Alasan Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari Tidak Baik Untuk Kesehatan

Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari – Mie instan memiliki dampak positif dan juga bahaya makan mie instan setiap hari. Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduk nya suka makan mie instan kebanyakan dari mereka sudah mengetahui fakta bahaya makan mie instan, tetapi tetap saja mie instan merupakan salah satu makan favorit. Banyak dampak negatif yang di berikan mie instan seperti bahaya mie instan bagi ibu hamil, bahaya mie instan bagi perempuan dan bahaya mie instan bagi anak.

Saat ini banyak sekali produsen mie instan telah memproduksi berbagai produk produk andalan nya baik produsen lokal bahan produsen profesional yang sudah internasional, dimana semua produsen membuat mie instan yang memiliki rasa citra rasa yang enak tetapi tidak jarang dari mereka melalaikan dalam bahaya makan mie instan setiap hari. Saat ini mie instan memiliki banyak variasi seperti mie instan goreng, mie instan kuah sampai ke mie instan untuk cemilan, padahal berbahaya bukan bahaya mie instan bagi anak terlebih lagi mie instan cemilan tersebut tidak di masak terlebih dahulu, langsung di makan mentah mentah.

Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari
Ilustrasi : Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari

Sebagian penduduk Indonesia sudah paham sedikit banyak nya bahaya makan mie instan setiap hari tetapi tetap saja mie instan menjadi makan pokok pada sebagian orang hal tersebut dikarenakan mie instan memiliki citra rasa yang enak, harga nya yang terjangkau keuangan masyarakat Indonesia dan mudah untuk disajikan atau di masak mie instan tersebut.

Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari

Bukan berarti mie instan selalu identik dengan bahaya makan mie instan untuk kesehatan sebenarnya ada beberapa manfaat mie instan untuk tubuh kita, asalkan dengan mengkonsumsi mie instan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh produsen dan badan pemerintahan kesehatan. Ingat artikel ini tidak menyalahkan produsen mie instan atau para penggemar mie instan, artikel ini sekedar memberikan penyuluhan kesehatan bersama.

Bahaya Makan Mie Instan

Untuk sekedar memberikan penyuluhan kesehatan kepada para pembaca saat ini temakita akan membahas dampak bahaya makan mie instan bagi kesehatan, terlebih lagi bila mie instan dikonsumsi setiap hari. Langsung saja berikut adalah apa bahaya makan mie instan oleh temakita :

  1. Kerusakan Hati Dan Ginjal

Bahaya makan mie instan yang pertama adalah dapat menyebabkan kerusakan pada organ dalam manusia seperti hati dan ginjal. Mengkonsumsi mie instan setiap hari dapat memicu dampak bahaya makan mie instan setiap hari yaitu pada kerusakan hati, karena didalam kandungan bumbu mie instan terdapat kandungan Proplene Glycol, dimana kandungan tersebut dapat merusak dan menganggu kerja hati.

Kandungan Proplene Glycol tidak hanya merusak fungsi hati manusia, melainkan juga dapat merusak kinerja dari ginjal manusia tersebut, seperti yang anda ketahui bukan ginjal merupakan salah satu organ yang penting dalam tubuh manusia. Penyakit ginjal yang biasanya dari dampak kandungan Proplene Glycol adalah penyakit gagal ginjal.

  1. Diabetes Dan Kencing Manis

Mie instan tidak disarankan kepada siapa pun untuk di konsumsi setiap hari apa lagi mie instan dikonsumsi dengan tambahan nasi didalam nya, niat nya ingin kenyang lebih lama justru mendapatkan penyakit dari hal tersebut. Bahaya mie instan pakai nasi tersebut dikarenakan di dalam mie instan sudah banyak sekali kandungan gula nya yang dapat memicu penyakit diabetes lebih cepat, ke tambahan di dalam nasi terdapat zat gula yang amat tinggi maka bercampur lah kedua zat gula dari mie instan dengan nasi, bayangkan sudah berapa gram sendiri zat kimia dari campuran mie instan dengan nasi tersebut.

Kandungan gula yang terdapat pada mie instan secara tidak langsung tanpa kita sadari mudah di serap oleh tubuh manusia, sehingga penyakit diabetes tidak dapat di hindari. Bila berbicara penyakit diabetes sangat berhubungan dengan penyakit kencing manis. Bisa saja mencapai diabetes, bisa juga memang karena kandungan gula pada mie instan keluar dalam air seni.

  1. Pengaruh Pada Hormon

Mengkonsumsi mie instan secara berlebihan yaitu di konsumsi setiap hari dapat berpengaruh terhadap hormon manusia, seperti bahaya mie instan bagi perempuan yaitu mengganggu hormon karena kandungan Sodium yang terdapat pada mie instan bisa memengaruhi kacau nya jadwal bulanan seperti menstruasi, bahkan tidak sedikit pula wanita sering memicu jerawat dapat muncul(Penyebab Jerawat Batu).

Tidak hanya hormon pada wanita saja yang menjadi dampak bahaya mie instan tersebut melainkan ada juga dampak bahaya mie instan bagai pria yaitu memengaruhi hormon seks pada pria. Banyak kandungan kimia pada bumbu dan mie instan tersebut memengaruhi sedikit banyak nya hormon seks pada pria, misal tidak dapat melakukan kontrol terhadap gairah seks seorang pria.

  1. Memicu Tekanan Darah Tinggi Dan Kanker

Manusia yang sedang kondisi sehat biasanya memiliki tekanan darah antara 130/80 tetapi bila seseorang tersebut sering makan mie instan maka akan terkena dampak bahaya mie instan untuk kesehatan, zat kimia pada mie instan dapat memengaruhi dan memicu mainkan tekanan darah pada manusia.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia pada manusia, sudah jutaan warga yang meninggal karena penyakit satu ini, tidak memandang usia, jenis kelamin dan sebagainya, karena penyakit kanker tersebut dapat menyerang siapa saja yang tidak pandai dalam mengatur pola hidup sehat. Sudah banyak sekali penelitian yang menghubungkan penyakit kanker dengan dampak bahaya makan mie instan, yaitu hasil nya mengatakan di dalam zat kimia bahaya pada mie instan dapat memicu penyakit kanker itu muncul pada tubuh manusia.

  1. Memicu Keguguran Pada Wanita Hamil

Bila anda saat ini sedang hamil muda maka sudah kewajiban anda untuk menjaga kesehatan tumbuh kembang janin anda dengan Menjaga Kehamilan Muda. Salah satu cara untuk menjaga kehamilan muda yaitu dengan menghindari konsumsi mie instan, sebaiknya saat masa kehamilan tersebut anda jangan mengkonsumsi mie instan.

Beberapa zat kimia dan zat pengawet pada mie instan yang amat kuat dapat menyebabkan keguguran bagi ibu hamil. Hal tersebut menjadi sebuah pertimbangan matang anda, tentunya jangan sampai sesuatu(anak) yang telah dinanti nanti sekian lama, harus pupus karena anda mengkonsumsi mie instan.

  1. Menyebabkan Perut Buncit Dan Obesitas

Kandungan garam yang terlampau banyak pada bumbu mie instan sangat tidak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan perut buncit serta menambah kantung mata, mengkonsumsi garam yang berlebih tidak hanya disebabkan mie instan saja melainkan bahan bahan yang mengandung garam berlebih juga dapat menyebabkan ke dua masalah tersebut.

Mie instan di buat untuk membuat kenyang, namun hal tersebut hanya dirasa beberapa jam saja setelah itu akan merasakan rasa lapar. Padahal menurut hasil lab bahwa kandungan karbohidrat dan kalori dalam dalam mie instan sangat lah banyak, hal tersebut membuat anda akan makan beberapa kali lipat, bahkan masyarakat saat ini cenderung mencampur mie instan dengan nasi, agar mendapatkan rasa kenyang yang tahan lama.

Kesimpulan

Dengan mengetahui bahaya makan mie instan seperti yang telah dijelaskan di atas anda harus waspada bila mengkonsumsi mie instan terlampau sering, boleh saja makan mie instan tetapi makan lah ketika anda sedang terdesak karena tidak ada bahan makan lain atau anda sedang ingin makan mie instan, tetapi ingat konsumsi lah mie instan jangan terlampau sering lebih lebih bila mengkonsumsi menggunakan nasi(bahaya mie instan pakai nasi). Sekian artikel tentang Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *