Berikut Apa Penyebab Penyakit Jantung Mematikan

Apa Penyebab Penyakit Jantung – Mungkin kebanyakan dari kita masih bingung apa penyebab penyakit jantung tersebut. Dengan mengetahui apa penyebab penyakit jantung tersebut anda dapat mengenali atau mengidentifikasi ciri2 penyakit jantung atau gejala penyakit jantung tersebut. Seseorang yang terkena penyakit jantung pasti sebelum nya memiliki tanda2 penyakit jantung tersebut, bila seperti itu, anda harus segera mencari solusi untuk mengatasi penyakit jantung tersebut.

Banyak orang yang telah menjadi korban penyakit yang mematikan ini tanpa sebelum nya dia tidak mengetahui gejala penyakit jantung nya, siap pun orang nya akan terkena penyakit jantung tersebut tidak memandang usia, waktu dan tempat karena penyakit jantung sendiri tidak memandang siapa yang akan diserang nya, Jadi patut anda harus berarti-hati dalam menjaga pola hidup sehat anda.

apa penyebab penyakit jantung
Ilustrasi : apa penyebab penyakit jantung

Keganasan penyakit jantung ini, mungkin kita sering mendengar ada berita melalui media televisi bahkan dari mulut ke mulut pada masyarakat lingkungan anda, bahwa seseorang tidak bernyawa padahal dia sebelum nya terlihat sehat bugar, ada yang mengatakan kematian nya disebabkan oleh masuk angin. Hal tersebut lebih ilmiah bila penyebab kematian tersebut dikarenakan oleh penyakit jantung tersebut.

Jantung sendiri salah satu alat yang vital pada tubuh manusia, mungkin seperti organ tubuh otak dapat beristirahat saat tidur, tetapi itu tidak berlaku untuk jantung. Sekali saja jantung berhenti untuk memompa darah ke seluruh tubuh maka dalam hitungan detik orang tersebut akan tak bernyawa. Begitu mengerikan bukan penyakit jantung ini. Biasanya penyebab penyakit jantung itu sendiri adalah dari pola hidup yang salah, diantaranya adalah merokok(Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia) dan memakan makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu ada baiknya mulai sekarang anda mempelajari penyebab penyakit jantung serta gejala penyakit jantung tersebut, berikut temakita akan membahas masalah tersebut :

Apa Penyebab Penyakit Jantung

  1. Terkena Obesitas Atau Berat Badan Tidak Normal

Menurut sebuah penelitian keadaan obesitas memiliki potensi lebih besar terkena penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan ideal, mengapa demikian? saat seseorang memiliki berat badan yang tidak normal dalam arti obesitas maka didalam tubuh orang tersebut menimbun banyak lemak, sehingga kerja jantung yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh bekerja lebih berat dibandingkan dengan seseorang yang memiliki berat badang yang ideal.

Tidak hanya menjadi penyebab penyakit jantung ternyata obesitas dapat berpotensi menyebabkan masalah yang serius pada fungsi ginjal, biasanya orang yang terkena obesitas merupakan orang yang memiliki gaya hidup yang buruk. Disarankan untuk menjalankan program diet untuk menjaga berat badan ideal yaitu dengan cara menjaga pola makan yang sehat namun berimbang dan tetap melakukan olah raga setiap hari. Obesitas bisa terjadi kesalahan dalam seseorang mengkonsumsi obat-obatan dengan begitu banyak nya timbunan lemak akan menutupi otot sehingga otot tidak dapat bekerja semestinya.

  1. Penderita Penyakit Diabetes

Ternyata sangat berbahaya sekali penyakit satu ini, dimana kondisi diabetes adalah ketidak mampuan pankreas memproduksi insulin yang cukup, sehingga membuat kadar gula penderita diatas normal. Lebih parah nya lagi penyakit diabetes adalah salah satu penyakit turunan yang sangat berbahaya sehingga dapat memicu timbul nya penyakit jantung dan stroke. Penyakit jantung ini juga dapat membuat penyempitan pembuluh darah dan arteriosklerosis. Untuk mencegah penyakit diabetes ini disarankan untuk menjaga berat badan yang ideal dan mengatur pola makan yang bergizi yang seimbang.

Apakah anda salah satu orang yang suka mengkonsumsi teh manis? bila iya maka secepat nya anda kurangi untuk konsumsi tersebut karena dengan mengkonsumsi teh manis menyebabkan mudah nya meningkatkan gula darah. Ada cara lain untuk mengkonsumsi teh manis adalah dengan cara mengurangi asupan kalori yang terkandung kisaran antara 250 sampai dengan 300 sebab tubuh manusia membutuhkan minimal 1.900 kalori untuk setiap harinya. Coba mulai sekarang ubah kebiasaan anda yang gemar mengkonsumsi teh manis dengan mengganti nya air putih, dapat manfaat air putih untuk kesehatan atau dapat anda ganti kebiasaan bruk mengkonsumsi teh manis dengan menggunakan teh tawar, cukup gunakan 2 sendok teh setiap hari untuk konsumsi gula pada teh manis.

  1. Penderita Hipertensi

Salah satu faktor utama penyebab jantung ialah hipertensi, dimana hipertensi sangat berhubungan erat dengan yang namanya arteri. Penderita hipertensi biasanya terkena kerusakan dinding serta bagian pembuluh arteri dengan begitu darah dapat membeku. Sehingga kerja jantung lebih berat dah lambat saat memompa darah. Bila tidak segera tidak ditangani maka akan membuat lebih parah penyakit jantung tersebut.

  1. Kurang Aktivitas Atau Malas

Seseorang yang keseharian nya kurang melakukan aktivitas akan membuat dan menambah timbunan lemak menumpuk pada tubuh. Maka tidak heran bila seseorang yang dengan aktivitas yang kurang akan terkena obesitas sehingga berujung pada otot jantung tidak bekerja dengan semestinya. Bila pekerjaan anda mengharuskan anda tidak melakukan banyak aktivitas maka disarankan untuk meluangkan waktu untuk olah raga seperti jogging, berenang dan sebagainya, tidak perlu olah raga secara berlebihan cukup olah raga teratur maka anda akan terhindar dari obesitas sehingga akan mengurangi terjadinya penyakit jantung.

  1. Memiliki Gaya Hidup Yang Buru

Nah untuk penyebab penyakit gagal jantung yang paling ketara adalah gaya hidup yang buruk seperti mengkonsumsi meminum alkohol, merokok, tidak menjaga pola makan sehat dan sering begadang atau sering tidak tidur secara teratur. Bila anda tidak ingin terkena penyakit jantung maka sudah sepatutnya anda untuk merubah gaya hidup buruk tersebut sehingga anda akan terhindar dari penyakit jantung.

  1. Terlampau Stres Berpikir

Tidak baik mengalami stres yang berlebih, karena stres itu sendiri akan membentuk adrenalin sehingga akan memberatkan dan merusak kesehatan pembuluh jantung, Stres yang terlalu panjang akan memicu terjadinya semburan adrenalin yang sangat tinggi, termasuk juga unsur katekolamin. Bila terjadi penyempitan pembuluh darah jantung dan diiringi dengan denyut jantung yang meningkat tentu akan mengganggu pasokan darah pada tubuh. Untuk itu hindari stres yang berlebih, banyak cara untuk mengatasi stres yaitu dengan cara yoga, bermain game, meditasi dan jalan-jalan.

  1. Jenis Kelamin Dan Usia

Mungkin saat ini anda santai dengan berpikiran tidak terkena penyakit jantung karena anda masih lah muda sehingga anda melakukan berbagai pola hidup yang tidak sehat. Tetapi perlu anda ingat umumnya penyakit jantung ini terjadi di usia tua yaitu kisaran usia 65 ke atas dan lebih parah nya yang terkena penyakit jantung ini kebanyakan adalah pria di bandingkan dengan wanita.

Begitu banyak nya penyebab penyakit jantung tersebut, oleh karena itu sadar lah dengan menjaga pola hidup yang sehat dengan begitu anda berusaha akan membuat umur anda jauh lebih panjang. Bila anda sudah merasakan tanda-tanda masalah pada jantung anda maka berhati-hatilah bisa jadi itu adalah gejala penyakit jantung tersebut, berikut adalah apa gejala penyakit jantung:

gejala penyakit jantung
Ilustrasi : gejala penyakit jantung

Gejala Penyakit Jantung

  1. Merasakan Nyeri Pada Dada

Merasakan nyeri pada dada, ini dikarenakan jantung tidak mendapatkan pasokan darah dan oksigen yang cukup, sehingga membuat jantung anda merasakan nyeri begitu hebatnya. Biasanya rasa nyeri tersebut seperti jantung di remas-remas dan rasa sakit.

  1. Mengeluarkan Keringat

Mungkin sudah hal biasa bila seseorang mengeluarkan keringat saat melakukan aktivitas berat seperti olah raga atau sedang melakukan beban berat, tetapi hal yang aneh terjadi pada orang yang mengidap penyakit jantung adalah merasakan keringat yang banyak keluar padahal tidak sedang melakukan aktivitas apa pun, terutama pada telapak tangan penuh dengan keringat.

Selain itu bila orang yang terkena penyakit jantung biasanya orang tersebut mudah lelah padahal orang tersebut belum melakukan aktivitas apa pun. Bila ternyata ada tanda-tanda demikian maka segera lah ke dokter untuk di lakukan pengetesan dan penanganan secara intensif.

  1. Sesak Napas Dan Jantung Berdebar-Debar

Salah satu gejala penyakit jantung adalah sesak napas yang begitu hebat nya itu dikarenakan kontraksi otot jantung tidak normal bisa memberikan dampak ke paru-paru tentunya hal tersebut akan berdampak susah nya sesak nafas, selain itu bila merasakan detak jantung yang begitu cepat serasa anda sedang lari jauh juga bisa menjadi gejala penyakit jantung tersebut.

  1. Sering Merasakan Sakit Kepala

Orang yang terkena penyakit jantung juga dapat ditandai dengan sakit kepala yang disebabkan tidak lancar nya aliran darah yang menuju ke otak sehingga suplai darah untuk otak tidak normal sehingga mengalami gangguan pada otak hal itu lah yang menyebabkan sakit kepala terjadi pada gejala penyakit jantung.

  1. Nafsu Makan Menurun Dan Tubuh Membengkak

Salah satu indikasi penyakit jantung adalah si penderita mengalami susah makan ini disebabkan nafsu makan yang menurun drastis, bisanya juga di iringi dengan mual-mual tanpa sebab. Tubuh korban penyakit jantung koroner yang sudah kronis mengalami bengkak dengan alasan yang jelas, oleh karena itu berhati-hatilah dan segera lakukan tindakan pencegahan sebelum terlambat.

Kesimpulan Apa Penyebab Penyakit Jantung

Penyakit jantung yang di alami setiap orang terkadang berbeda-beda, hal diatas merupakan gejala umum penderita penyakit jantung bukan gejala khusus. Mulai saat ini juga ubah lah pola hidup sehat dengan olah raga mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang serta jauhi kegiatan-kegiatan yang menyebabkan penyakit jantung tersebut dengan merokok, minum alkohol dan sering begadang. Dengan mengetahui informasi apa penyebab penyakit jantung dan gejala penyakit jantung maka anda akan lebih berhati-hati dalam menjalani hidup sehat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *