Cara Mencari Karyawan Baru Agar Sesuai Perusahaan

Cara Mencari Karyawan Baru – Sebuah perusahaan yang profesional dan sudah diakui oleh badan hukum negara tentu menjaga kualitas produk serta manajemen perusahaan. Manajemen perusahaan merupakan salah satu elemen terpenting dalam berbisnis, tanpa ada manajemen perusahaan yang jelas maka perusahaan tersebut tidak dapat bertahan lama.

Banyak orang yang mengatakan manajemen perusahaan tidak lah muda dimana didalam nya berbagai cara mengontrol perusahaan untuk tetap jalan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan saat perusahaan baru mulai berdiri seperti yang telah di jelaskan dalam artikel tips rahasia cara memulai bisnis dari awal.

Cara Mencari Karyawan Baru

Manajemen perusahaan terdiri dari beberapa bagian, misal kita ambil contoh perusahaan pada umum nya, seperti manajemen keuangan, pemasaran, legalitas, teknologi informasi, gudang, produksi dan masih banyak manajemen lainnya. Manajemen yang tidak kalah penting nya adalah pada bagian personalia atau bahasa keren nya HRD, HRD adalah kepanjangan dari Human Resources Development. Bagian personalia atau HRD ini memiliki tanggung jawab penuh terhadap karyawan di perusahaan, seperti masalah pengaturan gaji, penerimaan pegawai sampai dengan mengatasi berbagai pegawai yang bermasalah.

Cara Mencari Karyawan Baru
Cara Mencari Karyawan Baru

Perusahaan tidak dapat berjalan bila tidak ada karyawan, oleh karena itu penting nya mencari karyawan yang berkualitas. Setiap mencari karyawan harus lah dibuatkan prosedur yang sesuai kebutuhan perusahaan dan tentu prosedur nya berbeda-beda misal cara mencari karyawan administrasi, cara mencari karyawan marketing dan mencari karyawan toko. Oleh karena permasalahan diatas maka temakita akan membantu anda untuk,  tips mencari karyawan baru :

  1. Cara Mencari Karyawan Dengan Menentukan Kualifikasi

Setiap posisi pada perusahaan memiliki kriteria-kriteria tersendiri, misal perusahaan mencari karyawan marketing maka ada baiknya tentukan kualifikasi calon pegawai tersebut harus dinamis, supel dan ramah kepada konsumen, menjadi nilai tambah bila seorang marketing memiliki tinggi badan serta penampilan yang menarik.

Hal tersebut berbeda ketika perusahaan mencari karyawan administrasi atau keuangan maka calon karyawan tersebut harus memiliki kualifikasi teliti, suka dengan dunia hitungan dan tentu nya tekun selalu ingin belajar. Dengan anda menentukan dari awal tenaga kerja yang dibutuhkan, maka sama hal nya tersebut membantu anda untuk proses selanjutnya.

  1. Cara Mencari Karyawan Baru Dengan Menggunakan Iklan

Bila sudah menentukan kualifikasi pada calon karyawan perusahaan anda maka langkah selanjutnya buat lah sebuah iklan yang komunikatif. Iklan komunikatif atau dapat disebut dengan iklan informatif merupakan iklan yang menampilkan secara detail penjelasan sebuah perusahaan dan menentukan kriteria karyawan yang dibutuhkan. Beri gambaran singkat dari perusahaan anda bergerak dalam bidang apa serta visi dan misi perusahaan, yang lebih penting tentukan kualifikasi karyawan yang anda butuhkan.

Gunakan berbagai media sebagai menampilkan iklan lowongan kerja perusahaan anda. Ada beberapa media yang dapat dimanfaatkan baik itu gratis maupun yang berbayar. Media iklan berbayar seperti koran dan informasi radio cukup informatif untuk menyiarkan lowongan pekerjaan dari perusahaan anda, atau dapat menggunakan media iklan yang gratis dengan memanfaatkan sosial media dan aplikasi chatting.

  1. Cara Mencari Karyawan Yang Baik Menggunakan Test Seleksi

Buat lah test masuk atau test seleksi pada perusahaan anda bagi calon karyawan baru, supaya anda dapat melihat karakter serta kemampuan yang dimiliki si calon pelamar kerja. Kebanyakan perusahaan profesional memberlakukan test seleksi 3 tahap yaitu test wawancara, test psikotes dan test kesehatan, 3 test tersebut di lakukan bila lolos test administrasi atau test berkas.kelebihan dan kekurangan programmer ,kelebihan dan kekurangan menjadi programmer ,kelebihan dan kekurangan seorang programmer ,kelebihan dan kekurangan programming language ,kelebihan dan kekurangan linear programming ,kelebihan dan kelemahan linear programming ,kelebihan dan kekurangan menjadi programer,apa itu programmer

Contoh misal perusahaan yang anda dirikan berupa perusahaan software house atau rumah software, maka cari lah karyawan yang memiliki kriteria tingkat ketelitian, ketahanan yang bagus, serta berpikir logika yang baik. Berikan juga dengan beberapa test yang berhubungan dengan programmer atau jurusan Teknik Informatika. Programmer sangat membutuhkan logika yang bagus dan pengalaman menguasai suatu bahasa pemrograman, dimana logika sangat berhubungan dengan berpikir logis yang berarti seorang programmer harus terbiasa dengan yang nama nya Matematika.

  1. Cara Mencari Karyawan Yang Baik Dengan Wawancara

Sertakan juga test wawancara pada tahap seleksi, supaya anda dapat bertemu langsung dengan calon karyawan. Dengan begitu anda dapat mengetahui kepribadian serta kemampuan yang dimiliki secara langsung oleh calon karyawan. Jangan lupa juga untuk menyampaikan seputar perusahaan, lowongan pekerjaan yang di lamar serat hak-hak apa saja yang di dapatkan oleh calon karyawan tersebut.

Sebaliknya pun anda tanyakan kepada calon karyawan tentang data diri mereka, mengapa mereka tertarik bekerja di perusahaan anda dan tanyakan target-target pribadi mereka untuk perkembangan perusahaan anda selanjutnya. Jangan ragu-ragu untuk menanyakan kepribadian calon karyawan anda seputar data diri mereka sehingga anda akan mendapatkan informasi yang tersirat dari jawaban yang diberikan. Dan yang terakhir anda harus memastikan calon karyawan tersebut memiliki kemampuan dari standar yang dibutuhkan perusahaan serta dapat bekerja profesional.

Sebaiknya lakukan test wawancara sebanyak 2 kali untuk memastikan apakah calon karyawan tersebut benar-benar yang anda inginkan untuk memajukan perusahaan anda. Bagi tugas dengan karyawan HRD atau personalia pada perusahaan anda untuk wawancara tahap pertama dan untuk tahap ke-2, sebaiknya langsung anda sebagai pemilik perusahaan untuk mewawancarai ke calon karyawan yang bersangkutan.

  1. Cara Mencari Karyawan Yang Jujur Berikan Kontrak

Setelah dirasa telah menemukan karyawan yang cocok untuk membantu perusahaan anda berkembang, maka langkah selanjutnya mengikat karyawan tersebut dengan selembar kontrak menggunakan materai dengan begitu perjanjian anda dan calon karyawan kuat secara hukum, sehingga calon karyawan anda akan segan untuk tidak mematuhi aturan yang dilandasi dengan hukum karena akan berdampak pidana di kemudian hari bila memiliki kasus yang parah.

 tips mencari karyawan baru
Ilustrasi : tips mencari karyawan baru

Berikan beberapa butir-butir klausul kontrak yang mengikat karyawan tersebut hingga waktu yang telah ditentukan. Kenaikan gaji karyawan juga dapat di masukan dalam salah satu klausul kontrak. Tulis juga pada kontrak karyawan tentang aturan-aturan formal serta hukum-hukum yang berlaku pada perusahaan.

  1. Cara Mencari Karyawan Baik Pada Ahli nya

Dari sekian banyak proses yang telah anda lakukan untuk mendapatkan karyawan baru tidak ada salah nya jika anda percaya dengan karyawan tersebut untuk membantu anda untuk mengembangkan perusahaan. Bila anda masih belum begitu percaya dengan kinerja nya saat hari pertama kerja lebih baik berikan tugas berupa test yang sederhana untuk melihat sejauh mana karyawan tersebut memberikan kontribusi kepada perusahaan.

Lakukan evaluasi kinerja pegawai baru anda tersebut, lihat setiap  progres yang diberikan untuk mengerjakan tugas-tugas yang anda berikan. Bila karyawan mengalami kesalahan maka segera lah tegur mereka supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama atau kesalahan yang lebih parah.

Kesimpulan

Mencari karyawan baru tidak perlu tergesa-gesa lakukan dengan santai tapi serius, karena karyawan yang anda gunakan nantinya akan anda pakai seterusnya jadi berhati-hatilah dalam melakukan seleksi tersebut. Bila kontrak karyawan tersebut habis pada waktu nya, lihat sejauh mana dia sudah memberikan kontribusi kepada perusahaan anda, bila kinerja nya bagus maka jadikan karyawan tersebut menjadi status karyawan tetap. Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat bagi anda artikel dengan judul Cara Mencari Karyawan Baru. Terimakasih

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *