Analisis Swot Dan Contohnya Analisis SWOT Pada Perusahaan Modern

Apa itu analisis swot dan seperti apa contoh analisis swot sebagai metode analisis perusahaan? analisis swot di gunakan setiap perusahaan untuk mengetahui apa kelebihan dan apa kelemahan perusahaan. Dengan mengetahui informasi tersebut, diharapkan analisis swot dapat membantu perusahaan mengapai visi dan misi yang telah di tentukan.

Analisis swot sering dilakukan oleh perusahaan yang baru berdiri, karena perusahaan ingin melihat kelemahan dan kelebihan dari perusahaan, supaya dapat bersaing dengan perusahaan senior. Tetapi tidak jarang pula perusahaan yang telah lama berdiri menggunakan analisis swot untuk melihat sejauh mana perusahaan telah berkembang.

analisis swot,analisis swot perusahaan,analisis swot adalah,analisis swot perusahaan jasa,analisis swot produk,analisis swot dalam organisasi

Pentingnya di lakukan analisis swot, lantaran perusahaan bisa melakukan introspeksi dari kelemahan dan dapat segera menentukan strategi yang tepat. dengan begitu perusahaan tidak hanya berjalan ditempat melainkan perusahaan dapat berkembang dengan semestinya.

Gambaran Analisis Swot

Analisis Swot digunakan, memberikan gambaran analisis situasi perusahaan, dalam bentuk deskriptif. Saat menganalisis menempatkan beberapa parameter berupa situasi dan kondisi sebagai parameter input, lalu di kelompokan pada kontribusi masing masing.

Sebagai pengguna analisis swot ini hanya berupa gambaran kondisi perusahaan dari situasi dan kondisi yang sedang dihadapi perusahaan. Gambaran bukan berarti memberikan solusi masalah yang dihadapi. Dengan mengetahui peta(gambaran) perusahaan diharapkan dapat mendiskusikan tindakan selanjutnya dalam menyelesaikan masalah. Analisis swot dapat dibagi beberapa bagian diantaranya :

  1. S (Strenght) = Kekuatan
  2. W (Weeknessses)  = Kelemahan
  3. O (Oportunities)   = Kesempatan
  4. T (Threats)   = Bahaya atau ancaman

Analisis swot di bagi 4 elemen penting yang nanti digunakan saat menganalisa perusahaan, berikut penjelasan Dari 4 elemen swot analisis, beserta contoh analisis swot, sebagai contoh kita ambil contoh kasus perusahaan warnet  modern adalah :

S => (Strenght) atau kekuatan

Istilah Kekuatan dalam swot analisis, berarti sebuah kelebihan yang dimiliki perusahaan dalam menghadapi segala kendala yang terjadi juga dapat menggambarkan peta kekuatan perusahaan dalam mendapatkan keuntungan.

  1. Misal warent A memiliki kelebihan, bandwidth lebih besar dari pada warnet lainnya, bandwidth semakin besar maka koneksi internet semakin cepat sehingga konsumen merasa betah berada di warnet A.
  2. Warnet A selalu mengutamakan kebersihan, sehingga konsumen yang datang merasa nyaman.
  3. warnet A menjual aneka makan ringan, sehingga para konsumen tidak perlu jauh-jauh keluar ke warung bila untuk membeli makanan ringan.

W => (Weeknessses) atau Kelemahan

kelemahan setiap perusahaan pasti ada dan dengan kelemahan tersebut, pemilik perusahaan perlu segera mungkin menyelesaikan kendala yang terjadi. Weekness merupakan cara menganalisis perusahaan yang menjadi kendala serius dalam perkembangan perusahaan, contoh:

  1. Warnet A memiliki kelemahan ternyata komputer disana hanya memakai hardware yang sudah tua sehingga komputer sering mati sendiri lebih parahnya, warnet A belum menganggarkan biaya untuk pembaruan aset perusahaan, bisa di bilang warnet A mengesampingkan akun inventaris dalam ilmu akuntansi.
  2. Warnet A memberikan pelayanan yang buruk, karyawan perusahaan selalu menampilkan muka yang tidak enak dipandang.

O => (Opportunity) atau Kesempatan

Analisis peluang, setiap perusahaan memiliki peluang besar dalam mengembangkan usaha yang lebih besar dengan begitu mampu mendapatkan keuntungan yang lebih besar dimasa datang. Cara ini untuk mencari peluang atau pun terobosan memungkinkan perusahaan untuk berkembang.

Contoh misal warnet A adalah warnet satu-satunya yang ada di wilayah tersebut sehingga warnet A dapat menguasai konsumen sekitar, baik dari segi pemberi pelayanan penyedia internet dan game online.

T => (Threats) atau Ancaman

Analisis ancaman, biasanya ancaman itu datang dari luar atau dapat dikatakan persaingan dengan perusahaan lain yang lebih besar yang memiliki bidang usaha yang sama. Ancaman juga bisa di artikan, perusahaan menghadapi berbagai faktor luar yang merugikan sehingga menyebabkan kehancuran atau kerugian perusahaan.

warnet A menyewa service internet pada Telkom, tetapi di satu sisi perusahaan Telkom ternyata telah mengambil sebagian konsumen warnet A yaitu dengan menyediakan wifi gratis atau wifi murah di halaman kantor Telkom atau dapat dikatakan perusahaan Telkom telah memakan mitra nya sendiri,

Mengatasi masalah tersebut, maka warnet A memerlukan inovasi lain seperti rental PS atau pun game online sehingga konsumen tetap akan berkunjung di warnet A.

analisis swot,analisis swot perusahaan,analisis swot adalah,analisis swot perusahaan jasa,analisis swot produk,analisis swot dalam organisasi

Analisis swot, menjabarkan peta kekuatan dan kelemahan perusahaan supaya perusahaan dapat melakukan strategi yang tepat, agar perusahaan dapat terus berkembang. Sekian artikel analisis swot, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memahami dan mencoba metode analisis swot.

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *