Segera Ketahui 7 Penyebab Mata Merah, Tetapi Tidak Sakit Mata

penyebab mata merah РSering merasa gatal pada mata? apakah anda sering mendapati mata merah?, ketika kamu atau orang lain melihat mata anda merah, pasti yang terlintas dalam pikiran mereka adalah apakah mata anda sakit. Fakta nya mata merah bukan lah selalu identik dengan penyakit mata, itu merupakan pernyataan yang di sampaikan oleh boldsky.com. Berikut ini temakita akan menjabarkan penyebab mata merah:

Penyebab Mata Merah

1. Anda Jarang Berkedip

Penyebab Mata Merah
Penyebab Mata Merah

Apakah anda bekerja berjam-jam didepan komputer atau gadget? terkadang kebiasaan anda yang tidak suka berkedip akan mengakibatkan mata anda terkena radiasi cahaya komputer membuat mata anda kering dan memerah. Kegunaan berkedip merupakan cara mata dalam mengurangi intensitas cahaya yang berlebih. Jarang berkedip akan membuat mata rentan akan penyakit mata yang berbahaya, oleh sebab itu tetap lah untuk berkedip secara normal.

2. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Terkadang dosis tertentu pada obat membuat mata anda memerah yang di akibatkan antibiotik, mengkonsumsi berlebihan obat anti kecemasan juga dapat mengakibatkan mata merah. Sebelum anda meminum obat terutama obat yang mengandung dosis tinggi pada bahan nya, maka sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada dokter mata atau pun oleh apoteker. Karena belum tentu dosis tinggi dapat menyelesaikan masalah(penyakit), terkadang dapat memicu terjadi nya penyakit baru seperti penyebab mata merah.

3. Alergi

Terkadang setiap orang memiliki sebuah alergi musiman atau pun alergi bawaan lahir seperti alergi serbuk bunga, itu juga dapat penyebab dari mata anda memerah. Alergi sebenarnya memiliki peluang yang kecil menjadi penyebab mata merah, namun tetap saja hal tersebut dapat memicu mata merah itu muncul.

4. Konsumsi Alkohol Secara berlebihan

Alkohol di konsumsi secara tidak aturan atau berlebih sangat tidak disarankan, karena sebenarnya alkohol dapat membuat pembuluh darah pada mata menjadi kasar dan mengakibatkan mata merah. Bukanya minum alkohol telah di larang dalam agama Islam, semua itu memang terdapat bahaya di balik minum minuman keras.

5. Merokok

Merokok sudah jelas tidak baik untuk kesehatan tidak ada untung nya dalam merokok yang ada mendapatkan penyakit dari merokok, bila sering merokok akan mengakibatkan peradangan di pembuluh darah sehingga mata merah. Tidak hanya menjadi salah satu faktor dari mata merah, rokok juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya diantaranya seperti penyakit kanker, paru paru dan penyakit jantung.

6. Berenang

Olahraga renang merupakan salah satu cabang olah raga yang banyak menguras energi dan menyehatkan tubuh, bila anda terlalu lama berendam dalam air (berenang) , terlebih air pada kolam renang tersebut terdapat zat kimia klorin dapat mengakibatkan iritasi mata dan menjadi penyebab dari mata merah.

7. Stres

Hindari stres yang berlebihan, karena salah satu penyebab mata memerah adalah stres yang berlebihan. Ketika seseorang mengalami stres akan meningkatkan aliran darah menuju otak dan bila hal ini terjadi terus menerus akan mengakibatkan saraf optik terus menegang sehingga menyebabkan mata memerah.

8. Luka

Mata terluka atau cidera mata yang disebabkan goresan kecil, kecelakaan, kecerobohan sehingga menyebabkan gores sedikit saja pada kornea mata, luka bakar dan setelah menjalani operasi mata dapat menyebabkan mata merah. Hal ini menyebabkan pembuluh darah melebar dan mengaliri banyak darah pada luka pada mata. Hal tersebut berguna untuk penyembuhan mata dapat berjalan dengan cepat.

Pengobatan Mata Merah Sementara

Mata anda merah, lakukan hal-hal ini untuk mencegah terjadinya peradangan mata lebih parah:

  1. Jangan menyentuh mata karena benda juga terdapat bakteri menempel. Bila benda tersebut terkena mata akan membuat bakteri itu masuk dan semakin parah iritasi pada mata.
  2. Lepas lah lensa kontak bila anda menggunakannya, bila anda menggunakan make up segera lah hilangkan dulu make up tersebut, hal tersebut berguna untuk mengurangi iritasi pada mata.
  3. Anda dapat menggunakan kain lembut seperti tisu yang telah di basahi dengan air, tempel kan pada meta anda yang merah ini merupakan pertolongan pertama agar membuat mata menjadi lembab dan tidak kering, tetapi jangan kebanyakan.

Kesimpulan

Seperti itu lah beberapa faktor yang di yakini merupakan penyebab mata merah tersebut. Lakukan pertolongan pertama dalam mengobati mata merah tersebut, lalu segera hubungi dan periksa ke dokter spesialis mata. Sekian artikel penyebab mata merah yang perlu anda ketahui, semoga cepat sembuh mata anda, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *