Cara Mencuci Motor Yang Benar Agar Bersih Tahan Lama

Pada umumnya musim hujan membuat sebagian masyarakat jengkel lantaran kendaraan pribadinya menjadi kotor terkena air hujan. Namun berbeda dengan orang yang benar benar mencintai motor nya sehingga, rela untuk mencuci motor dengan benar. Pentingnya mengetahui ilmu cara mencuci motor dengan benar, agar kendaraan awet dan bersih maksimal.

Kendaraan merupakan alat transportasi penting bagi setiap orang, dengan keadaan motor kotor maka kepercayaan diri ketika mengendarai pun menurun. Oleh sebab itu bagi pengendara motor, perlu untuk mempelajari cara mencuci motor yang benar supaya motor kembali bersih menyeluruh.

Cara Mencuci Motor
Cara Mencuci Motor

seperti yang telah di jelaskan pada artikel usaha di musim hujan dimana harga jasa cuci motor kisaran 7.000 hingga 10.000 rupiah. Sebagian orang sayang untuk mengeluarkan uang sebesar itu, ada baiknya mencuci motor sendiri dengan biaya jauh lebih murah. Berikut cara mencuci motor yang benar:

  1. Tahap Pertama

Pada tahap pertama ini, bersihkan kotoran menempel pada sepeda motor. Di rekomendasi kan menggunakan bantuan alat selang sebagai mengairi dan mengarahkan air ke cela-cela sempit pada motor. Menggunakan selang sangat membantu dalam mengatur pergerakan air, dengan begitu keluar air menjadi lebih efisien.

Pertama siram bagian atas motor perlahan lahan hingga bawah sepeda motor. Setelah dirasa bagian atas sudah bersih beralih membersihkan bawah sepeda motor. Karena pada umumnya sisi bawah motor lebih banyak rentan terkena kotoran. Bersihkan secara menyeluruh bagian bawah sepeda motor hingga kotoran pasir menempel hilang semua.

  1. Tahap Kedua

Cara mencuci motor tahap kedua, sediakan shampo khusus sepeda motor sebagai sabun pembersih. fungsi dari shampo sepeda motor adalah menghilangkan bekas bekas pasir yang menempel secara efisien. Hasilnya pun bisa dikatakan lebih baik ketimbang mencuci motor tidak menggunakan shampo motor.

Gunakan shampo yang direkomendasi kan. Dilarang menggunakan sabun colek sebagai shampo, lantaran sabun colek memiliki kandungan zat kimia sangat keras. Apabila terlalu sering menggunakan sabun colek, membuat cat motor akan luntur, seperti terlihat memudar sehingga motor terlihat belang.

Gunakan lap halus seperti sponge sebagai alat mengelap motor yang efisien tanpa merusak cat pada motor. Penggunaan kain kanebo di sarankan sebagai lap, cuman kadar kimia dari shampo motor yang cukup tinggi dapat merusak lap kanebo secara bertahap. Untuk penghematan sebaiknya gunakan lap sponge karena tahan lama selain itu, harga sponge lebih murah ketimbang lap kanebo.

Siapkan bak kecil berisi air shampo sepeda motor lalu masukan lap sponge dan angkat peras perlahan. Selanjutnya lap pada bagian sepeda motor hingga merata dari sisi atas hingga bagian bawah motor. Jangan gunakan kanebo untuk membersihkan bagian bawah sepeda motor, karena dapat mempersingkat umur lap kanebo.

  1. Tahap Ke Tiga

Bersihkan bawah motor menggunakan kain kotor atau kain yang sudah tidak ke pakai lagi. Bersihkan bagian rantai, roda dan bawah motor hingga merata sambil menggunakan sisa shampo motor. Untuk rantai menggunakan bensin sebagai pembersih debu dan bekas kotoran kotoran membandel. Penggunaan bensin lebih mudah membersihkan rantai sepeda motor, kombinasi kan juga dengan sikat gigi bekas tidak ke pakai, dengan bantuan sikat gigi bekas maka rantai dapat dibersihkan secara menyeluruh.

  1. Tahap Ke Empat

Setelah sepeda motor di bersihkan dengan air shampo menyeluruh, waktunya membilas menggunakan air bersih. Siram seluruh body sepeda motor sambil  dibasuh dengan kain kanebo. Membilas air sahmpo berguna supaya motor tidak terdapat shampo yang menempel pada motor. Tetap untuk bagian bawah sepeda motor bersihkan menggunakan kain kotor dan untuk rantai menggunakan sikat gigi yang tak terpakai.

  1. Tahap Ke Lima

Pada tahap terakhir cara mencuci motor ini, disarankan menggunakan chain lube dan kit serba guna. Fungsi chain lube sebagai membersihkan serta mengawetkan rantai motor agar tidak mudah karatan dan rantai terlihat baru. Gunakan kit serba guna berfungsi mengkilap kan body sepeda motor seperti terlihat baru.

Gunakan kit serba guna dengan bantuan kanebo untuk mengkilap kan seluruh body sepeda motor, kecuali bagian bawah motor, membersihkan bagian bawah motor sebaiknya gunakan kit black magic untuk membersihkan roda. Dan yang terakhir semprot kan chain lube pada rantai agar rantai awet dan tahan lama.

Setelah semua tahap di lalui waktunya anda mengeringkan motor mengunakan bantuan angin dan manasin motor supaya air air menempel pada mesin sepeda motor menguap dan mesin sepeda motor menjadi awet.

Jangan anda berpikir sia-sia mencuci sepeda motor saat musim hujan, tidak masalah menggunakan sepeda motor kesayangan terkena air hujan. Tips agar awat bersih nya, sesaat sesampai dirumah bilas sepeda motor menggunakan air bersih sehingga sepeda motor tidak kotor begitu kotor. Nah seperti itulah cara mencuci sepeda motor yang benar, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *