Berikut 5 Peluang Bisnis Menjelang Lebaran

Bisnis Menjelang Lebaran – Lebaran  sudah semakin dekat, segala persiapan yang berhubungan dengan kebutuhan harus lah sudah di mulai sejak dini, tinggi nya kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan pokok maupun skunder menyisakan sebuah peluang yang bagus untuk para pebisnis, penting nya anda mendapatkan ide bisnis jelang lebaran agar nanti nya anda mampu memanfaatkan peluang yang ada. Memiliki ide saja tidak lah cukup, dimana anda pun harus memiliki niat serta melakukan bisnis jelang lebaran.

Bulan puasa tidak hanya menguntungkan dengan mengumpulkan amal dan ibadah sebanyak mungkin, tetapi juga sangat menguntungkan apabila anda juga dapat memaksimalkan hari lebaran sebagai mengumpulkan pundi pundi rupiah. Sebenarnya bila anda pikir pikir daripada anda melakukan hal yang tidak bermanfaat sehingga tidak dapat menghasilkan uang maka tidak ada salah nya apabila anda mengumpulkan uang dengan cara bisnis jelang lebaran.

Bisnis Menjelang Lebaran
Ilustrasi : Bisnis Menjelang Lebaran

Lebaran merupakan sebuah hari untuk merayakan kemenangan umat muslim, dimana kemenangan tersebut merupakan dimana umat muslim dapat menahan hawa nafsu dari apa yang di larang oleh agama. Sebuah hari kemenangan tentu merupakan hari dimana umat muslim memiliki banyak kebutuhan untuk di penuhi, nah kebutuhan tersebut harus anda lihat sebagai peluang bisnis menjelang lebaran. Dimana sebuah hukum bisnis dapat berlaku disini ketika banyak peminat atau konsumen terhadap produk, maka peluang dalam menjalankan bisnis tersebut cukup lah bagus.

Bisnis Menjelang Lebaran

Meskipun beberapa orang memiliki opini bahwa peluang bisnis menjelang lebaran lebih cocok di jalankan oleh orang muslim, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan bila ada yang beragama non-muslim ikut merayakan lebaran tersebut dengan berbisnis lebaran tersebut. Selagi anda benar benar menekuni dan mengerti dalam seluk beluk dari usaha yang anda lakoni tersebut maka jangan heran nanti nya anda akan sukses menjalankan bisnis tersebut.  Baik lah bagi anda yang benar benar memiliki keinginan dalam menambah pundi pundi rupiah saat lebaran nanti, maka ada baiknya apabila anda segera mungkin menjalankan bisnis jelang lebaran tersebut, berikut peluang usaha bisnis menjelang lebaran oleh temakita :

  1. Baju Lebaran

Sudah menjadi sebuah ciri khas ketika baju menjadi bahan pokok ketika lebaran, lebaran sangat identik dengan baju baru. Dimana baju baru ini biasanya berupa baju muslim lebaran keluarga atau pun baju lebaran pria. Tinggi nya peminat baju lebaran ini dapat anda manfaatkan dalam menjual baju muslim. Terlebih lagi apa bila harga produk yang anda tawarkan cukup bersahabat atau lebih murah dibandingkan dengan toko lain nya. Bisnis baju ini sebenarnya tidak memerlukan sebuah toko nyata karena anda dapat memasarkan serta menjual nya melalui internet, namun apabila anda memiliki toko offline atau nyata akan meningkatkan kepercayaan dari konsumen terhadap bisnis anda.

Namun bila anda tidak miliki modal yang cukup maka sebaiknya anda dapat menjual dan memasarkan baju lebaran anda secara online, lebih lebih bila anda hanya bermaksud untuk menjual baju lebaran ketika lebaran tiba saja, maka menjual baju secara online merupakan pilihan yang tepat. Dimana anda tidak perlu menggunakan banyak modal bila menjual nya via online, biasanya bisnis jual baju lebaran akan meningkat pesat ketika hendak mendekati lebaran.

  1. Bisnis Kue Kering Lebaran

Kue kering merupakan salah satu cemilan yang harus ada saat lebaran, belum lagi kue kering memiliki masa kadaluarsa yang cukup lama sehingga cocok bagi anda untuk menjual nya jauh jauh hari saat lebaran. Anda dapat menjadi reseller dari kue kering ini, jadi anda membeli produk kue kering dari agen atau supplier lalu menjual nya kembali dengan harga yang lebih tinggi dengan mengharapkan keuntungan dari penjualan. Namun bila anda ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar maka anda dapat membuat kue kering tersebut dengan bahan bahan pembuat kue yang relatif murah.

Nah untuk pemasaran nya anda dapat menjual dan promosikan nya melalui online, seperti sosial media, toko online dan sebagai nya. Oleh sebab itu disarankan bagi anda untuk menyiapkan kue kering tersebut yang memiliki masa penyimpanan yang cukup lama. Karena dengan begitu konsumen yang berada jauh dari tempat tinggal anda, memiliki kesempatan untuk membeli produk kue kering anda.

  1. Bisnis Parcel Lebaran

Selain kue kering parcel merupakan sebuah barang wajib di berikan oleh perusahaan kepada pegawai nya, tidak hanya antara perusahaan ke pegawai melainkan dari teman ke teman pun juga bisa sebagai tanda terimakasih atau pun sekedar bersedekah. Parcel biasanya berisi makanan ringan, aneka minuman dan sebagai nya yang di tata kedalam tempat nya, biasanya di hias dengan pernak pernik hiasan lalu dilapisi dengan plastik kado.

Tentu menjual parcel sangat cepat perputaran uang nya lebih lebih apabila anda menjual parcel tersebut kepada perusahaan yang biasanya notabe nya selalu memberikan parcel kepada seluruh pegawai nya saat sebelum lebaran tiba. Oleh sebab itu bila anda memang memiliki niat untuk menjual parcel kepada perusahaan atau pun pemerintahan maka sebaiknya anda harus gencar dalam memasarkan produk parcel anda.

  1. Sewa Mobil

Sudah menjadi sebuah tradisi ketika lebaran akan tiba maka seluruh perusahaan baik swasta maupun pemerintah memberi libur kepada pegawai nya kurang lebih 1 minggu. Nah kebanyakan pegawai akan memanfaatkan libur panjang tersebut untuk pulang kampung ke halaman nya. Agar bisa silaturahmi bersama keluarga dan teman, namun tinggi nya arus mudik tersebut membuat tiket perjalanan seperti kereta api, kapal dan pesawat habis terjual. Nah di situ lah ada sebuah peluang yang dapat anda manfaat kan yaitu dengan menyewakan mobil pribadi anda kepada orang yang membutuhkan.

Agar meminimalisir kendaraan mobil anda rusak, maka sebaiknya pinjamkan ke teman terdekat atau tetangga, namun hal tersebut tidak menjamin ke selamatan mobil yang anda rental kan tersebut. Lantaran sudah pasti bukan mobil anda akan di bawa ke luar kota, luar propinsi bahkan luar pulau, oleh sebab itu anda harus berhati hati.

  1. Berjualan Aksesoris Kendaraan

Tinggi nya arus mudik, mengharuskan para pengendara mudik untuk berhati hati di jalan. Nah anda dapat membantu mereka melalui bisnis anda yaitu dengan menjual aneka aksesoris kendaraan, seperti helm, sarung tangan, mantel hujan, penutup wajah dan sebagainya. Dengan begitu selain anda mendapatkan keuntungan dari penjualan maka anda pun sama saja telah menyelamatkan si pengendara dari aksesoris yang anda jual. Dimana para pengendara sangat menghargai keselamatan diri mereka, nah sudah tentu bukan dia akan tetap membeli aksesoris pengendara.

Untuk bisnis yang satu ini anda harus memiliki sebuah toko fisik yang terletak di pinggir jalan. Lebih lebih agar lebih ramai lagi anda membuka toko fisik ini di pinggir jalan pas di lampu merah. Sehingga ketika pengendara menunggu lampu merah dia akan melihat toko anda, bukan tidak mungkin pada akhir nya mereka akan mampir ke toko anda untuk membeli aksesoris pengendara yang dirasa cocok bagi kebutuhan mereka.

Kesimpulan

Bisnis saat menjelang puasa memberikan banyak berkah tersendiri bagi pebisnis karena selain anda mendapatkan banyak pahala karena sudah membantu umat muslim, anda pun juga mendapatkan keuntungan dari penjual produk bisnis anda. Ide bisnis lebaran diatas sangat cocok di lakukan saat menjelang lebaran, sehingga akan meningkatkan penjualan secara signifikan produk anda nanti nya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *