Alasan Dan Mengatasi Kecemburuan Anak Pertama

Mengatasi Kecemburuan Anak Pertama – Ketika Anak kedua di lahirkan, tidak sedikit anak pertama cemburu kepada adik nya, mengatasi kecemburuan anak pertama terhadap adiknya bukan perkara yang mudah. Butuh sebuah sikap yang bijak agar mengatasi cemburu si kakak, bila tidak maka cara mengatasi kecemburuan anak pada adik nya tidak akan berhasil yang terjadi malah permusuhan antara kakak dan adik. Oleh karena itu tips dan trik cara mengatasi kecemburuan anak pertama merupakan sebuah ilmu yang wajib untuk diketahui orang tua, terutama orang tua yang baru saja memiliki anak kedua.

Sifat cemburu merupakan sifat alami yang dimiliki manusia normal lain nya, dimana sifat satu ini merupakan sifat yang pasti ada pada setiap manusia. Tidak terkecuali antar saudara, pasti ada yang nama nya perselisihan terhadap sesuatu hal yang di latar belakang sebuah kecemburuan, yang paling sering adalah kecemburuan anak pada adik nya dan begitu pula sebaliknya.

Mengatasi Kecemburuan Anak Pertama
Ilustrasi : Mengatasi Kecemburuan Anak Pertama

Mengatasi kecemburuan anak merupakan salah satu tugas orang tua dalam menengahi permasalahan tersebut, jangan sampai justru orang tua berpihak pada salah satu anak nya, tanpa memikirkan perasaan dari anak lain nya, hal tersebut justru membuat permusuhan antar adik kakak tak pernah berakhir.

Sifat cemburu ini dipengaruhi beberapa faktor internal dari luar, sehingga membuat seseorang menjadi cemburu terhadap individu lain. Begitu pula yang terjadi antar saudara adik dan kakak tersebut, berikut yang menyebabkan kecemburuan adik kakak oleh temakita :

Penyebab Dan Mengatasi Kecemburuan Pada Anak

  1. Pemberian Orang Tua

Untuk penyebab yang pertama dan paling sering terjadi kecemburuan anak terhadap saudara nya sendiri adalah pemberian orang tua kepada salah satu anak nya(seperti memberikan baju keren anak laki laki atau baju anak perempuan). Sudah menjadi sebuah kewajiban orang tua untuk membahagiakan anak anak nya secara adil dan bijaksana. Yang menjadi permasalahan disini adalah susah nya bersikap adil dan bijaksana kepada anak dari segi pemberian.

Merupakan sebuah naluri seorang anak menuntut sesuatu kepada orang tua nya untuk diberikan sesuatu, tetapi di satu sisi anak yang lain nya pun menginginkan hal yang sama seperti yang diberikan saudara nya, hal tersebut lah akhir nya memicu kecemburuan hingga terjadi pertengkaran antar saudara dari hal sepele tersebut.

Ajak bicara anak anak anda, fasilitas apa yang dapat orang tua berikan untuk menunjang kesuksesan mereka belajar. Berikan sebuah target kepada anak anak, bila berhasil mencapai target tersebut, berikan lah beberapa hadiah kejutan kepada mereka. Hal tersebut dapat merangsang anak anak untuk berkompetensi secara sehat, tanpa harus membuat mereka cemburu karena tidak diberikan sesuatu, melainkan bila mereka menginginkan hadiah mereka harus berjuang untuk mendapatkan nya, cara tersebut juga dapat melatih sportifitas anak untuk bersaing secara sehat dengan saudara nya.

  1. Perhatian Orang Tua

Sebuah perhatian orang tua merupakan salah satu kewajiban orang tua kepada anak nya, tanpa ada perhatian seorang anak dapat terjerumus ke dampak negatif pergaulan bebas hingga dampak negatif pacaran dimana kedua masalah tersebut menjadi dominan di negara Indonesia ini yang terkena dampak era globalisasi.

Begitu pula yang nama nya perhatian orang tua kepada anak nya sering kali menjadi masalah klasik dari sebuah kecemburuan terhadap situasi. Lebih lebih menjadi sebuah tradisi dan tidak penting di Indonesia bahwa anak terakhir atau sering di sebut anak ragil selalu mendapatkan kasih sayang dan perhatian lebih daripada kakak kakak nya. Hal sepele itu lah yang membuat memicu kecemburuan dan perselisihan dapat terjadi.

Berikan perhatian kepada anak anak anda sesuai dengan porsi yang mereka butuhkan, tidak baik membeda bedakan kasih sayang dari anak satu dengan anak lain nya, hal tersebut dapa memancing permusuhan diantara mereka. Tetap lakukan yang terbaik kepada anak anak anda dengan bersikap bijaksana dalam memberikan perhatian dan juga rasa kasih sayang. Jangan sampai dianggap orang tua yang buruk oleh anak anak karena lebih mencintai salah satu anak kita misal anak ragil.

Perhatian dan kasih sayang tidak perlu dengan paksaan atau disampaikan dengan cara yang kasar, cukup perlakukan anak anak anda seperti teman sendiri, dengan begitu tidak  ada jarak antara anak dengan orang tua. Cara memberikan perhatikan kepada anak bisa melalui komunikasi yang intens memberikan sesuatu kepada anak anak secara adil dan sebagainya.

  1. Berbeda Nasib

Nasib seorang manusia sudah ditentukan oleh Tuhan entah itu nasib baik atau pun nasib yang malang dimana nasib itu semua tergantung perilaku seseorang di masa lampau nya. Begitu pula nasib seorang anak bisanya sangat dipengaruhi dengan semua keputusan pilihan yang dia lakukan. Tentu nasib seorang anak bukan orang tua yang membuat nya semua tergantung Tuhan dan perilaku anak tersebut ketika di dunia.

Nasib seorang anak terkadang membuat dia harus iri dengan saudara nya sendiri yang dimana hidup nya lebih baik dibandingkan dia, membuat kecemburuan sosial tersebut tak dapat di hindari lagi. Nasib atau takdir ini biasanya memberikan sebuah hikmah di balik peristiwa tersebut, dimana tidak selamanya nasib baik selalu dominan ada kala nya nasib baik akan menjadi nasib malang, begitu sebaliknya nasib malang dapat berubah menjadi nasib baik, semua tergantung manusia itu ingin merubah nya.

Untuk mengatasi kecemburuan anak perihal nasib tersebut adalah dengan cara sebagai orang tua jangan henti henti nya memberikan dukungan kepada anak yang mendapatkan nasib malang, bantu lah dia untuk membukakan pikiran nya untuk agar dewasa dengan menghilangkan sifat egois egois yang dia miliki saat ini yang membuat dia mendapatkan nasib malang tersebut. Sebagai orang tua coba lah untuk terus mengingatkan diri anak anda untuk terus beribadah kepada Tuhan dengan begitu Tuhan akan membantu segala kesulitan yang di rasakan anak anda, tetapi tetap ingat jangan hanya berdoa tetap bimbinglah anak anda untuk tetap berusaha bekerja keras untuk merubah nasib nya.

Bagi anak anda yang mengalami segala nasib yang baik, maka tetap ada tugas orang tua untuk tetap mengingatkan anak tersebut untuk tetap tunduk patuh kepada orang tua, jangan kufur nikmat atau lupa diri, jangan sombong, dan tetap selalu bersyukur kepada Tuhan yang memberikan segala kenikmatan tersebut.

Sikap Mengatasi Kecemburuan Anak Pertama

Sikap sikap yang harus anda lakukan agar tidak membuat atau mengatasi kecemburuan anak pertama :

  • Latih lah anak anda untuk berpikir dewasa dengan memberikan beberapa pengertian secara detail dan terarah
  • Latih dia untuk mengurus adik nya sendiri, dengan melakukan hal tersebut akan membuat anak pertama anda melatih kedewasaan untuk membimbing adik nya
  • Hindari memberikan sikap yang berlebih kepada adik nya saat ada anak pertama anda, sehingga anda terlihat mengacuhkan dia. Berikan apa yang dia inginkan selagi itu positif dan lakukan berbagai hal yang menyenangkan kepada anak pertama anda ketika si adik lagi tidur, sehingga anda ada waktu bersama anak pertama anda
  • Jangan hadapi kecemburuan anak pertama anda dengan emosi, karena hal tersebut dapat membuat dia terluka dan berniat membalas perbuatan di masa yang akan datang. Coba lah untuk mengerti dari sudut pandang si kecil, perbanyak lah bersabar berkata dengan lembut untuk memberikan pengertian kepada anak pertama anda.

Kesimpulan

Menghilangkan atau mengatasi kecemburuan anak pertama dapat dilakukan dengan bijak serta perbanyak lah memberikan pengertian dengan perbanyak komunikasi serta banyak waktu untuk bersama si dia, sekian artikel tentang Mengatasi Kecemburuan Anak Pertama, Terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *