Bisnis Oleh Oleh, Tips Rahasia Bisnis Oleh Oleh Keuntungan Besar

Peminat bisnis oleh oleh Saat ini cukup banyak terutama daerah dekat pusat wisata. Toko oleh oleh merupakan media yang digunakan wisatawan mencari buah tangan. Bisnis oleh oleh ini tergolong menjanjikan dari segi keuntungan yang didapatkan toko oleh oleh. Dengan menyediakan sarana lokasi strategis serta membuat aneka makanan khas daerah maka sudah dapat membuka bisnis oleh oleh.

Tips Bisnis Oleh Oleh

Toko oleh oleh tidak selalu ramai pembeli tiap harinya, namun berbeda terbalik ketika musim liburan atau akhir pekan toko oleh oleh di datangi oleh para pembeli setiap detik nya. Tingginya keuntungan dari bisnis oleh oleh ini, pada akhirnya membuat para pebisnis untuk mencoba usaha oleh oleh, terlebih bila sudah memiliki tempat strategis. Berikut ini adalah tips bisnis oleh oleh :

  1. Memiliki Relasi Supir Bus

Marketing merupakan modal awal dalam segala bisnis, tak terkecuali bisnis oleh oleh. Anda dapat melakukan pemasaran melalui bantuan supir bus atau pun kenek bus wisata. Dengan melakukan lobi supir bus, maka setiap kali bus tersebut lewat di toko oleh oleh anda, maka dia akan berhenti untuk membawa penumpang wisatawan.

Bisnis Oleh Oleh
Bisnis Oleh Oleh

Tentu apabila anda meminta bantuan para supir bus untuk membawa wisatawan dan singgah di toko oleh oleh anda, tetap ada yang namanya komisi penjualan. Besaran komisi tergantung dari hasil lobi anda dengan supir bus, namun pada umumnya supir bus saat ini lebih suka memilih meminta komisi setiap kali membawa wisatawan, terlepas wisatawan tersebut membeli oleh oleh atau tidak.

  1. Pekerja

Toko oleh oleh itu bisa dikatakan usaha musiman hanya musim-musim tertentu saja toko itu panen uang dari penjualan, selebihnya bukan tidak ada, namun tidak se ramai musim libur. Musim-musim panen saat musim liburan panjang dan akhir pekan seperti sabtu dan minggu. Untuk menyiasati keadaan tersebut maka pekerjakan pegawai hanya di hari sabtu dan minggu atau ketika musim liburan. Metode ini dapat dikatakan karyawan freelance.

  1. Terima Pesanan Dari Supplier

Sesuatu yang sulit apabila anda melakukan produksi sendiri semua produk oleh oleh di toko anda. Oleh sebab itu perbanyak relasi ke agen oleh oleh, sebagai mendistribusikan produk ke toko oleh oleh. Anda dapat memberlakukan sistem dropship atau pun hanya sekedar menjadi reseller makan oleh oleh, namun dari segi keuntungan cukup tinggi.

Ketika baru memulai membuka bisnis oleh oleh ini tidak langsung mendapatkan kepercayaan dari agen atau pun orang ingin menitipkan produk nya di toko anda. Menyiasati hal tersebut anda dapat mencari terlebih dahulu teman yang memiliki kemampuan dalam produksi makanan khas daerah, lalu meminta bantuan untuk membuat produk sesuai keinginan pembeli.

  1. Lokasi Strategis

Memiliki lokasi toko oleh-oleh itu tidak harus berada di pusat wisata, harga properti di pusat wisata amat mahal. Anda dapat gunakan teras rumah untuk dibangun toko oleh oleh. Lokasi yang anda miliki tidak jauh dari pusat wisata, apa lagi bila daerah anda, terdapat banyak pusat wisata seperti kota Bandung, Bali, Wonosari dan sebagainya. Tentu ini akan menjadi berkah tersendiri apabila tinggal di lokasi pusat wisata.

  1. Produk Aksesoris

Oleh oleh tidak selamanya berupa produk makanan khas daerah, pada kenyataannya tidak sedikit pebisnis oleh oleh menawarkan berbagai produk aksesoris atau pun busana dengan sablon digital sebagai produk oleh oleh. Selain produk makanan, ada baiknya menyisipkan beberapa rak untuk menawarkan oleh oleh berbentuk aksesori.

Beberapa aksesoris yang cukup laris di toko oleh oleh diantaranya ada baju sablon, gelang, kalung dan beberapa kerajinan tangan yang terbuat dari kayu atau pun tanah liat. Harga aksesoris tersebut bervariasi tergantung dengan kreatifitas dan tinggi peminat terhadap produk.

Dalam bisnis oleh oleh ini tidak mudah terlebih bila masih awam dalam menjalankan usaha buah tangan ini, pengalaman proses produksi dan pemasaran memegang peran penting dalam bisnis oleh oleh ini. Namun bila anda tertarik menjalankan usaha oleh oleh ini, wajib terlebih dahulu untuk mengetahui pengalaman dalam membuka bisnis oleh oleh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *