi bullying, mungkin dapat membantu anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *