Cara Membuat Kartu Keluarga Baru Dengan Mudah

Cara Membuat Kartu Keluarga Baru – Di negara Indonesia ada banyak berbagai macam kartu identitas warga negara, seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Izin Mengemudi, Kartu Keluarga dan sebagainya. Kartu kartu tersebut memiliki berbagai macam fungsi tergantung kebutuhan dan wajib dimiliki oleh setiap masyarakat. Misal kartu keluarga yang berfungsi untuk membuktikan bahwa seseorang tersebut masuk dalam suatu keluarga inti. Sayang nya sampai saat ini ada orang orang yang bingung cara membuat kartu keluarga baru, disebabkan oleh kurang informasi yang didapatkan nya.

Sudah sepatutnya seseorang yang telah menikah di wajib kan untuk membuat kartu keluarga sendiri, sebagai tanda pengenal bawah dia telah memiliki keluarga baru bersama dengan istri atau suami dan anak anak nya kelak. Kartu keluarga adalah kartu identitas keluarga yang didalam nya telah memuat berbagai data lengkap susunan keluarga, hubungan dan jumlah keluarga yang didalam nya. Dengan ada nya kartu keluarga, maka keluarga baru tersebut telah terdaftar resmi pada negara, sehingga bila ingin mengurus sesuatu dapat lebih mudah.

Dalam kartu keluarga terdapat nomor seri yang ditentukan oleh negara yang akan tetap berlaku sampai terjadi perubahan di kemudian hari. Apabila ingin terjadi perubahan susunan keluarga yang baru, maka sebagainya segera melaporkan ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil setempat, dimana selambat lambatnya 30 hari sejak terjadi perubahan.

cara membuat kartu keluarga baru
Ilustrasi : cara membuat kartu keluarga baru

Kartu keluarga memuat berbagai macam data keluarga yang telah didaftarkan pada negara seperti kolom kartu keluarga, nama lengkap seluruh anggota keluarga, jenis kelamin setiap anggota keluarga, Nomor Induk Penduduk, pendidikan, alamat, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, status perkawinan, hubungan pada setiap anggota keluarga, kewarganegaraan dan dokumentasi yang memuat imigrasi. Kartu keluarga tidak memiliki masa berlaku, hal tersebut terlihat terdapat nomor seri pada kartu keluarga yang akan tetap tidak akan berubah selama tidak terjadi perubahan dikarenakan sesuatu hal.

Sebenarnya kartu keluarga merupakan dokumen resmi yang harus dimiliki pemda provinsi setempat, setiap terjadi perubahan terhadap kartu keluarga disebabkan seperti mutasi data dan mutasi biodata maka wajib untuk melaporkan kepada lurah, dengan begitu akan diterbitkan kartu keluarga yang baru. Kartu keluarga sebenarnya dicetak rangkap tiga setiap kali penerbitan nya, yaitu masing masing dipegang oleh ketua RT, kantor kelurahan dan kepala keluarga.

Kartu keluarga sendiri memiliki fungsi sendiri, dimana kartu keluarga merupakan salah satu syarat untuk mengurus sebuah dokumen baru pada keluarga tersebut, berikut manfaat kartu keluarga atau fungsi kartu keluarga oleh temakita :

Manfaat Kartu Keluarga Untuk Membuat Kartu Tanda Penduduk

Kartu tanda penduduk atau yang disingkat dengan nama KTP merupakan kartu yang wajib dimiliki oleh penduduk pada suatu negara. KTP berguna untuk mengurus segala sesuatu yang formal seperti melamar pekerjaan, mengambil kredit pada perusahaan, meminjam barang dan mengurus berbagai dokumen penting lainnya.

KTP memuat informasi umum warga negara, didalam nya terdapat nama, tempat tanggal lahir, status pernikahan, pekerjaan dan lainnya. Yang terpenting KTP terdapat informasi NIK atau nomor penduduk negara, didalam NIK tersebut menyimpan seluruh data seseorang.

Fungsi Kartu Keluarga Untuk Membuat Akta Kelahiran

Sama halnya KTP, Akta Kelahiran merupakan dokumen penting yang di  terbitkan oleh negara yang berisi berbagai informasi mengenai identitas anak didalam nya terdiri dari nama anak, tanggal lahir anak, jenis kelamin, nama orang tua serta tanda tangan pejabat wewenang. Akta kelahiran merupakan dokumen resmi yang diterbitkan negara sebagai bukti keabsahan atau valid status hubungan perdata seorang anak.

Banyak sekali kegunaan dari dokumen akta kelahiran ini seperti, pendaftaran anak di sekolah favorit, menegaskan sebuah garis keturunan keluarga, sebagai salah satu dokumen penting negara, bukti diri sebagai anak yang syah pada keluarga, mengurus warisan dan mencari pekerjaan seperti yang telah dibahas dalam artikel tips ampuh mencari pekerjaan yang sesuai.

cara membuat kartu keluarga baru

Sebenarnya masih banyak lagi fungsi kartu keluarga tersebut seperti membuat berkas berkas penting lainnya. Apa lagi di jaman sekarang yang serba modern dengan teknologi ada yang nama nya E-KTP atau sering disebut dengan KTP elektronik. Bila anda masih bingung apa apa saja cara membuat kartu keluarga baru atau langkah langkah cara membuat kartu keluarga baru, berikut adalah langkah-langkah nya:

  1. Hal pertama yang anda lakukan dalam cara membuat kartu keluarga sejahtera adalah meminta surat pengantar berdasarkan kartu penduduk yang anda miliki sekarang kepada aparat desa. Mulailah datangi pak RT, biasanya surat pengantar ini dipegang oleh pak RT. Minta lah surat pengantar yang telah disetujui oleh pak RT, setelah itu minta lah persetujuan dari pak RW lalu terakhir Kepala Dukuh setempat.
  2. Setelah berhasil mendapatkan persetujuan dari RT, RW dan Dukuh saat nya mengurus surat permohonan pindah penduduk di kantor kelurahan, bila anda ingin pindah ke tempat tujuan dan meminta juga surat pengantar pembuatan Kartu keluarga baru. Berkas berkas yang diperlukan saat di kantor kelurahan yaitu surat pernyataan pindah penduduk, fotokopi kartu tanda penduduk, surat nikah dan kartu keluarga lama.
  3. Semua urusan di kantor kelurahan selesai maka selanjutnya yang anda lakukan adalah datang di kantor kecamatan untuk proses pembuatan kartu keluarga baru dengan membawa berkas berkas yang telah disebutkan diatas. Untuk pembuatan kartu keluarga oleh kantor kecamatan biasanya tidak bisa 1 hari selesai, melainkan butuh proses paling tidak 3 hari sampai dengan 1 minggu, sampai kartu keluarga baru diterbitkan.

Bila pembuatan kartu keluarga yang disebabkan perpindahan kedatangan dari luar kota/Kabupaten dan provinsi, setelah dari kantor kelurahan yaitu dengan mendatangi kantor dinas Kependudukan dan pencatatan sipil setempat, baru setelah itu mendatangi kantor kecamatan untuk proses pembuatan kartu keluarga yang baru.

Biaya pembuatan kartu keluarga baru yang berdasarkan UU No 24 tahun 2013 pasal 79 A yang menyatakan bahwa pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran, akta kematian, akta pernikahan, akta perceraian, dan lain lain tidak di kenakan biaya sama sekali atau GRATIS, bila sampai ada oknum yang memungut biaya dalam proses pembuatan dokumen negara tersebut wajib untuk dilaporkan ke atasannya atau kepala dinas yang bersangkutan dalam penerbitan surat negara.

Bila anda baru saja menikah dan ingin memisahkan kartu keluarga lama untuk membuat kartu keluarga baru bersama istri atau suami dengan cara keluar dari kartu keluarga lama menuju kartu keluarga baru maka hal ini diperbolehkan biar pun anda masih satu alamat atau satu rumah dengan orang tua.

Bagaimana cara mengurus kartu keluarga yang hilang, maka kepala keluarga segera mendatangi kantor kecamatan setempat dengan membawa berkas berkas kepentingan pengurusan kartu keluarga baru seperti laporan surat kehilangan pada kantor polisi, pengantar dari RT/RW, KTP asli dari salah satu orang yang ada didalam kartu keluarga yang hilang dan formulir permohonan dari kelurahan, setelah itu kartu keluarga yang baru akan segera dibuat di kantor kecamatan.

Kesimpulan

Membuat kartu keluarga keluarga tidak sesulit yang dibayangkan, segeralah untuk membuat kartu keluarga. Bila anda sedang sibuk bekerja sempat kan waktu 1 hari untuk cuti dengan keterangan mengurus kartu keluarga. Sekian artikel cara membuat kartu keluarga sendiri dengan mudah, semoga bermanfaat. Terimakasih.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *