Alasan Mengapa Bahaya Rokok Elektrik Vapor

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Bahaya Rokok Elektrik Vapor – Setiap rokok elektrik memiliki zat bahaya untuk kesehatan, begitu pula dengan bahaya rokok elektrik vapor tersebut. Kandungan di dalam berbagai merek rokok elektrik mengandung zat berbahaya, oleh karena itu jauhi bahaya rokok elektrik tersebut dengan tidak mengkonsumsi rokok elektrik. Bahaya rokok elektrik vape atau dapat disebut juga bahaya rokok elektrik vapor dianggap oleh masyarakat lebih ringan bila dibandingkan dengan rokok tembakau biasa. Namun apa benar hal tersebut tidak berbahaya dan apa apa bahaya nya rokok elektrik tersebut?, berikut ulasan bahaya rokok elektrik bagi kesehatan.

Baru baru ini di Indonesia pada kalangan masyarakat menganggap ada solusi baru nan sehat rokok elektrik tersebut dengan berbagai merek ada yang rokok elektrik vapor atau vape dan rokok elektrik evod. Dimana semua jenis rokok elektrik tersebut sebenarnya konsep nya sama yang membedakan adalah zat kandungan didalam nya dan kadar kandungan tersebut. Namun apa anda sempat berpikir bahaya rokok elektrik bagi kesehatan.

Bahaya Rokok Elektrik Vapor
Ilustrasi : Bahaya Rokok Elektrik Vapor

Pengguna rokok elektrik entah itu merek vape atau vapor dan evdo saat ini sebenarnya memiliki tujuan untuk sekedar mencoba dan mengkonsumsi rokok elektrik yaitu ingin segera mungkin mengurangi rokok tembakau bahkan segera mungkin untuk berhenti merokok tembakau karena mereka yakin rokok tembakau memiliki bahaya merokok bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa para perokok meyakini bahwa mengkonsumsi rokok elektrik aman daripada rokok tembakau. Banyak para perokok tembakau beralih ke rokok  elektrik karena mereka percaya dapat menghindari berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan penyakit kanker yang sangat identik dengan rokok bahan tembakau.

Apa Bahaya nya Rokok Elektrik

Rokok elektrik vapor atau vape sendiri merupakan salah satu jenis dari sekian penghantar nikotin secara elektronik. Pada awal nya rokok elektrik di rancang dan di ciptakan agar perokok tembakau untuk berhenti merokok demi kesehatan bersama. Dengan mulai beralih dari rokok tembakau ke rokok elektrik, secara perlahan perokok belajar untuk berhenti merokok.

Saat ini rokok elektrik terdapat banyak ukuran dan bentuk, di dalam kandungan rokok elektrik terdapat tiga komponen utama yaitu baterai, elemen panas dan tabung yang berisi cairan rokok elektrik itu sendiri. Nah cairan yang didalam tabung elektrik tersebut berupa kandungan nikotin, gliserin atau propilen glikol, serta di tambah dengan berbagai rasa manis seperti rasa buah buahan dan coklat agar menambah daya tersendiri pada rokok elektrik itu sendiri. Beberapa jenis model rokok elektrik sebenarnya memiliki sebuah baterai yang dapat di isi ulang. Zat kimia perasa ini dapat di beli di berbagai toko toko, tergantung rasa apa yang diinginkan oleh konsumen nya.

Sebenarnya pada jaman dulu pembuat rokok elektrik ini tidak dicampurkan dengan berbagai nikotin didalam nya, namun berjalan nya waktu para konsumen agar liquid dalam cairan rokok elektrik dicampur dengan nikotin kedalam nya agar menambah citra rasa dari rokok elektrik tersebut, nah seperti itu lah latar belakang nikotin yang didalam rokok elektrik tersebut hingga saat ini di jual bebas di mana mana. Dengan begitu rokok elektrik vapor atau vape ini sama bahaya nya dengan rokok tembakau tersebut, karena dua dua nya mengandung nikotin di dalam nya sehingga memberikan efek samping kecanduan serta berdampak kesehatan pada tubuh.

Efek Samping Rokok Elektrik

Bahkan saat ini sudah ada penelitian khusus yang dilakukan oleh para peneliti dari Amerika serikat, dengan organisasi pemerintahan Amerika serikat yaitu FDA(Food And Drug Administration) yang meneliti dari bahaya dampak negatif efek samping dari rokok elektrik. Dimana mereka saat ini berhasil menemukan beberapa cairan zat kimia yang berasal dari nikotin cair sintetis yang terdapat pada rokok elektrik tersebut yang dimana dapat merusak paru paru dan juga membuat paru paru manusia menjadi teriritasi.

Ketika rokok elektrik di hisap dan masuk kedalam paru paru, cairan jenis liquid tersebut berubah menjadi sebuah asap atau uap sehingga menjadi carbonyl yang dapat memicu timbul nya kanker. Apalagi saat ini berbagai rokok elektrik terdapat pengatur suhu yang berfungsi untuk mengatur kadar dari kandungan nikotin. Ketika semakin tinggi nya pengaturan suhu yang terdapat rokok elektrik tersebut, maka semakin banyak pula kandungan zat carbonyl yang di produksi didalam nya. Tidak hanya itu saja jumlah dari formaldehida yang terdapat pada rokok elektrik tersebut dapat mengimbangi jenis rokok tembakau. Sekedar informasi saja kandungan formaldehida dan carbonyl dapat membahayakan paru paru setiap orang yang menghisap nya, bahkan lebih parah nya lagi uap yang dihasilkan dari liquid pada rokok elektrik juga dapat mengakibatkan zat aerosol yang sangat tidak baik untuk kesehatan jantung.

Bahaya Rokok Elektrik Vapor Dan Bahaya Rokok Elektrik Vape

  1. Rokok Memiliki Resiko Terbakar

Pada intinya rokok elektrik ini dapat bekerja dengan melakukan pembakaran menggunakan bantuan batu baterai yang sangat berguna untuk membakar liquid menjadi sebuah uap atau asap yang dihasilkan nya. Hal tersebut lah yang menjadi salah satu resiko mengkonsumsi rokok elektrik tersebut, karena ketika rokok elektrik terjadi konsletting atau ada masalah pada bagian pemanas nya, maka pemanas pada rokok elektrik tersebut dapat terbakar, karena sekecil apa pun arus listrik atau kapasitas baterai jika sewaktu waktu meledak maka dapat menyebabkan kebakaran dan dapat membahayakan keselamatan anda.

  1. Merusak Paru Paru

Seperti yang telah dijelaskan diatas, salah satu baya rokok elektrik evod adalah dapat merusak paru paru pada manusia yang terlampau sering mengkonsumsi rokok elektrik tersebut, hal tersebut di latar belakang oleh kandungan pada rokok elektrik tersebut dapat memicu kerusakan paru paru pada manusia, diantara nya yaitu zat zat kimia seperti gliserin, propilen glikol dan berbagai zat perasa yang dibuat dengan campuran bahan kimia yang berbahaya. Ketika zat kimia pada rokok elektrik tersebut telah masuk pada tubuh manusia mengakibatkan kerusakan sistem kerja organ tubuh manusia seperti paru paru, bila rokok elektrik dikonsumsi dalam jangka yang cukup panjang maka secara tidak langsung mengakibatkan melemah nya kekebalan tubuh, sehingga akan mudah terkena berbagai penyakit dari luar. Maka tidak heran bila seorang perokok elektrik aktif biasanya mudah sekali terkena penyakit paru paru dan kanker dimasa yang akan datang.

  1. Terkena Penyakit Jantung

Bahaya rokok elektrik tidak hanya merusak organ tubuh paru paru pada manusia, melainkan juga dapat merusak kerusakan organ tubuh penting lain nya yaitu jantung. Asap rokok elektrik dan juga beberapa zat kimia berbahaya yang berupa racun yang di hisap akan masuk juga kedalam jantung yang dapat mengakibatkan resiko terkena penyakit jantung yang sangat besar.

  1. Sering Merasa Pusing Dan Mual

Asap rokok yang masuk juga dapat merusak sel sel otak dan sel darah merah, sehingga tak jarang para perokok elektrik aktif sering merasakan pusing dan mual. Bila terus mengkonsumsi rokok elektrik bukan tidak mungkin kedepan nya semakin banyak nya sel sel otak yang terputus yang dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh pada penyakit akan mengarah kepada otak mulai akan berkurang secara perlahan sehingga akan berdampak dengan mudah nya masuk berbagai penyakit penyakit berbahaya pada otak yang salah satu nya adalah penyakit meningitis.

Kesimpulan

Pada dasar nya yang perlu anda ketahui bahwa nama nya rokok elektrik maupun yang nama nya rokok tembakau sama saja membawa penyakit dan memberikan efek samping rokok elektrik tersebut. Bila memang anda saat ini mengkonsumsi rokok elektrik maka mulai lah secara bertahap untuk terus mengurangi porsi konsumsi rokok elektrik tersebut, sampai betul betul anda sudah tidak lagi mengkonsumsi nya. Sekian artikel tentang Bahaya Rokok Elektrik Vapor, terimakasih.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *