8 Trik Cara Mengatasi Bau Mulut Pada Saat Puasa

Cara Mengatasi Bau Mulut Pada Saat Puasa – Sudah hal biasa seorang berpuasa mengalami bau mulut, namun harus segera mencari solusi yakini cara mengatasi bau mulut pada saat puas. Bau mulut sangat lah mengganggu dalam aktivitas sehari hari, karena secara tidak langsung dapat menurunkan rasa percaya diri, oleh sebab itu penting nya anda mengetahui cara mengatasi bau mulut saat puasa dengan begitu anda dapat tampil percaya diri untuk menunjang karir sukses anda.

Bulan puasa sebentar lagi akan datang, berbagai persiapan pun sudah mulai untuk di persiapkan seperti busana muslim untuk keluarga dan tetap ingat kondisi tubuh juga perlu anda perhatikan salah satu nya mengatasi bau mulut ketika puasa. Bau mulut saat puasa biasanya sering terjadi dan membuat merasa kurang percaya diri, apa lagi ketika melakukan komunikasi dengan orang lain jarak yang dekat tentu merasakan rasa tidak percaya diri, hal tersebut lantaran bau mulut yang di rasakan ketika melakukan kegiatan puasa berlangsung.

Cara Mengatasi Bau Mulut Pada Saat Puasa
Ilustrasi : Cara Mengatasi Bau Mulut Pada Saat Puasa

Cara Mengatasi Bau Mulut Pada Saat Puasa

Sebenarnya penyebab bau mulut sendiri memiliki dua hal mendasar yaitu lokal dan sistematik, penyebab bau mulut lokal merupakan bau mulut yang berhubungan dengan rongga mulut seperti infeksi gusi, karang gigi dan gigi berlubang, sedangkan penyebab bau mulut sistmetik yaitu merupakan bau mulut yang lebih disebabkan oleh penyakit penyakit yang berhubungan erat dengan sistem pencernaan manusia. Ketika saat kondisi mulut kering, tentu hal ini menyebabkan bau mulut hal tersebut di sebabkan bakteri merugikan anaerob berkembang saat keadaan tersebut. Berikut adalah Cara Mengatasi Bau Mulut Pada Saat Puasa oleh temakita :

  1. Menggosok Gigi Secara Rutin

Peran menggosok gigi ketika puasa merupakan hal penting di lakukan, apa lagi ketika anda mengalami bau mulut saat siang hari, hendak nya anda menggosok gigi agar menghilangkan bau mulut sekaligus membersihkan gigi anda. Disarankan untuk menggosok gigi saat bangun tidur tepat nya ketika hendak sahur dan juga ketika usai makan malam tepat nya ketika makan buka puasa.

Menggosok gigi secara rutin setelah makan maka sama saja anda berhasil membersihkan kotoran gigi yang biasanya berada di sela sela gigi, hal tersebut lah terkadang memicu bau mulut itu muncul. Jangan lupa juga untuk membersihkan plak yang ada di gigi karena plak gigi juga berpotensi penyebab bau pada mulut.

  1. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh seperti yang telah di jelaskan dalam artikel Manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan. Air putih selain menyehatkan tubuh juga di yakini dapat mengatasi permasalahan bau mulut ketika puasa, hal tersebut dikarenakan untuk meningkatkan produksi pada saliva atau air liur, dengan begitu sangat berdampak baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut anda. Oleh sebab itu silahkan perbanyak mengkonsumsi air putih ketika hendak berbuka puasa maupun saat sahur.

  1. Hindari Makan Yang Lengket

Saat sahur maupun berbuka puasa hindari makan makan yang jenis lengket, karena makan yang lengket tersebut akan tertinggal pada sela sela gigi anda, sehingga bakteri pada makan tersebut akan berkembang. Jadi hindari makan makanan yang berjenis lengket saat berpuasa. Mungkin diantara anda masih bingung makan apa saja yang lengket tersebut, makan yang lengket yaitu makan seperti permen, coklat, biskuit dan beberapa kue basah. Dengan mengkonsumsi makan yang lengket tidak segera untuk di bersihkan dengan benar sangat berpotensi menyebabkan bau pada mulut anda.

  1. Mengkonsumsi Buah Dan Sayur

Buah dan sayur di percaya sangat bagus untuk kesehatan hal tersebut dikarenakan buah dan sayur banyak mengandung vitamin yang bagus untuk tubuh. Sama hal nya air putih, buah dan sayur dapat mencegah dan mengatasi masalah bau mulut saat berpuasa, oleh sebab itu rajin rajin lah dalam mengkonsumsi buah dan sayur mayur saat sahur dan berbuka puasa, dimana buah dan sayur memiliki fungsi yang sama bahkan lebih baik dari air putih yaitu dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mencegah timbul nya bau pada mulut. Lebih baik nya konsumsi lah buah buah seperti buah strawberry dan apel, namun bila tidak ada maka konsumsi lah buah lain nya, bila ingin mencari buah yang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh maka buah sirsak(Manfaat buah sirsak) adalah solusi nya.

  1. Hindari Mengkonsumsi Rokok

Nama nya rokok baik itu rokok terbuat dari bahan dasar tembakau atau pun rokok elektrik yang saat ini lagi populer dapat menimbulkan bahaya atau memberikan dampak negatif pada kesehatan. Selain mengganggu kesehatan rokok identik dengan penyebab bau mulut tidak sedap, disarankan saat berpuasa bila anda ingin tidak memiliki masalah bau mulut maka hindari rokok tersebut, sembari anda latihan untuk berhenti mengkonsumsi rokok dengan cara sedikit demi sedikit mengurangi porsi konsumsi rokok anda tiap hari nya.

  1. Hindari Makanan Yang Berbau Tajam

Menurut natural nya makanan yang memiliki bau yang tajam berpotensi memberikan efek bau mulut, oleh karena itu hindari makanan makanan yang dirasa memiliki bau yang tajam saat sahur maupun berbuka puasa. Ada beberapa makanan yang dianggap memiliki bau yang tajam pada umum nya seperti jengkol, rokok, pete dan durian. Makan makanan tersebut sangat berpengaruh pada saat anda sedang menjalani ibadah puasa. Bila anda memang sedang ingin makan makanan yang berbau tajam, maka tetap makan tidak apa apa namun tolong di perhatikan porsi makan nan tersebut, agar tidak mempengaruhi bau mulut anda.

  1. Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau terkenal ke handalan nya untuk menurunkan berat badan secara alami, kebanyakan teh hijau di konsumsi oleh para kaum hawa untuk mempercantik penampilannya sehingga cocok menggunakan busana apa saja semisal baju kemeja kerja wanita atau pun baju kaos wanita. Selain memberikan manfaat untuk kecantikan teh hijau juga memberikan manfaat menyehatkan tubuh dan menghilangkan bau mulut. Sangat di sarankan bagi anda untuk mengkonsumsi teh hijau saat sahur dan berbuka puasa, selebihnya konsumsi lah teh hijau secara rutin agar bau mulut bisa hilang dengan cepat dan alami. Cara menghilangkan bau mulut yang satu ini sudah banyak orang yang berhasil setelah mempraktekannya, maka silahkan untuk mencoba nya.

  1. Konsultasi Dengan Dokter

Bila ternyata semua cara diatas belum menemukan solusi yang tepat, maka coba lah untuk konsultasi dan meminta saran dari dokter yang telah berpengalaman sehingga anda akan mendapatkan penjelasan lebih lanjut dari permasalahan mulut yang anda derita saat ini. Mungkin ini akan menjadi sedikit informasi bagi anda, bau mulut yang tidak kunjung selesai bisa saja hal tersebut di sebabkan oleh penyakit yang saat ini sedang anda derita. Beberapa penyakit yang memicu bau mulut seperti diabetes, gangguan pernafasan, maag, pernafasan dan sebagai nya.

Kesimpulan

Sekian artikel yang dapat di berikan oleh temakita tentang Cara Mengatasi Bau Mulut Pada Saat Puasa, semoga bermanfaat bagi anda, perlu anda ketahui bahwa dalam agama islam, bau mulut oleh orang yang sedang berpuasa, kelak akan diganti di akhirat dengan bau kesturi atau minyak yang sangat wangi. Jadi jika anda tidak perlu takut atau khawatir dengan bau mulut yang anda alami ketika berpuasa biarkan hal tersebut seperti apa adanya, selagi hal tersebut masih di ambang wajar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *