Analisis Swot Dan Contohnya Pada Perusahaan

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Analisis Swot – Apa itu analisis swot dan seperti apa penggunaanya untuk menganalisis perusahaan? Analaisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen sebuah perusahaan atau didalam sebuah organisasi yang sesuai sistem yang dapat menyusun rencana kedepan untuk mencapai goal setting atau mencapai target sebuah perusahaan. Tidak ada cukup informasi siapa yang membuat analisis tersebut, seperti nya analisis swot dibuat oleh alih pakar ekonomi atau pun manajemen.analisis swot,analisis swot perusahaan,analisis swot adalah,analisis swot perusahaan jasa,analisis swot produk,analisis swot dalam organisasi

Analisis Swot sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang baru berdiri atau baru dibentuk karena perusahaan tersebut ingin melihat kelemahan dan kelebihan dari perusahaan mereka untuk dapat bersaing dengan perusahaan yang sudah lebih senior. Pentingnya di lakukan analisis swot dikarenakan sebuah perusahaan bisa melakukan introspeksi dari kelemahan yang ada dan dapat dengan segera menentukan strategi untuk dapat mendapatkan target yang sudah di tentukan di awal, sehingga perusahaan tidak hanya berjalan ditempat melainkan perusahaan dapat berkembang dengan semestinya.

Analisis Swot digunakan dalam memberikan sebuah gambaran analisis situasi dan juga kondisi dalam bentuk deskriptif(memberikan suatu gambaran). Analisis menempatkan parameter yaitu berupa situasi dan kondisi sebagai parameter input nya, lalu dikelompokan pada kontribusi masin-masing. Perlu ditekan kan pada anda sebagai pengguna analisis swot ini hanyalah gambaran perusahaan dari situasui dan juga kondisi yang sedang dihadapi perusahaan bukan lah sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi perusahaan. Tetapi jangan remehkan analisis swot, dengan anda mengetahui peta perusahaan anda maka perusahaan dapat mendiskusikan tindakan selanjutnya dalam menyelesaikan masalah. Analisis swot dapat dibagi beberapa bagian diantaranya :

analisis swot,analisis swot perusahaan,analisis swot adalah,analisis swot perusahaan jasa,analisis swot produk,analisis swot dalam organisasi

  1. S (Strenght)            = Kekuatan
  2. W (Weeknessses)  = Kelemahan
  3. O (Oportunities)   = Kesempatan
  4. T (Threats)             = Bahaya atau ancaman

Dari penjabaran analisis swot dengan menjadi 4 element diatas dapat anda sedikit pahami dalam penggunaan analisis swot itu sendiri, berikut penjelasan Dari 4 element swod sendiri beserta oleh temakita contohnya kita ambil contoh kasus perusahaan jasa warnet adalah :

Analisis  Swot – S (Strenght) atau kekuatan

Kekuatan berarti adalah kelebihan yang dimiliki perusahaan dalam menghadapi segala sesuatu kendala yang terjadi juga dapat menggambarkan peta kekuatan perusahaan dalam mendapatkan keuntungan. Berikut contoh dari analisis swot dengan mengambil contoh kasus warnet A

  1. Misal warent A memiliki kelebihan yaitu memiliki bandwidth lebih besar dari pada warnet lainnya, bandwidth semakin besar maka koneksi internet semakin cepat sehingga konsumen merasa betah berada di warnet tersebut untuk melakukan browsing atau pun game online.
  2. Warnet A selalu mengutamakan kebersihan, sehingga konsumen yang datang disana merasa nyaman. Otomatis konsumen disana akan betah berlama-lama dalam warnet.
  3. Ternyata warnet A menyediakan banyak makan ringan atau snack, sehingga para konsumen tidak perlu jauh-jauh keluar ke warung melainkan cukup membeli snack di warnet. Selain itu dapat meningkatkan pemasukan warnet dari penjualan snack.

Analis Swot – W (Weeknessses) atau Kelemahan

kelemahan setiap perusahaan pasti ada, dan dengan kendala tersebut owner akan segera mungkin menyelesaikan kendala tersebut. Weekness merupakan cara menganalisis perusahaan atau pun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam perkembangan perusahaan, contoh:

  1. Warnet A memiliki kelemahan ternyata komputer disana hanya memakai hadware yang sudah tua sehingga komputer sering restart sendiri lebih parahnya lagi perusahaan tersebut belum menganggarkan biaya untuk peremajaan komputer-komputernya.
  2. Warnet A dalam pelayanannya sangat buruk, karyawan perusahaan selalu menampilkan muka yang tidak enak dilihat seperti marah atau pun kecewa oleh sesuatu hal.

Analisis Swot – O (Opportunity) atau Kesempatan

Yaitu analisis peluang, dimana sebuah perusahaan memiliki peluang besar dalam mengembangkan sebuah perusahaan yang lebih besar dan meraup keuntungan yang besar dimasa yang akan datang. Cara ini untuk mencari peluang atau pun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan untuk berkembang. Contoh misal warnet A adalah warnet satu-satunya yang ada di wilayah tersebut sehingga warnet A dapat memonopoli konsumen dari segi pemberi pelayanan penyedia internet dan game online.

Analisis Swot – T (Threats) atau Ancaman

Yaitu analisis ancaman, biasanya ancaman itu datang dari luar atau dapat dikatakan persaingan dengan perusahaan lain yang lebih besar dan memiliki bidang usaha yang sama atau perusahaan harus menghadapi berbagai faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau pun organisasi yang menyebabkan kehancuran atau kemunduran perusahaan. Jika masalah ini tidak segera diatasi akan membuat perusahaan tersebut dapat gulung tikar. Contoh: warnet A menyewa ISP pada Telkom sebagai penyalur koneksi ke internet, tetapi di satu sisi perusahaan Telkom ternyata telah mengambil sebagian konsumen A yaitu dengan menyediakan wifi gratis atau wifi murah di teras halaman perusahaan Telkom atau dapat dikatakan perusahaan Telkom telah memakan mitra nya sendiri, mungkin salah satu solusi warnet A harus menyediakan fasilitas tambahan seperti rental PS atau pun game online sehingga konsumen tetap akan mengunjungi warnet A tersebut.analisis swot,analisis swot perusahaan,analisis swot adalah,analisis swot perusahaan jasa,analisis swot produk,analisis swot dalam organisasi

Analisis swot sangat penting untuk menjabarkan peta kekuatan dan kelemahan suatu perusahaan agar perusahaan tersebut dapat melakukan strategi dalam mengambil tindakan kedepannya agar perusahaan dapat terus berkembang kedepannya .

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0
7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *